Telp : +62370633077

RIZKA ISNAINI SI GADIS PERAK DARI TIMUR

![WhatsApp Image 2021-11-10 at 05.00.06.jpeg](http://man2mataram.net/storage/app/uploads/public/618/af1/5d7/618af15d71916037898979.jpeg) 

Gambar : Rizka menerima Reward dari Kepala Kanwil Kemenag NTB atas prestasinya dalam KSM Nasional 2021 


**HUMASMAN2MATARAM** –Rizka Isnaeni salah satu siswa MAN 2 Mataram ini namanya sedang menjadi trending. Beberapa bulan lalu, Rizka meraih puluhan medali dari berbagai even bergengsi yang diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan perguruan tinggi hebat di tanah air. Karenanya ia memperoleh gelar Gadis Berkalung Medali. Jika Anda penggemar setia berita-berita MAN 2 Mataram di portal Kemenag NTB, pasti tahu sosok ini. Baru-baru ini gadis ini telah kembali mengharumkan daerahnya dengan prestasi yang diraihnya di even bergengsi sekelas Kompetensi Sains Madrasah. Gawe besar Kemenag RI setiap tahun ini, peminatnya selalu melimpah dari madrasah seluruh Indonesia Rizka berhasil meraih medali perak pada perhelatan Kemenag Pusat ini. Karenanya, gelar si Gadis Perak dari Timur pun melekat padanya. Rizka kini duduk di kelas XII IPA 1 di MAN 2 Mataram. 


Spesialis Olimpiade Kimia ini sosoknya bersahaja. Ini terlihat dari kesederhanaannya dalam berpakaian dan berperilaku. Keseharian Rizka diisi dengan berbagai agenda, salah satunya dengan mengikuti pembinaan intensif KSM Bidang Kimia di madrasah setiap tiga kali dalam seminggu. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang berkompetisi dalam bidang Sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan KSM dimulai sejak tahun 2012 hingga tahun 2017. Rentang tahun ini KSM dilakukan secara offline (konvensional). Sedangkan KSM yang berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai sekarang. Dalam prosesnya, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi sampai dengan pelaksanaan tes sudah memanfaatkan Teknologi Informasi. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 


Di ajang ini, siswa tidak hanya mengerjakan soal olimpiade seperti biasa, namun juga terintegrasi dengan Ilmu-ilmu Keislaman. Ini bermakna bahwa ada perpaduan antara soal Sains dan Ilmu Keislaman. Cakupannya seperti: (a) soal Sains yang terintegrasi dengan Ilmu Keislaman dengan menggali konsep-konsep Sains, dan kandungan Al Qur’an; (b) soal Sains dikolaborasikan dengan konsep terapan lainnya semisal zakat, falak, sehingga pemahaman siswa lebih holistik (c) soal Sains murni, dengan tujuan untuk mensejajarkan siswa madrasah dengan siswa sekolah umum lainnya, serta (d) soal dibuat dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. KSM Tingkat Nasional yang diikuti Rizka dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 25 Oktober 2021 di Hotel Jayakarta, Senggigi, Lombok Barat. Didampingi oleh Pembina KSM Kimia Ibu Hariantini, S.Pd. 


Hari pertama seluruh peserta mengikuti uji coba tes. Keesokan harinya, pembukaan melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh peserta, mulai dari tingkat MI, MTs, dan MA. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tes CBT dengan menjawab soal pilihan ganda sejumlah 26 soal dan soal esai singkat sejumlah empat (4) soal. ![WhatsApp Image 2021-11-10 at 04.58.49.jpeg](http://man2mataram.net/storage/app/uploads/public/618/af1/a83/618af1a83b4be848401410.jpeg) Gambar : Rizka dan Rangga, Bersama Pembina dan Wakasis MAN 2 Mataram dalam Pemberian Reward di Kantor Kemenag Kanwil NTB Dihari ketiga, Rizka mengikuti uji eksperimen. Uji eksperimen ini dibagi menjadi tes eksperimen dan tes eksplorasi. Tes eksperimen dilakukan dengan menjawab soal sesuai dengan materi praktikum yakni sel elektrolisis, sedangkan tes eksplorasi dilakukan dengan menjawab soal uraian sesuai teori.


 Gadis Perak yang kini berusia 17 tahun ini memiliki cita-cita menjadi mahasiswa Kedokteran atau Pendidikan Kimia di FKIP, Universitas Mataram. Dengan tersenyum manis, Rizka bercerita bahwa sesungguhnya apa yang dicapai olehnya ini adalah berkat dukungan orang tua dan kakaknya. “Semua ini berkat dukungan orang tua, do’a bapak/ibu guru, dan dukungan kakak saya, sehingga saya mampu berada dalam posisi ini”,urainya. Rizka juga menceritakan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari bimbingan intensif di madrasah bersama guru dan pembimbing eksternal. Khususnya saat kerantina selama dua minggu di madrasah. 


Dara manis anak kedua dari tiga bersaudara ini mengaku bahwa ia sangat mengidolakan sosok kakaknya. Baginya, Ria sang kakak yang saat ini sedang menempuh Pendidikan Kimia di FKIP-Universitas Mataram Semester 3 merupakan sosok kakak yang luar biasa. Di mata Rizka, Ria merupakan kakak yang tangguh, cerdas, rajin dan juga disiplin. Fakta membuktikan bahwa sang Kakak juga merupakan alumni KSM MAN 2 Mataram pada tahun 2019 silam. Ria juga berprestasi di bidang yang sama. Rupanya sang kakak menjadi role model (tauladan) bagi Rizka untuk mencapai cita-citanya. Rizka-lah yang melanjutkan estafet sang kakak di madrasah tercinta. Mudah-mudahan capaian yang dilakukan oleh Rizka, menjadi motivasi bagi juniornya untuk lebih baik lagi ke depannya. Congrats Rizka! Selamat meraih mimpi dan cita-citamu ! 


**Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati 


Editor: Siti Rahmi 


**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 


IG:Humas MAN 2 Mataram 


FB:Humas MAN 2 Mataram 


YT:Humas MAN 2 Mataram 


Website: www.man2mataram.net 


Email: humasman2mataram@gmail.com****

share:

Tinggalkan Komentar Anda