Telp : +62370633077

MILAD KE-6 MANDA KOREAN CLUB SEMAKIN SOLID

WhatsApp Image 2021-11-03 at 17.04.12.jpeg Gambar : Perayaan Milad MKC ke-6

Humas MAN 2 Mataram- Memasuki milad ke-6-nya, ekstrakurikuler Manda Korean Club (MKC) semakin solid. Ini terlihat dari kekompakan timnya dalam mengelola oranisasinya. Salah satu indikatornya yakni dengan kompaknya mereka melakukan serangkaian kegiatan, latihan rutin dan mempersiapkan milad. Meski perayaan milad kali ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Ini bisa dimaklumi, mengingat Covid-19 belum usai. Perayaan ini diisi dengan do'a bersama, diskusi, keakraban dengan anggota baru juga membahas tentang program kerja dan kemungkinan melakukan kerjasama dengan berbagai instansi. Milad tahun ini bertepatan dengan bulan Maulid Rasulullah SAW. Muhamad Gandi Seongsaengnim selaku Pelatih mengatakan: “milad MKC kali ini kita gabungkan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tentu auranya akan berbeda.

Berbedanya terlihat dari penyajian menu. Menu kali ini dengan membuat aneka masakan Korea on the spot atau langsung dengan bahan-bahan yang masih segar dan baru. Aneka masakan itu, seperti: kimchi, kimbab, topoekki, odeng dan kegiatan yang sedang nge-hits di kalangan milenial yakni acara makan dengan nge-grill. Tak lupa pula disediakan menu khas Maulid.”

Acara milad ini bukan semata untuk bergembira, namun juga untuk lebih merekatkan hubungan kekerabatan antar Pembina, Pelatih dan Anggota. Serta mengajarkan kepada mereka tentang makna milad dan Maulid Nabi secara bersamaan. Ini artinya bahwa kecintaan mereka terhadap Rasulullah tetap terpelihara dan pengetahuan mereka tentang budaya luar juga bertambah. Di MKC di samping belajar, para anggotanya juga diuji dan terakhir diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas pencapaian mereka, tuturnya.”

Keakraban ini yang utama dilakukan untuk anggota baru yang beberapa waktu lalu telah dilantik oleh madrasah (22 Oktober bersamaan dengan Hari Santri Nasional). Di samping itu, agar para anggota memahami cara memasak, mengetahui tata cara makan menurut budaya Korea serta filosofi yang terkandung dari makna masakan tersebut. Tentu saja dengan tidak menafikan budaya daerah dan bangsa kita, urainya.

Gandi Seonsaengnim berharap ke depannya MKC semakin solid dan kompak. Baik dari pribadi anggotanya, maupun dari program-program yang telah didiskusikan bersama. Bahkan beliau berharap, MoU (kerjasama) antara madrasah dengan pihak Korean Foundation segera terealisasi sebagai follow-up dari kunjungan perwakilan Duta Besar Korea Selatan medio Mei 2021 lalu ke MAN 2 Mataram, khuusnya ketika bertemu dengan MKC squads.

Alasan utama kedatangan perwakilan Kedutaan Besar Korea Selatan itu menurut Pembina MKC; ibu Dr. Siti Rahmi menyatakan bahwa Perwakilan Kedutaan itu mengunjungi madrasah kami karena ingin mengecek dan memastikan lembaga pendidikan di Indonesia Timur yang concern mempelajari bahasa dan budaya Korea. Ternyata hanya MKC yang satu-satunya ekstrakurikuler di wilayah NTB bahkan di Indonesia bagian Timur yang meliputi (NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua) yang terdeteksi radar.

Tentu saja Kepala Madrasah, Pembina dan Pelatih merasa tersanjung dengan temuan ini, dan berharap ke depannya MKC menjadi pioneer bagi lembaga lainnya. MKC squads siap melakukan perubahan dan pembenahan. Sebagai bentuk tanggungjawab itu, ekskul ini tanpa lelah terus memacu diri dalam meningkatkan kompetensi diri dengan rutin melakukan latihan intensif. Aktif mengikuti forum-forum berbahasa Korea serta pelatih yang senantiasa pro-aktif mendatangkan native speaker untuk memperhalus Bahasa Korea anggotanya.

Terkait dengan Milad ke-6, ekskul ini biasanya merayakannya dengan menggelar festival 'Korean Day' level Provinsi. Berbagai lomba digelar dan dihadiri oleh madrasah, sekolah umum, lembaga pendidikan bahkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi juga turut merayakannya.

Lomba-lomba itu seperti lomba pidato Bahasa Korea, tebak kata, cara menggunakan sumpit dengan benar, song cover, dance cover, doodle (kartun Korea), coldsplay handbook Korea (semarak penggunaan baju tradisional Hanbook Korea), aneka games dan cerpen. Tersedia berbagai doorprize menarik dari para sponsor.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan pameran kuliner khas Negeri Ginseng dengan menyuguhkan aneka makanan dan minuman. Euforia peserta dan penonton waktu itu sangat tinggi, ini terlihat sejak digelar acara sampai kegiatan selesai, peserta dan penonton enggan beranjak. Apalagi jelang acara ditutup menampilkan bintang tamu Bali-Nusra yakni Explosive (dulu namanya 4names) yang sangat digandrungi remaja Nusa Tenggara Barat plus bagi-bagi hadiah istimewa kepada penonton yang beruntung.

Mudah-mudahan pandemi segera berlalu, agar semua kegiatan dan agenda-agenda besar mampu dilaksanakan dengan baik, aman, nyaman dan menenangkan. MKC의 6번째 생일을 축하합니다. 바라건대 더 견고하고 고급스럽고 전 세계적으로!! (MKCui 6-beonjjae saeng-il-eul chughahabnida. balageondae deo gyeongohago gogeubseuleobgo jeon segyejeog-eulo!! (Selamat Milad MKC yang ke-6. Semoga semakin solid, maju dan mendunia).

Penulis: Siti Rahmi

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda