Telp : +62370633077

SEMARAKKAN MAULID NABI, MANDA GELAR TUJUH AGENDA SPEKTAKULER

maulid nabi 2021.jpeg

Gambar. Kolase Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MAN 2 Mataram

Mataram- Lautan warna putih memadati lapangan tengah MAN 2 Mataram. Jika ditilik melalui drone kelihatan seperti jamaah haji yang sedang menunaikan ibadah wukuf di padang Arafah. Bersih, suci, khusuk dan tersirat kesakralan dalam kegiatan itu. Ini juga menggambarkan betapa solid dan kompaknya keluarga besar MAN 2 Mataram. Warna putih merupakan dress code (pakaian) yang digunakan dalam merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Gebyar Maulid Rasul diselenggarakan pada hari Jum'at (5/11) dengan menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama NTB Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag, Ketua, Sekretaris dan anggota Komite Madrasah, beserta tamu undangan dari jajaran Kementerian Agama Kota Mataram.

Dalam kegiatan itu, disemarakkan dengan tujuh (7) agenda spektakuler, yakni: (1) Tilawatil Qur’an, (2) Pembacaan Maulid Al-barzanji, (3) Uji publik tahfiz al-Qur’an, (4) Ceramah sirah nabawiyyah, (5) Mahallul qiyam bil hadrah, (6) Kuis islami dan (7) Pemberian reward bagi siswa berprestasi.

Kegiatan dimulai dengan kidung lagu-lagu reliji dari dua biduan MAN 2 Mataram. Keduanya merupakan Juara LASQI (Lomba Festival Seni Qasidah) NTB golongan vokalis Remaja Putra dan Putri. Mereka adalah Putri Aulia Sholeha dan Nazmi Al-Fairuz. Kedua biduan in merupakan santri MANPK Putra dan Putri kelas XI.

WhatsApp Image 2021-11-05 at 10.52.22.jpeg

Kemudian acara dilanjutkan dengan mahalul qiyam bilhadrah, yakni kelompok Hadrah MAN Mataram sebagai musik penyambut kedatangan Bapak Kakanwil dan rombongan. Acara dlanjutkan dengan tilawatil qur’an yang disampaikan oleh ananda Lalu Muzakkir Yasin dari kelas XI IPS 2. Dengan suara emas yang dimilikinya, Lalu Muzakkir tak henti-hentinya membuat hadirin takjub. Bahkan Bapak Kakanwil mengakui bahwa ananda Lalu memiliki suara bagus dan tentu fasokhah. Lalu Muzakkir juga kerap mengikuti lomba-lomba tilawatil qur’an dalam berbagai even.

Acara inti yang ditunggu-tunggu adalah uji publik tahfiz alQur’an. Ada lima siswa yang terpilih, yakni: Muhammad Ali Ikhsan dari kelas XI MIPA 2, Amrina Rosyada dari kelas XI IPS 1, Rizka Amalia Kelas XI MIPA 2, Baiq Rahma Almaira kelas X MANPK Putri dan Ahmad Ginanjar Febriyan Rasyidi dari kelas X MANPK Putra.

Dari kelima siswa tersebut Ananda Mhammad Ali Ikhsan dan Baiq Rahma Almaira merupakan siswa yang sudah menyelesaikan hafalan sampai dengan 30 Juz. Sementara tiga lainnya masih di kisaran 10-15 juz. Bapak Kakanwil berkesempatan menguji dua orang, yakni Ananda Muhammad Ali Ikhsan dan Ahmad Ginanjar Febrian Rasyidi. Kedua siswa tersebut mendapat predikat MUMTAZ (sempurna) dari beliau. Sedangkan ketiga siswa lainnya, sedianya akan diuji oleh bapak/Ibu guru, namun karena waktu yang sangat terbatas, uji publik akan dilanjutkan pada hari Jum’at mendatang.

WhatsApp Image 2021-11-05 at 10.53.03.jpeg

Bapak Kakanwil sangat antusias dan memberikan apresiasi kepada MAN 2 Mataram, khususnya Kepala Madrasah yang telah menginisiasi perayaan Maulid Nabi ini. Antusiasme beliau terlihat ketika menguji sekaligus memberikan ceramah sirah nabawiyyah. Ceramah beliau dirangkai dengan pemberian kuis bagi siswa MAN 2 Mataram. Berbagai pertanyaan terkait isi ceramah beliau lontarkan. Siswa juga sangat antusias, karena siapa pun yang mampu menjawab pertanyaan beliau diberikan hadiah langsung berupa fresh money.

Bapak Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag, selain sebagai orang nomor satu di jajaran Kemenag NTB, beliau juga merupakan Kyai kondang yang sudah memiliki jam terbang tinggi, bahkan beliau sering diundang untuk berceramah ke Luar Negeri. Beliau juga merupakan ahli Qur’an. Tak heran suara beliau yang merdu kerap diperdengarkan ketika memberikan tausiah.

Dalam ceramahnya, beliau memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar senantiasa mencintai al-Qur’an. Menurutnya, siapapun bisa menghafal al-Qur’an, asal memiliki keinginan yang kuat dan niat yang baik. Berbagai keberkahan bisa diperoleh dengan menghafal al-Qur’an. Salah satunya akan diberikan kemudahan dan keberkahan dalam hidup.

Gayut dengan perayaan Maulid Nabi yakni ‘Meneladani Sifat Rasulullah dalam Membentuk Karakter Muda islami”. Bapak Kakanwil mengurai, jika ingin tema yang diangkat ini bisa tercapai, maka generasi muda milenial kembali kepada al-Qur’an. “Cintai dan bumikan al-Qur’an niscaya hidupmu akan indah dan mudah, dan teladani dan cintai Rasulullah beserta sifatnya dalam kehidupan sehari-hari, tuturnya”.

Menutup uraiannya, pak Kakanwil berpesan kepada Keluarga Besar MAN 2 Mataram untuk mengumpulkan siswa-siswa berprestasi untuk didik dan digembleng secara serius. Bila perlu membuat tim Fahmil Qur’an untuk berlomba pada ajang MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang akan datang. “Melihat potensi yang dimiliki oleh MAN 2 Mataram, saya yakin mereka akan berjaya di tingkat Nasional nanti, harapnya”.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan al-Barzanji bersama-sama. Antusiasme dan semangat hadirin terlihat sampai dengan kegiatan selesai. Apalagi ditambah dengan pembagian dulang yang berisi aneka kudapan, semakin menambah keseruan suasana. Sebelum acara ditutup, dilanjutkan dengan pembagian reward kepada siswa berprestasi tingkat Provinsi dan Nasional.

Siswa-siswa berprestasi tersebut yakni: Fawwaz Aqila Putri kelas 12 MIPA 1 meraih Juara 1 Olimpiade Matematika MISSION FMIPA UNRAM tingkat Provinsi, Zhorif Haidar Darussalam dari kelas 11 MIPA 1 memperoleh Juara 2 Olimpiade Fisika MISSION FMIPA UNRAM tingkat Provinsi, Rizka Isnaini klas 12 MIPA 1 sebagai Juara 2 KSM Bidang Kimia tingkat Nasional, Nabila Pandora Landriani kelas 12 MIPA 2 sebagai Juara 1 Pidato Bahasa Inggris di Universitas Teknologi Sumbawa tingkat Provinsi, Baiq Niki Ayuningtia kelas 1o MIPA 2 meraih Juara 2 lomba Influencer di UTS Sumbawa tingkat Provinsi, dan Tim Pramuka MANDA yang terdiri dari Muhsin al Hadar, Suardi, M. Daifullah dan M. Apriyan berhasil meraih Juara 1 Teknologi Tepat Guna Universitas Negeri Malang tingkat Nasional.

Acara berlngsung sukses. Semua orang bergembira dan bersuka cita. Inilah wujud cinta umat Islam kepada Rasulullah. Cinta terhadap makhluk Allah SWT yang mulia nan sempurna. Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam. Selamat kepada semua siswa MAN 2 Mataram yang berprestasi. Semoga dengan perayaan Maulid Nabi ini, semakin menambah kecintaan kita kepada beliau. Shollu ‘alan nabii.

Penulis : Siti Rahmi

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda