Telp : +62370633077

TAKLUKKAN MAN 2 KOTA MALANG, TIM OLIMPIADE MAN 2 MATARAM BERJAYA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Gambar. Tiga siswa MAN 2 Mataram menjuarai Olimpiade Gemintang yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Prodi PWK Universitas Brawijaya. Dari kiri ke kanan: Dita Syaharani, Muhammad Riawan Naufal dan Marlita Wulansari.

Mataram- Tiga siswa MAN 2 Mataram berhasil menaklukkan MAN 2 Kota Malang dalam even Gemintang. Ketiga siswa tersebut yakni: Dita Syaharani, Marlita Wulansari dan Muhammad Riawan Naufal. Mereka mampu memberikan kado awal tahun sebagai juara 1 mengalahkan puluhan madrasah dan sekolah di tanah air.

Olimpiade ini adalah ajang kompetisi pelajar MA/SMA/sederajat tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK FT-UB), yang termasuk dalam program kerja Departemen Penalaran Keilmuan dan Kajian Strategis (URPLANETION). 

Mampu menyingkirkan MAN 2 Kota Malang adalah sesuatu yang luar biasa, kata Dita salah satu siswa MAN 2 Mataram yang juara. Seperti diketahui bahwa MAN 2 Kota Malang merupakan madrasah unggulan yang memiliki track record luar biasa pada gelaran KSM yang diselenggarakan oleh Kemenag RI tahun 2021 lalu, madrasah tersebut memborong semua medali emas dari semua kategori yang dilombakan.

Ajang ini dilaksanakan secara daring dengan tema “Melahirkan Generasi Perencana yang Handal di Era Revolusi Industri 4.0”. Olimpiade tersebut terdiri dari 3 babak, yakni babak penyisihan, semifinal, dan final. Sebanyak 10 tim dengan nilai tertinggi dari seluruh Indonesia akan mengikuti babak semifinal. Babak semifinal diselenggarakan melalui zoom meeting pada tanggal 11 Januari 2022 lalu. Terdapat dua sesi yang harus dilalui semifinalis pada babak semifinal, yaitu Uji Kemampuan dan Teka-Teki Silang. 

Enam Tim dengan akumulasi nilai tertinggi dari babak semifinal berhak mengikuti babak final, lalu babak final akan diikuti oleh enam tim dengan nilai tertinggi yang telah lolos dari babak semifinal. Pada babak ini, finalis akan melalui  dua sesi lagi untuk melihat pemahaman dan pengetahuan tentang bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Sesi pertama adalah Lab Tour diikuti dengan sesi Analisis. Tiga tim yang memperoleh nilai tertinggi akan ditetapkan sebagai juara 1, 2, dan 3. 

Wulan, salah satu anggota tim merasa sangat bersyukur dan tidak menyangka, ia dan timnya berhasil meraih juara 1. “Alhamdulillah bersyukur sekali kepada Allah dan sampai sekarang masih tidak menyangka bisa meraih juara 1 lomba yang diadakan oleh universitas ternama di Indonesia, tuturnya. “Apa yang diraih oleh putri pertama pasangan Muhammad Akup, ST. dan Sri Sunarti, S. Pd, dan rekan-rekannya ini pun tak luput dari kerja keras timnya, meski ia mengaku tidak ada waktu khusus untuk belajar, ia terus berusaha semaksimal mungkin untuk belajar setiap harinya, di sela-sela waktu bersekolah, ikut organisasi, dan bermain bersama teman-temannya. 

Harapan gadis ini yang diamini kedua rekannya yakni setelah menjuarai lomba ini semoga menjadikan ia dan teman-temannya tidak cepat puas, tetap berusaha, semakin bersyukur, dan berharap trophy lomba ini bisa menjadi tiket emas memasuki PTN yang diinginkan. Ketua Tim KSM Ibu Meci Karimah Kasipahu menyatakan jika Wulan, Dita dan Wawan telah memiliki jam terbang tinggi mengikuti berbagai even. Bahkan Dita piawai dalam menulis hingga memenangi berbagai lomba esai dalam berbagai even di tingkat Nasional. 

Berikut berbagai trophy dan medali yang diraih ketiganya. Deretan medali dan kejuaraan yang dipersembahkan Marlita Wulansari si Gadis Berkalung Medali ini dapat diperhatikan di bawah ini:  (1) Juara : 1  Lomba Olimpiade GEMINTANG  Perencanaan Wilayah Kota UB  Tingkat Nasional (Penyelenggara : Universitas Brawijaya). (2) Juara : 1 (Medali Emas) Lomba Olimpiade Ekonomi Olimpiade Nasional (OLNAS) Bidang Ekonomi Tingkat Nasional (Penyelenggara: OLNAS). (3) Juara : 1 (Medali Emas) Lomba Olimpiade Ekonomi Mango Science Competition Bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara: (Forum Pecinta Kompetisi Sains Indramayu)  FPOKSI. (4) Juara 1 : (Medali Emas) Bimage Competition bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : OASEDUKASI. 

