Telp : +62370633077

MANTAB, MAN 2 MATARAM RAIH PREDIKAT TERBAIK REGIONAL PADA KOMPETISI SAINS NASIONAL RUANG GURU

IMG-20210807-WA0081.jpg Gambar-Kolase brosur/pamflet lomba dari Ruang Guru.

Mataram- Usaha tidak mengkhianati hasil, demikian kira-kira gambaran yang dihasilkan oleh TIM KSM MAN 2 Mataram. Melalui pembinaan intensif tiga kali dalam seminggu, TIM ini kembali menunjukkan hasil yang menggembirakan. Beberapa hari yang lalu, empat orang siswa MAN 2 Mataram lolos ke tingkat Nasional dalam ajang Kompetisi Sains yang diselenggarakan oleh salah satu platform belajar online paling bonafide di Indonesia yakni Ruang Guru.

Kompetisi ini diadakan dengan tujuan sebagai wadah mencari bakat dan menggali potensi siswa-siswi terbaik tingkat Sekolah Menengah Atas dari seluruh Indonesia. Ada enam mata pelajaran yang dilombakan, yakni: Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Geografi dan Ekonomi. Dalam even ini, semua TIM andalan KSM MAN 2 Mataram diterjunkan.

Lomba ini terbagi menjadi dua tahap, yakn: (1) Regional Round (Tingkat Regional) dan (2) National Round (Tingkat Nasional). Regional Round sudah dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2021 lalu dan berhasil meloloskan empat orang siswa MAN 2 Mataram ke tingkat Nasional. Sedangkan National Round akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2021. Penutupan dan awarding event akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021. Pada tingkat Regional Round MAN 2 Mataram dinobatkan sebagai Peringkat 1 (pertama) untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Keempat siswa tersebut berasal dari tiga tim KSM, yakni Olimpiade Fisika, Biologi dan Geografi. Olimpiade Fisika diwakili oleh dua orang yakni: M. Abiyyu Hafiansyah dan Zhorif Haidar Darussalam. Olimpiade Biologi diwakili oleh Rangga Cahya Prasetya dan Olimpiade Geografi diwakili Syafira Aurora.

Semua finalis tersebut berasal dari jurusan yang sama yakni MIPA (Matematika & IPA), dengan rincian tiga orang finalis berasal dari kelas XII yakni Abiyyu, Rangga dan Syafira. Sedangkan Zhorif Haidar Darussalam baru naik ke kelas XI. Keempatnya akan mendapatkan coaching clinic (pelatihan intensif) dari Panitia selama tiga hari yakni dari tanggal 3-6 Agustus 2021 melalui aplikasi zoom meeting, mulai pukul 18.30-21.00 WIB.

Tentu saja berita ini sangat mengharukan sekaligus menggembirakan bagi warga madrasah. Bagaimana tidak, even besar dan bergengsi ini diikuti oleh ratusan sekolah seluruh Indonesia. Panitia menyediakan hadiah spektakuler yakni dengan total hadiah sejumlah Rp. 400.000.000 (empat ratus juta rupiah).

Berbagai persiapan dilakukan oleh madrasah. Di samping coaching clinic dari panitia. Kepala Madrasah bersyukur atas torehan prestasi yang diraih siswa MAN 2 Mataram. Beliau sangat antusias dan mendukung segala hal yang berkaitan dengan prestasi. Bentuk dukungan ini adalah dengan memberikan reward bagi Pembina dan siswa yang berprestasi.

Kepala Madrasah berpesan kepada Tim Olimpiade agar mempersiapkan diri dengan baik termasuk memastikan peserta untuk siap tempur dengan sekolah/madrasah hebat se-Indonesia. Kamad berharap hasil yang terbaik dan menjadi juara.

Capaian-capaian ini nanti akan sangat bermanfaat ketika siswa akan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri unggulan di tanah air. Tidak lupa beliau mengingatkan Tim, baik siswa maupun Pembina agar senantiasa berdo’a dan menjaga kesehatan sampai dengan hari lomba diadakan.

Selain hadiah spektakuler yang disediakan panitia, peserta yang berhasil menjadi juara juga akan mendapatkan, medali, sertifikat dan coaching clinic bersama alumni pemenang Olimpiade Nasional, para peraih medali (medalist) dan Direksi Ruang Guru. Hadiah untuk sekolah terbaik yakni: menjadi Sekolah Juara Ruang Guru, merchandise Ruang Guru untuk 30 peserta teratas setiap lomba dan piala bergilir.

Sebagai tambahan, pada tingkat Nasional nanti, ketiga puluh orang peserta teratas tadi akan diberikan hadiah dengan ketentuan: (1) peraih Emas adalah siswa dengan ranking 1-5, (2) peraih Perak adalah siswa dengan ranking 6-15, dan (3) peraih Perunggu adalah siswa dengan ranking 16-30.

Terdapat hadiah tambahan untuk Absolute Winner yang merupakan siswa peringkat satu setiap bidang mata pelajaran. Pemenang jenis ini akan mendapatkan uang tunai paling besar jumlahnya dibanding dengan juara lainnya.

Ruang Guru merupakan aplikasi Bimbingan Belajar Online terbesar dan terbaik di Indonesia. Pengggunanya kurang lebih 22 juta dengan pengajar lebih dari 300.000 orang dari berbagai latar belakang pendidikan. Sebesar 69% pengguna Ruang Guru diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan meraih nilai 9,3 dari rentang 10 yang disediakan pada penilaian sebagai aplikasi yang paling baik dalam membantu pembelajaran secara online.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk mencari materi pelajaran berupa video, soal prediksi, video pembahasan soal dan sistem tata kelola Pembelajaran Jarak jauh (PJJ).

Itu sebabnya setiap even yang diselenggarakan oleh Ruang Guru ini selalu diburu oleh siswa spesialis olimpiade. Di samping hadiah yang menarik, juga merupakan even bergengsi yang selalu berlimpah peserta.

Aplikasi ini bukan hanya menguntungkan dan memudahkan siswa belajar, namun juga memberikan manfaat yang baik bagi guru dalam mencari bahan mengajar, diskusi dan membandingkan soal-soal prediksi dari tingkat kesulitan rendah, sedang dan tinggi. Aplikasi Ruang Guru juga menyediakan peningkatan technical dan soft skills untuk mahasiswa, professional dan umum.

Keluarga Besar MAN 2 Mataram berharap agar para finalis menjadi bintang di antara bintang terbaik nantinya. Ayo kepakkan sayapmu setinggi mungkin, bangkit untuk madrasah mandiri, berprestasi dan bermartabat! [Siti Rahmi-Humas M2M]. INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: IG:Humas MAN 2 Mataram FB:Humas MAN 2 Mataram YT:Humas MAN 2 Mataram Website: www.manduamataram.sch.id Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda