Telp : +62370633077

MANTAB BETUL! MAN 2 Mataram Lepas 5 Siswa Ikuti ASIA WORLD MODEL UNITED NATION (AWMUN) VI di THAILAND Hari Ini

Keterangan Gambar.5 siswa MAN 2 Mataram bettolak menuju Thailand untuk mengikuti AWMUN VI: Simulasi Sidang PBB (Humas MAN 2 Mataram )


Mataram - Alhamdulillah! Sejumlah 5 orang siswa MAN 2 Mataram pagi ini dilepas Kepala Madrasah bertolak ke Thailand.

Ke-5 siswa MAN 2 Mataram ini berangkat ke Thailand dalam rangka mengikuti Asia World Model United Nation atau AWMUN VI.

Adapun ke-5 siswa MAN 2 Mataram tersebut adalah: Naila Anggita Putri, Samara Wardasadiya, Sabrina Salsabila, Warda Putri Hafidzah dan Annisa Destiandini.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, MPd berpesan kepada ke-5 siswa tersebut agar menjaga kesehatan, menjaga nama baik almamater, keluarga dan terutama negara.

Kepala Madrasah juga menyampaikan jika ajang yang diikuti oleh ke-5 siswa tersebut merupakan sesuatu yang sangat langka. Tidak semua siswa mengikutinya.

Dari puluhan ribu pendaftar, yang terpilih menjadi peserta kurang lebih 300 peserta dari ratusan negara. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kepala Madrasah mengucapkan selamat atas prestasi anak-anak hebat MAN 2 Mataram.

Jadilah bagian dari warga dunia, mulai ubah mindset untuk berpikir global, tegasnya 

Ke-5 siswa tersebut terdiri atas 4 orang siswa MANPK dan 1 orang dari kelas Reguler. 


Gambar. Kepala MAN 2 Mataram melepas keberangkatan 5 Siswa MAN 2 Mataram yang bertolak ke Thailand

Naila Anggita Putri, Samara Wardasadiya, Sabrina Salsabila dan Warda Putri Hafidzah merupakan siswa MANPK MAN 2 Mataram, sedangkan Annisa Destiandini merupakan siswa kelas Reguler yakni kelas XII IPA 6.

AWMUN merupakan ajang International dalam simulasi Sidang PBB yang diikuti oleh ratusan generasi muda dari ratusan negara di dunia.

Mereka berkumpul di forum ini dalam rangka mendiskusikan persoalan dunia yang diberikan serta alternatif pemecahan masalah yang mereka ajukan.

Dalam forum AWMUN ini, setiap peserta dibagi ke dalam council-council. Naila Anggita Putri mendapat tugas di Negara Mesir, Samara Wardasadiya mendapat tugas di Negara Singapura.

Sementara Sabrina Salsabila mendapat tugas di Negara Turki, Warda Putri Hafidzah mendapat tugas di Negara Malaysia dan Annisa Destiandini mendapat tugas di Negara New Zealand.

Ke-5 nya diberikan tugas terkait tentang isu global yang marak terjadi dan bagaimana penyelesaian di masing-masing negara. 


Kemudian masing-masing dari ke-5 siswa tersebut akan mempresentasikan makalah yang mereka buat sehari sebelum Opening Ceremony.

Lalu mereka akan diskusi sekaligus akan berdebat tentang masalah yang tengah hangat terjadi di dunia.

Ketika Opening Ceremony nanti, masing-masing negara akan menampilkan atraksi budaya dan kesenian yang menjadi ciri khasnya.

Ke-5 siswa MAN 2 Mataram ini nanti akan menampilkan tarian Sasambo (Sasak, Sumbawa, Mbojo) yang merupakan perpaduan tarian daerah NTB.


Ajang AWMUN kali ini merupakan yang ke-6 kalinya diselenggarakan. 

AWMUN I diselenggarakan di Korea Selatan pada 11-15 Agustus 2018 dengan peserta berjumlah 264 delegasi.

AWMUN II diselenggarakan di Thailand, Bangkok pada 31 Januari hingga 02 Februari 2019 dengan jumlah 1484 delegasi.

AWMUN III diselenggarakan di Bali-Indonesia 13-16 November 2019 dengan jumlah delegasi 1274 delegasi. AWMUN III juga diikuti oleh salah satu siswa MAN 2 Mataram: M. Andrianuddin.

AWMUN V diselenggarakan di Bangkok, Thailand dengan jumlah delegasi sebanyak 227 delegasi yang diselenggarakan pada 27-30 Mei 2023.

Dan even AWMUN VI kembali diselenggarakan di Thailand yang diikuti oleh 5 siswa MAN 2 Mataram hari ini.


MAN 2 Mataram sendiri sejak 2018 selalu berhasil mengirimkan delegasinya ke Qatar, Turki, Belanda, Malaysia, Thailand, dan Indonesia di ajang serupa.

Seperti MUN (Model United Nation) AYIMUN (Asia Youth International Model United Nation) dan EMUN (Europe Model United Nation).

Untuk diketahui, bahwa 5 siswa MAN 2 Mataram ini merupakan satu-satunya madrasah dari Indonesia dan juga ratusan negara lainnya.

AWMUN merupakan ajang untuk Simulasi Sidang PBB dengan seluruh peserta melakukan hal yang sama persis seperti sidang PBB yang sesungguhnya.


Penyelenggara AWMUN di setiap negara, merupakan negara terpilih dan ditunjuk langsung oleh Lembaga PBB secara resmi.

Di ajang AWMUN seluruh peserta berdebat, berdiskusi dan mengeluarkan pendapat untuk mencari solusi terhadap persoalan dunia. 

Semua peserta AWMUN dituntut untuk bisa berpikir global tingkat tinggi. Tentu dengan modal bahasa Inggris level tinggi pula.

Ke-5 siswa MAN 2 Mataram dan seluruh peserta AWMUN VI sejumlah 350 delegasi ini akan mempersiapkan diri mulai dari Airport Assistance, Hotel Registration, Gala Dinner, Opening Ceremony, Committee Session, City Tour hingga Closing Ceremony nanti.

Semua peserta akan menunjukkan performance terbaik mereka, untuk mendapatkan predikat sebagai:

(1) The Best Speaker, (2) The Best Position Paper, (3) The Best Delegate, (4) The Best Verbal Commendation, (5) Honorable Mention dan (6) Most Outstanding Delegate.

Untuk diketahui bahwa AWMUN VI di Thailand Bangkok ini didukung dan akan dibuka secara resmi oleh UNICEF, ASEAN Forum, dan INTERPOL.

Selamat kepada ananda ber-5, semoga selalu sehat, semangat, kuat, dan menjadi peserta terbaik di antara semua delegasi serta selamat pulang ke tanah air.

Semoga menjadi anak madrasah yang mandiri, menginspirasi dan mendunia sesuai dengan jargon MAN 2 Mataram.***


Penulis : Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)

share:

Tinggalkan Komentar Anda