Telp : +62370633077

PANDORA, JAWARA ENGLISH CONTEST DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

WhatsApp Image 2021-11-07 at 12.57.47.jpeg

HUMASMAN2MATARAM – Nabila Pandora Landriani, nama lengkap salah satu siswa kelas XII di MAN 2 Mataram. Perempuan manis dan murah senyum ini akrab dipanggil Nabila ini. Kepiawaian dalam public speaking sudah tidak diragukan lagi, selama menuntut di MAN 2 Mataram, ragam prestasi sudah diraihnya, dari tingkat Kota, Provinsi dan Nasional. Berikut rentetan lomba yang pernah ia juarai.

  1. Lomba Public Speaking yang diadakan oleh UKM argument UNRAM secara online pada tanggal 27-29 November 2020. Pada even ini, ia meraih Juara 2 tingkat Nasional.

  2. Lomba English Speech yang diadakan oleh Fakultas Peternakan UNRAM dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-54 pada bulan Februari 2021. Ia meraih Juara 2 tingkat Nasional.

  3. Brawijaya English Tournament yang diadakan oleh UB secara online pada tanggal 19-21 Maret 2021. Pandora meraih Juara 3 tingkat Nasional.

  4. National English Competition yang diadakan oleh Universitas Negeri Medan secara online pada tanggal 6-7 April 2021. Ia mendapatkan Juara 5 tingkat Nasional.

  5. Debat ECCO yang diadakan oleh Lombok Debating Troops secara online pada tanggal 22-25 April 2021. Pada gelaran ini, Pandora mendapat Juara 2 se-pulau Lombok.

  6. SMANISDA English Competition yang diadakan oleh SMAN 1 Sidoarjo secara online pada tanggal 21-23 Mei 2021. Mendapat Juara 2 tingkat Nasional.

  7. English Competition yang diadakan oleh English Club Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRAM pada tanggal 12 September 2021. Pandora berhasil mendapat Juara 1 tingkat Provinsi.

  8. English Annual Student Tournament 2021 kategori Public Speaking yang diadakan oleh Fakultas Studi Budaya Universitas Brawijaya pada tanggal 22-24 Oktober, 2021. Lulus sebagai Top 5 Finaliss dengan urutan ke-4 tingkat Nasional.

Pandora kerap menjuarai berbagai lomba Public Speaking sejak ia duduk di bangku Tsanawiyah salah satunya yakni ia memenangkan tiga kategori English Speech dalam acara SMAKERZ English Competition yang diadakan oleh SMAK Kesuma Mataram pada tahun 2018.

WhatsApp Image 2021-10-27 at 17.31.50.jpeg

Gambar Nabila Pandora Landriani (paling kiri) siswa MAN 2 Mataram sebagai Juara 1 pada even English Contest di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS)

Deretan prestasi Pandora merupakan ikhtiar yang sudah ia lakukan dan tidak terlepas dari do’a orang tua, guru, pembimbing dan pelatih MEC (Manda English Club). “Tentunya usaha yang saya lakukan selama ini terbantu dengan do’a kedua orangtua, kakak dan pembimbing di MEC, yakni Miss Fina danKak Hanum (pelatih debat MEC). “Ragam lomba yang saya ikuti adalah Public Speaking dan Debat ini tidak lepas dari usaha keras dan latihan rutin, membaca artikel dan essay berbahasa Inggris serta menonton berbagai channel youtube untuk menambah referensi, dan menambah perbendaharaan kosa kata saya, urainya.”

Lomba terakhir yang diikuti Pandora yakni even yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) English Competition yang mengusung tema “Milenial’s role in preserving culture and overcoming challenge in mist pandemic”. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 September sampai dengan 17 Oktober 2021 lalu. Dalam even ini, terdapat lima mata lomba yang diadakan, yakni: Lomba The Influencer, Lomba Speech, Lomba Essay, Lomba Storytelling, dan Lomba Poetry.

Sistem yang diberlakukan oleh panitia lomba yakni peserta mengirimkan video berisi konten kepada panitia secara online. Kemudian, panitia melakukan penilaian dan menetapkan para peserta yang lolos ke babak semi final. Babak ini harus dilakukan secara offline. Artinya semua peserta yang masuk ke babak delapan besar harus datang berlomba ke Universitas Teknologi Sumbawa. Dalam even ini Pandora mampu meraih juara I. Gadis ini merupakan bibit unggul yang dimiliki oleh MAN 2 Mataram.

Ketika ditanyakan tentang cita-citanya, ia berharap dapat diterima di universitas pilihannya pada seleksi masuk Perguruan Tinggi di tahun mendatang. PKN STAN, Universitas Brawijaya atau Universitas Udayana pada Jurusan Farmasi merupakan universitas bidikannya. Gadis 17 tahun ini juga berharap, di perguruan tinggi nanti ia bisa berprestasi seperti saat ini. Dengan demikian apa yang menjadi do’a, ikhtiar dan harapan orang tua saya terbayarkan, tuturnya ”.

Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan dapat tercapai. Man jadda wa jadda (barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan apa yang diinginkannya). Congrats Pandora, we are proud of you! Tetaplah menjadi pribadi yang selalu menginspirasi.

**Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor : Siti Rahmi**

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda