Telp : +62370633077

PENUH ANTUSIAS, SISWA MTSN 1 LOTENG SAMBUT TIM SNPDB MANPK MAN 2 MATARAM

Mataram- Memasuki Minggu kedua pasca pembukaan penerimaan SNPDB MANPK MAN 2 Mataram, Tim Sosialisasi semakin gencar melakukan roadshow ke berbagai madrasah di Pulau Lombok.

Rangkaian roadshow yang dilakukan kali ini yakni di MTsN 1 Lombok Tengah yang ada di Praya. Rombongan disambut oleh keluarga besar madrasah dengan antusias. Terlebih siswa kelas IX. Sebelumnya Tim sudah berkeliling ke berbagai madrasah di Kota Mataram.

Rombongan diterima terlebih dahulu oleh Kepala Madrasah Masdiono, S.Ag., M.Pd.I didampingi Waka Humas Sujarna, M.Pd. Kepala Madrasah plus warganya yang humble dan ceria ini membuat suasana cepat mencair . Seolah tak berjarak. Ini-lah makna sesungguhnya dari silaturahim itu. Rasa persaudaraan sebagai keluarga besar Kementerian Agama.

Kegiatan dilakukan di Aula Barat madrasah, diawali dengan ucapan selamat datang dari Bapak Kepala Madrasah. Dalam paparannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim yang sudah bersedia berkunjung dan berharap ke depannya akan semakin banyak alumni yang diterima di MAN 2 Mataram, demikian pula di program keagamaannya (MANPK).

Menurutnya, siswa MTsN 1 Lombok Tengah memiliki animo yang besar untuk melanjutkan studi di MAN 2 Mataram. Pak Masdi juga  menuturkan bahwa siswa keseluruhan berjumlah 1200-an yang berasal dari berbagai kalangan dan berbagai daerah di Lombok Tengah. Dengan jumlah ribuan itu, banyak yang memilih melanjutkan ke Madrasah. Tentu mereka sangat berharap MAN 2 Mataram sebagai destinasi pendidikan selanjutnya.

Banyaknya siswa di madrasah ini bisa dimaklumi, mengingat madrasah ini merupakan salah satu madrasah Tsanawiyah Negeri Unggulan di Nusa Tenggara Barat. Prestasi-prestasi gemilang pun tak luput dari torehan siswa-siswanya. Dari tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional. Alumninya pun banyak diterima di madrasah-madrasah unggulan di Indonesia.

Bapak Kepala yang gemar bercanda ini pun berharap ke depannya ada kolaborasi dan sinergi yang senantiasa terjalin antara MAN 2 Mataram dan MTsN 1 Lombok Tengah, baik dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan anggota Tim yang terdiri dari: Dr. Siti Rahmi, M.Pd., sebagai Koordinator Sosialisasi, Muhrim, M.Pd I selaku Ketua Panitia, Khoirun Nasihin, Lc., M.Pd. sebagai Sekretaris Panitia dan Hafiz, M.Pd. sebagai anggota.

Beberapa hal disampaikan dalam sosilisasi yakni tentang penerimaan peserta didik baru. MANPK MAN 2 Mataram,  persyaratan apa yang harus dilengkapi oleh calon santri serta jalur apa saja yang tersedia pada program ini.

Adapun penerimaan peserta didik baru ini dimulai sejak tanggal 10 Januari sampai dengan 14 Februari 2022 mendatang. Beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh calon santri adalah persyaratan utama dan pendukung.

Persyaratan utama yang harus diupload di website antara lain: NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan KK (Kartu Keluarga), sedangkan persyaratan penunjang yakni akte kelahiran, pas foto ukuran 3x4 berlatar biru dan surat keterangan dari kepala madrasah sebagai peserta didik di MTsN 1 yang masih duduk di kelas IX.

Persyaratan lainnya yakni; calon peserta didik (santri) mencantumkan sertifikat atau surat keterangan Tahfiz dari madrasah, calon santri  berusia maksimal 17 tahun pada Juli 2022 nanti. Adapun program unggulan ini dapat diikuti melalui dua jalur, yaitu jalur tes dan jalur prestasi.

Jalur tes dengan syarat seperti yang telah disebutkan di atas dan jalur prestasi dengan persyaratan sama dengan jalur tes ditambah dengan calon santri sudah hafal 20 juz, dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga yang berwenang, pernah menjuarai even Musabaqah Tilawatil Qur'an atau Qira'atul Qutub tingkat Nasional sebagai juara 1, 2 atau 3.

Jika sudah melengkapi persyaratan, semua peserta jalur tes akan melaksanakan tes berbasis komputer (computer based test) pada tanggal 26-27 Februari 2022. Kemudian jika santri lulus pada tes CBT, maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara yang diikuti oleh  santri jalur prestasi maupun jalur tes.

Ketatnya penyaringan pada program unggulan ini tidak lain bertujuan untuk mencari bibit unggul anak bangsa yang akan dididik menjadi ulama' dan umara', meningkatkan motivasi belajar santri serta meningkatkan grade santri madrasah. 

Tujuan lainnya dari sosilisasi ini adalah agar semua siswa atau peserta didik dari semua madrasah tsanawiyah di wilayah Nusa Tenggara Barat baik dari perkotaan maupun yang jauh di pelosok memiliki kesempatan yang sama dalam mengadu peruntungan di program unggulan ini. Program unggulan ini  bertabur beasiswa sejak tahun lalu. 

Beasiswa yang diberikan merujuk kepada Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, bagian kelima, pasal 27 ayat (2) menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

Keseluruhan santri MANPK Putra/Putri sejumlah 48 orang Tahun Pelajaran 2022/2023 mendapatkan beasiswa full dari Kementerian Agama RI selama enam semester atau tiga tahun pelajaran. Jumlahnya sebesar 700 ribu/santri setiap bulan.

Mengacu kepada Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah, mengupayakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa MANPK yang merupakan siswa berprestasi, dalam bentuk Beasiswa Belajar pada MAN Program Keagamaan (MANPK).

Dalam sosialisasi itu, antusiasme siswa terlihat dengan ragam komentar positif yang diberikan serta berbagai pertanyaan yang dilontarkan silih berganti.Sosialisasi bersama ratusan siswa kelas IX ini pun berlangsung interaktif. Tak lupa salam hangat dan terima kasih Tim atas sambutan yang luar biasa dari keluarga besar MtsN 1 Loteng.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan ke MTsN 4 Lombok Tengah yang berlokasi di Kelebuh Praya Tengah. Madrasah yang dikomandoi oleh Lalu Khaeril Asmuni, M.Pd ini, sambutannya tidak kalah heboh dengan madrasah  sebelumnya. 

Animo siswanya juga besar ingin melanjutkan ke MANPK. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh mereka terkait dengan jalur masuk di program ini. Mereka juga antusias ketika dipaparkan tentang keuntungan-keuntungan yang akan mereka dapatkan selama belajar di MANPK nanti.

Muhrim, M.Pd.I selaku ketua panitia seleksi sangat berharap tahun ini MANPK memperoleh santri yang benar-benar unggul dari segala aspek. Baik akademik maupun non akademiknya.  "Panitia akan berusaha semaksimal mungkin membantu calon santri mulai dari proses pendaftaran, tes, pengumuman sampai dengan masuk asrama akan tetap dikawal, jika ada kesulitan kami siap membantu, tuturnya."

Yang pasti, program unggulan MANPK ini merangkul semua pihak, setiap siswa memiliki kesempatan dan hak yang sama. Intinya siswa sebagai calon santri yang berani mendaftar adalah siswa yang berani menerima tantangan. Ayo daftar di MANPK. Semoga sukses!!

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M). 

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA DAPAT DILIHAT DI:

FB: Humas MAN 2 Mataram

IG: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

share:

Tinggalkan Komentar Anda