(5) Juara 1 (Medali Emas) Lomba Olimpiade Ekonomi National Science Competition Bidang ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara: (Forum Pecinta Kompetisi Sains Indramayu)  FPOKSI. (21) Juara 1 (Medali Emas) National Generation Competition bidang Matematika Tingkat Nasional, Penyelenggara : Indonesia Student News. (6) Juara 2  Cerdas Cermat Ekonomi Pembangunan Tingkat Provinsi NTB, Penyelenggara : Universitas Tehnologi Sumbawa. (Juara 2 Cipta Puisi. (7) Juara 2 (Medali Perak) Enura Mencari Potensi bidang IPS Tingkat Nasional, Penyelenggara : ENURA. (8) Juara 2 (Medali Perak) National Generation Competition bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : Indonesia Student News. (9)Juara   : II (Medali Perak) Lomba Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia  (POSI) Got Talent,  Bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia  (POSI).

(10) Juara   : II (Medali Perak) Olimpiade Indonesia  Student Science Competition (ISSC), Bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : Indonesia Student Training Center. (11) Juara 3 (Medali Perunggu) Olimpiade  Madrasah Science Competition Bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). (12) Juara : 3 (Medali Perunggu) Bimage Competition bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : OASEDUKASI. (13) Juara 3 (Medali Perunggu) Madrasah Olympiad Competition Bidang Ekonomi Tingkat Nasional, Penyelenggara : Edukasi Campus dan (14) Juara 3 (Medali Perunggu) Olimpiade  Numerasi Nasional  Tingkat Nasional, Penyelenggara : Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Adapun deretan penghargaan dan medali yang diikuti oleh Dita Syaharani yang bercita-cita ingin menjadi HRD sebuah perusahaan ini, baik Olimpiade maupun Esai adalah: (1) Juara 3 KSN kota 2020 bidang Geografi. (2) Juara 1 Essay yg diselenggarakan oleh Poltekkes Kemenkes Mataram 2021. (3) Juara 1 KSM Kota 2021 bidang Geografi. (3) Juara 1 KSN Kota 2021 bidang Geografi. (4) Medali Perunggu Kompetisi Essay OUFEST V 2021. (5) Finalis Kompetisi Essay yang dilaksanakan oleh IAGI, mewakili region Bali dan NTB. (6) Juara 1 Olimpiade Gemintang UB 2022. (7) Medali Perunggu OLNAS Bidang IPS 2020 dan (8) Beberapa kompetisi yang dilaksanakan oleh ragam lembaga seperti NSC, MSC, dan lain lain.

Berbeda dengan rekan timnya yang lain, Wawan, panggilan akrab remaja tanggung ini merasa senang dan bangga dengan pencapaiannya sebagai juara dalam olimpiade Gemintang beberapa waktu yang lalu. “Syukur alhamdulillah dan saya merasa sangat senang sekaligus bangga bisa menjadi juara dalam kompetisi yang diadakan oleh salah satu universitas ternama di tanah air, ujarnya”.

Remaja 17 tahun ini memiliki cita-cita sebagai ilmuan seperti idolanya,  Al Khawarizmi. Menurutnya, Al Khawarizmi merupakan ilmuwan yang telah melahirkan banyak penemuan yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah Aljabar. Konsep Aljabar saat ini memiliki manfaat yang sangat banyak dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, Wawan ingin menjadi seperti sang ilmuan yang telah banyak melahirkan penemuan yang bermanfaat bagi manusia.

Harapan Wawan seperti kedua rekannya dapat meraih prestasi yang lebih tinggi baik, beragama bahkan bisa sampai tingkat Internasional, serta ia ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang dituju. Selama menempuh pendidikan di MAN 2 Mataram selain Olimpiade Gemintang, yaitu: (1) Peserta terbaik KSN tingkat Kota bidang Matematika. (2) Juara 2 KSM tingkat Kota bidang Matematika. (3) Juara 4 KSM tingkat Provinsi bidang Matematika dan (4) Meraih medali emas kompetisi Matematika Nasional (KMN) Foton institute.

Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki Ms, M.Pd., sangat antusias dan bersyukur dengan capaian ketiga siswa ini. Tak lupa beliau berterima kasih kepada pembina yang telah mendedikasikan segenap tenaga, waktu dan pikiran untuk membimbing mereka.

Mereka adalah beberapa di antara ribuan siswa MAN 2 Mataram yang luar biasa. Istiqomah dalam menjalankan kehidupan. All out dalam melakukan sebuah ikhtiar. “Hal-hal yang baik datang untuk mereka yang menunggu. Tapi hal yang lebih baik lagi datang kepada mereka yang bergerak untuk mendapatkannya." Selamat untuk Dita, Wulan dan Wawan, semoga apa yang kalian cita-citakan tercapai, tetap semangat, gass poll jangan kasi kendor!!


Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

share:

Tinggalkan Komentar Anda