Telp : +62370633077

SERU BANGET! Lomba memasak nasi goreng rumpun mata pelajaran di MAN 2 Mataram sambut HGN

Mataram -  Seru banget hari ini di MAN 2 Mataram. Rangkaian kegiatan dan lomba dalam rangka memperingati momen Hari Guru Nasional (HGN) ke-78.

Kegiatan Hari Guru Nasional ke-78 Tahun 2023 harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti tahun ini berbagai kegiatan dan lomba dilakukan.

Beberapa agenda HGN adalah dimulai dari Lomba Maumere untuk 42 kelas, Lomba Guru Sehat, Dzikir dan do'a bersama Syeikh Anas Jaber, lomba memasak nasi goreng rumpun mata pelajaran, upacara bendera, pentas seni guru hingga nonton bareng (Nobar) di Cinema XXI.


Hari ini adalah Lomba Memasak Nasi Goreng Rumpun Mata Pelajaran. Diawali dengan dzikir dan do'a bersama oleh Syeikh Anas Jaber, adik dari Almagfurulah Syeikh Ali Jaber.

Kegiatan juga dirangkai dengan khutbah dari Syeikh, do'a dipimpin Syeikh Ala Kamal : Guru Bantu dari Al AHar Mesir-Kairo, serta penggalangan dana untuk para penghafal Al-Qur'an.

Siswa dan guru beserta seluruh civitas akademika MAN 2 Mataram sangat antusias mengikuti ceramah Syeikh Anas Jaber. Di samping karena Syeikh tersebut membawakannya dengan santai dan sesekali bercanda.

Kedatangan Syeikh Anas Jaber diprakarsai oleh siswa dari ekstrakurikuler Remush (Remaja Mushalla) An Nur MAN 2 Mataram.


Foto: Salah satu peserta lomba memasak nasi goreng di MAN 2 Mataram (Humas MAN 2 Mataram )


Selanjutnya yang sangat seru dan meriah adalah lomba memasak nasi goreng antar rumpun mata pelajaran. Diikuti oleh 26 regu dari Ibu dan Bapak Guru, Karyawan dan mahasiswa PPL Universitas Mataram.

Dewan Juri yang dilibatkan dalam lomba memasak nasi goreng ini adalah dari: Sobat UNICEF, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Kemenag Kota Mataram dan Tim Puskesmas Dasan Agung.

Semua regu mengikuti lomba dengan sangat antusias, masing-masing regu berusaha maksimal menampilkan cita rasa nasi goreng yang lezat dan berselera.

Adapun yang menjadi penilaian dari lomba memasak nasi goreng adalah: nama kelompok harus sesuai dengan rumpun mata pelajaran, kekompakan atau kerjasama, kebersihan, cita rasa dan kreativitas.

Beberapa nama regu atau kelompok yang sesuai dengan rumpun pelajaran semisal: Sejarah dengan nama Stupa, Bahasa Inggris dengan nama grup Presents Simple, Love Story, Fisika dengan nama Quantum Spicy, Matematika dengan nama Phytagoras, nasi goreng Larva dari rumpun mata pelajaran Geografi dan Bom Atom.

 

Foto: Keseruan salah satu peserta lomba memasak nasi goreng di MAN 2 Mataram (Humas MAN 2 Mataram )


Nama lainnya yang tak kalah membuat bahagia adalah dari rumpun mata pelajaran agama, nama grup seperti Idgham Bila Gunnah, dari kelompok IT atau Emis menggunakan nama grup Bytes, dan dari TU dengan nama grup DIPA.

Dan masih banyak lagi nama grup yang lucu, unik, simpel namun menggugah selera. Juri sampai kerepotan untuk menilai dan susah menentukan regu atau kelompok yang akan menjadi juara.

Menanggapi kemeriahan dan keseruan lomba memasak nasi goreng ini, Kepala Madrasah, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. mengungkapkan kebahagiaannya. Hal ini menurutnya tujuan dari lomba susah tercapai.


Tujuan tersebut adalah untuk membuat ibu dan bapak guru serta karyawan sehat dan happy di Hari Guru Nasional ke-78 ini.

Lomba memasak ini juga dengan melibatkan juri dari instansi lain.

Hal ini, menurut Kepala Madrasah agar unsur subyektivitas bisa dihindari dan juri benar-benar obyektif dalam menilai setiap kelompok guru rumpun mata pelajaran.

Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. mengaku bingung menentukan hadiah para juara. Karena berdasarkan pantauannnya, semua rata-rata mempersembahkan yang terbaik.

Foto: Salah satu peserta lomba memasak nasi goreng di MAN 2 Mataram (Humas MAN 2 Mataram )


Performance setiap rumpun mata pelajaran berbeda-beda, bagus dan unik sesuai dengan ciri khas mata pelajaran yang diampu.

Menurutnya, ini adalah sebuah inovasi yang akan terus digali dan dilakukan di MAN 2 Mataram, urainya.

Apalagi lembaga kami terpilih sebagai salah satu madrasah unggulan di Indonesia. Jadi kami harus terus berlari, menciptakan sebuah inovasi dan berharap bisa menginspirasi bagi madrasah lainnya.

Itu sebabnya madrasah kami memiliki jargon, MAN 2 Mataram, Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia, tuturnya.

Kepala Madrasah menuturkan jika besok adalah Upacara Hari Guru Nasional ke-78, semua guru dan siswa serta karyawan akan melaksanakan upacara bendera yang petugasnya semuanya dari guru-guru senior.

Upacara rencananya akan menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Korea. Kemudian dilanjutkan dengan pentas seni yang juga dipersembahkan oleh semua guru di MAN 2 Mataram.

Terakhir, Kepala Madrasah membocorkan jika pada siang harinya, semua guru dan karyawan dimanjakan dengan nonton bareng film yang masuk box office di Cinema XXI, tutupnya.


Guru harus bahagia di hari jadinya.

Guru mengajar dengan hati

Selalu memberi inspirasi

Dan menemani hari-hari

Dengan penuh motivasi dan dedikasi.

Selamat Hari Guru Nasional ke-78.***

share:

Tinggalkan Komentar Anda