Telp : +62370633077

TAKLUKKAN UTBK, MAN 2 MATARAM GANDENG QUIPPER

Gambar. Pelaksanaan Try Out Siswa MAN 2 Mataram bersama Tim dari Bimbel Online Quipper laboratorium komputer, aula PPT dan ruang kelas

Mataram- Inovasi tiada henti. Inilah kalimat magis yang selalu memacu dan memicu MAN 2 Mataram untuk senantiasa berbenah di segala lini. Demikian juga dengan branding mandiri dan menginspirasi. Agar branding ini nyata, maka madrasah melakukan berbagai terobosan.

Salah satu terobosan yakni dengan mendongkrak jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri. Alat utntuk mendongkrak kesuksesan ini yakni madrasah memfasilitasi dan memberikan pelayanan prima kepada siswa terutama kelas 12, salah satunya dengan menggandeng bimbingan belajar online Quipper. 

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri sejak tahun 2010 silam. Berbasis di London-Inggris, bimbingan belajar ini memiliki misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil.

Layanan yang dilakukan oleh Quipper saat ini telah menyebar sampai ke negara Jepang, Filipina, termasuk Indonesia. Di Indonesia, Quipper  telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia mulai dari tahun 2015. Fokus utamanya yakni menyediakan, memperbaiki, dan mendistribusikan pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa.

Adapun alasan bimbingan belajar ini dipilih oleh pihak madrasah, tak lain karena track record yang telah dicapai oleh lembaga ini. Sampai saat ini, Quipper telah bekerja sama dengan lebih dari 50 dinas provinsi dan kota/kabupaten, dan 48 perguruan tinggi di Indonesia dari 34 provinsi.

Lebih dari 25 ribu kunjungan ke sekolah-sekolah, sejumlah 221 ribu ruang kelas, dan sekitar 7.700.000 siswa seluruh Indonesia yang sudah tergabung. Banyak alumninya yang sudah sukses masuk ke perguruan tinggi yang diidam-idamkan serta banyaknya testimoni yang diberikan oleh sekolah-sekolah bonafid di tanah air.

Bentuk kerjasama MAN 2 Mataram dengan Quipper yakni dengan menyelenggarakan Try Out Diagnostik Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif yang penting untuk keberhasilan di pendidikan tinggi. Dengan materi yang diujikan antara lain: Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar, Pengetahuan dan Pemahaman Umum dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

TPA bertujuan mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran di sekolah. Penekanan tes adalah pada high order thinking skills (HOTS). Materi yang diujikan ada dua yakni Saintek dan Soshum. Untuk Saintek seperti; Matematika, Kimia, Biologi, Fisika dan Soshum, seperti: Ekonomi, Sejarah, Sosiologi dan Geografi.

Kegiatan try out akan berlangsung selama tiga hari dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut: (1) Jum’at, 14 Januari 2022 mulai pukul 08.00-10.00 wita : Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam kegiatan tersebut, siswa diwajibkan membawa Android dilengkapi dengan quota internet. Tempat pelaksanaan di kelas masing-masing. (2) Sabtu, 15 Januari 2022 mulai pukul 08.00-10.00 wita akan dilakukan sosialisasi mengenai informasi dan bimbingan tes dari tim Quipper di Aula Pusat Pembelajaran Terpadu (PPT).  (3) Senin, 17 Januari 2022 mulai pukul 08.00-10.00 wita  dilaksanakan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Dalam kegiatan tersebut siswa diwajibkan membawa Android dilengkapi dengan quota internet, sedang tempat pelaksanaan di kelas masing-masing.

Kelompok UTBK dibagi menjadi tiga, yaitu: kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan kelompok campuran antara Saintek dan Soishum. Waktu pelaksanaan untuk Saintek dan Soshum 195 menit, sedangkan untuk kelompok campuran membutuhkan waktu 285 menit.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh siswa pada tahap pendaftaran UTBK SBMPTN adalah: (1) registrasi akun LTMPT. Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id. (2) Melakukan login dengan menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id. (3) Memilih menu verifikasi dan validasi data. Mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata. (4) Memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN yakni dengan melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN dan mendapatkan slip pembayaran. (5) Membayar di Bank. Pembayaran biaya dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) dengan menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam. (6) Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dengan memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK. (7) Mengikuti UTBK sesuai informasi di Kartu Peserta UTBK-SBMPTN. Harap diprhatikan bahwa setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Kepala Madrasah berharap, bahwa dengan kerjasama dengan Quipper ini mampu mendongkrak jumlah siswa MAN 2 Mataram yang diterima di perguruan tinggi negeri, baik di daerah sendiri maupun luar daerah. Beliau berpesan kepada semua pihak terutama panitia dalam hal ini bidang akademik dan crew mampu menyiapkan segala sesuatu dengan serius dan baik. Beliau juga berharap, bimbel online Quipper memberikan trik-trik jitu dan menarik, sehingga siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) nanti.

Paling tidak, dengan try out yang diselenggarakan dalam tiga hari ke depan, dapat memberikan gambaran kepada siswa tentang model atau jenis tes yang akan mereka hadapi ketika akan mengikuti UTBK yang sesungguhnya nanti, urai Lalu Ahmad Fachruddin, M.Pd. selaku Ketua Panitia sekaligus sebagai Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik.

Berdasarkan pantauan selama dua hari pelaksanaan, kegitan berlangsung lancar, aman dan nyaman. Mudah-mudahan semua siswa kelas 12 MAN 2 Mataram Tahun pelajaran 2021/2022 lulus dan diterima di universitas yang menjadi dambaannya. Tetap semangat dan jangan lupa fokus. 

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M).

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG: Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

share:

Tinggalkan Komentar Anda