Telp : +62370633077

SERU DAN MENEGANGKAN DEBAT TERBUKA PASLON KETUA DAN WAKIL KETUA ORSIMA MAN 2 MATARAM

SERU DAN MENEGANGKAN DEBAT TERBUKA PASLON KETUA DAN WAKIL KETUA ORSIMA MAN 2 MATARAM

IMG-20211001-WA0130.jpg Gambar. Kolase kegiatan MAN 2 Mataram dalam Debat Terbuka Paslon Ketua dan Wakil Ketua Orsima Periode 2021/2022 dirangkai dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan pengumuman sekaligus pemberian hadiah belasan juta rupiah pada Lomba Penataan dan Kebersihan Kelas.

Mataram- Gemuruh dan riuh rendah suara dan tepuk tangan warga madrasah tumpah-ruah di lapangan tengah. Hadirin tidak sabar menunggu salah satu helatan akbar di madrasah ini. Hal ini disebabkan karena pada hari ini dilaksanakan Debat Terbuka Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua ORSIMA MAN 2 Mataram untuk Periode tahun 2021/2022 mendatang. Euforia para pendukung calon menyambut acara Debat ini sudah terlihat sejak kemarin.

Umbul-umbul, baliho dan banner dipasang dengan penuh semangat oleh pengurus ORSIMA lama. Tak terlihat sedikit pun rasa lelah di wajah mereka. Pemandangan seperti ini tidak nampak diprakarsai oleh anak madrasah yang masih dalam usia belia, karena semua dikemas dengan sangat apik dan professional. Auranya pun terlihat layaknya pemilihan anggota Legislatif saja.

Debat Terbuka Paslon ini menampilkan lima pasangan yang merupakan perwakilan dari kelas X dan XI. Adapun seleksi calon Ketua dan wakil ketua ORSIMA di MAN 2 Mataram sudah dimulai sejak minggu lalu. Diawali dengan pendaftaran calon dari kelas X dan XI serta perwakilan dari masing-masing ekstrakurikuler. Animo peserta sangat luar biasa.

Hal ini telihat dari banyaknya jumlah pendaftar, yakni sebanyak 118 orang. Seleksi tahap awal dimulai dengan seleksi berkas termasuk daftar riwayat hidup dan pengalaman organisasi calon plus diberikan tes menulis esai on the spot (menulis esai secara langsung dalam satu waktu). Esai ditulis minimal 750 sampai dengan 1000 kata dalam waktu dua jam. Tema esai yakni Young Milleanial Leader.

Tema ini sangat cocok bagi mereka yang notabene adalah kaum milenial, di mana kaum ini familiar dengan semangat yang menggebu-gebu dan juga sangat sukar untuk dibendung. Sebagai calon pemimpin, mereka dituntut untuk mampu menjadi leader dan juga piawai mengelola pikiran dan perasaan agar selaras dengan tindakan. Di samping itu, hal yang utama yakni mampu menyatukan atau menyamakan persepsi, satu visi dan misi dari puluhan ekstrakurikuler yang akan mereka pimpin nanti.

Setelah seleksi berkas dan esai dilakukan, jumlah peserta yang 118 orang dirampingkan menjadi 60 orang. Kemudian, ke-60 peserta ini berhak mengikuti tahap selanjutnya, yakni interview atau wawancara yang dilakukan oleh empat orang Tim Penguji. Diketuai Dr. Siti Rahmi diikuti oleh Tim Penguji lainnya yakni Lalu Alwan Hariadi, MA., Lalu Irsyad Qabul, MA, dan Hapid, M.Pd. Materi wawancara seputar public speaking (kemampuan orasi), high order thinking skill (kemampuan berpikir kritis) dan pengalaman langsung di lapangan.

Terkait public speaking peserta diberikan beberapa pertanyaan dan penguji ingin melihat kemampuan mereka dalam berbicara dan berargumen. Demikian pula pada materi tentang berpikir kritis. Pada sesi itu para penguji memberikan studi kasus yang harus bisa mereka pecahkan. Sementara kaitannya dengan pengalaman langsung, yakni peserta ditanyakan tentang pengalaman berorganisasi, apa saja kegiatan yang pernah dilakukan dan prestasi yang pernah mereka raih.

Dari 60 peserta wawancara dirampingkan menjadi 18 orang. Untuk memilih calon yang benar-benar memiliki kompetensi yang diinginkan, tim penguji cukup kesulitan dalam menentukan kandidat. Karena rata-rata peserta, baik dari kelas X maupun kelas XI memiliki kemampuan yang luar biasa. Akhirnya, setelah melalui diskusi panjang diperoleh 10 orang yang didesain menjadi lima Paslon Ketua dan Wakil Ketua Orsima Tahun Pelajaran 2021/2022. Selanjutnya pada hari yang sama dilakukan pencabutan nomor urut.

Hasil dari pencabutan nomor urut ini adalah: (1) M. Dzamir Azka Nurdin berpasangan dengan Baiq Thalia Ayu Utami sebagai Paslon Nomor 1, (2) Rafli Adhyatma Islam berpasangan dengan Baiq Nur Amna Fitriani sebagai Paslon Nomor 2, (3) Anggasta Farlyn Fadil berpasangan dengan M. Arkan Fawwaz sebagai Paslon Nomor 3, (4) Antoni Rahmat Surento berpasangan dengan Jihan Hasna sebagai Paslon nomor 4, dan (5) Iqbal Firdausi berpasangan dengan Baiq Niki Ayuningtia sebagai Paslon nomor 5.

Dari semua Paslon Baiq Thalia Ayu Utami dan Baiq Niki Ayuningtia merupakan perwakilan dari kelas X, sementara delapan orang calon berasal dari perwakilan kelas XI. Kedua calon dari kelas X ini sudah memiliki pengalaman sebagai Ketua Orsima di tempat sekolah (madrasah) mereka sebelumnya. Lebih-lebih Baiq Niki adalah public speaker Manda yang merupakan anggota inti Mitra Muda UNICEF PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

Setelah ditetapkan lima paslon maka ada beberapa tahapan yang akan dilalui kelima paslon ini, yaitu: (1) Debat Terbuka pada Jum’at 01 Oktober 2021, (2) Pemilihan akan dilakukan Juma’t tanggal 08 Oktober 2021 dan (3) Pelantikan yang akan dilaksanakan pada Senin, 11 Oktober 2021.

Hari ini digelar DEBAT TERBUKA yang dilaksanakan di lapangan tengah MAN 2 Mataram. Dihadiri Kepala Madrasah, semua guru dan karyawan, semua siswa MAN 2 Mataram kelas X, XI dan XII yang memiliki jam tatap muka hari ini ditambah tiga orang perwakilan dari 38 kelas. Acara dimulai dengan do’a bersama sekaligus untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pengarahan dari Kepala Madrasah serta pengumuman Lomba Penataan dan Kebersihan Kelas barulah kemudian dilakukan acara debat.

Yang spesial sebelum acara debat dimulai, terlebih dahulu dilakukan pemberian reward atau hadiah bagi pemenang penataan dan kebersihan kelas. Lomba ini dengan tiga kategori: kelengkapan administrasi kelas, keindahan dan kebersihan kelas serta kreativitas dari kelas bersangkutan. Total hadiah dari lomba tersebut adalah sebesar RP. 14.000.000 (empat belas juta rupiah).

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu tiba. Debat Paslon dimulai dengan pengarahan Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Dalam pengarahannya, beliau mengingatkan agar para Paslon mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia. Kamad berharap, melalui even ini akan diperoleh calon pemimpin siswa yang kompeten, memiliki kepedulian terhadap permasalahan-permaslahan ekskul di madrasah, sosok visioner yang memajukan madrasah, berjiwa besar (low profile), mampu menjadi perwakilan siswa serta memiliki komitmen bersama dalam mewujudkan madrasah mandiri berprestasi.

Selanjutnya, pembacaan tata tertib debat oleh panitia dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi Paslon, sesi tanya jawab yang diberikan oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, perwakilan guru dan siswa. kemudian dilanjutkan dengan acara sesi tanya jawab antar Paslon serta orasi dan kampanye yang ditutup dengan do’a.

Acara berlangsung meriah, seru dan menegangkan. Karena masing-masing Paslon menampilkan performa maksimal mereka. Bahkan, Paslon 1 dan 4 begitu bersemangat pada saat saling menyanggah dan memberikan klarifikasi dan konfirmasi terhadap pertanyaan yang diajukan. Kegiatan ini sukses membuat hadirin terpesona dan berdecak kagum dengan kemampuan public speaking mereka.

Helatan akbar Ini sesungguhnya tidak terlepas dari tangan dingin para punggawanya, yakni Waka Kesiswaan Ibu Meci Karimah Kasipahu sekaligus sebagai Ketua Panitia, Helmi Basyuni, M.Pd.I ; Penjamin Mutu Kesiswaan sekaligus Sekretaris Kegiatan, Pembina Orsima: Mahfuzan Indra Kusuma, Tim Penguji dan spesial ORSIMA TP. 2020/2021 squads.

Lelah mereka akhirnya terbayar dengan kesuksesan acara tersebut. Untuk diketahui, acara Debat Terbuka dilakukan secara langsung dan virtual (live streaming) melalui channel youtube Humas MAN 2 Mataram. Hal ini karena 50% siswa yang menyaksikan secara langsung hanya yang memiliki jadwal belajar tatap muka pada hari ini, sementara 50% siswa lainnya belajar daring dari rumah. Alasan lainnya, karena permintaan dari wali siswa dan beberapa lembaga pendidikan yang alumninya menjadi paslon untuk bisa ikut menyaksikan, meski dari rumah atau tempat kerja mereka.

Bagi pembaca yang tidak sempat menyaksikan serunya Debat Terbuka tadi, bisa meng-klik channel youtube Humas MAN 2 Mataram atau link https://youtu.be/vPKaEb9yjbU. Jangan lupa tonton, like, komen dan subscribe. Semoga manfaat. [Siti Rahmi-M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda