Telp : +62370633077

MANPK MAN 2 Mataram Gelar Tes Wawancara Secara Nasional: Santri Raih Beasiswa Full Tiga Tahun Penuh

Keterangan gambar : Pelaksanaan tes wawancara secara Nasional oleh MANPK MAN 2 Mataram (Humas MAN 2 Mataram)


Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MANPK MAN 2 Mataram jalur prestasi sudah diumumkan pada tanggal 18 Februari 2023 yang lalu.

Selanjutnya mulai hari ini 22-27 Februari 2023 tes wawancara untuk SNPDB MANPK MAN 2 Mataram jalur reguler.


Untuk tes CBT (Computer Based Test) akan dilaksanakan mulai tanggal 26-27 Februari 2023.

Sejumlah 327 kandidat calon santri yang akan memperebutkan 41 kursi tersisa pasca tujuh (7) orang telah ditetapkan lulus melalui jalur prestasi.


Tim penguji berasal dari dewan guru dan panitia SNPDB MANPK MAN 2 Mataram. Tim penguji adalah Dr Siti Rahmi MPd, Lalu Ahmad Fahruddin MPd, Helmi Basyuni SS MPdI, Mahnan SPdI dan Istiqomah SPd.

Adapun materi tes wawancara terdiri dari speaking dan reading untuk bahasa Arab, bahasa Inggris, ujian tentang pemahaman kitab kuning, imlak, tahfiz dan motivasi.


MAN Program Keagamaan (MAN-PK) adalah salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987.


Pada kurikulum keagamaannya padat dan ditekankan pada penguasaaan bahasa Arab dan Inggris.

Pada tahun ajaran 2023/2024, jumlah peserta Seleksi Nasional Peserta Didik Baru 2021 khusus MAN PK-MAN 2 Mataram diikuti oleh 327 peserta.


Dari data tersebut diketahui peminat siswa bersekolah di MANPK-MAN 2 Mataram mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 235 peserta menjadi 327 orang peserta.

Hal itu disampaikan oleh Muhrim MPdI, ketua panitia SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram Rabu (22/2/2023). “Minat siswa sekolah di madrasah terus meningkat," katanya.


"Pendaftar SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram tahun ini kembali naik. Total mencapai 327 pendaftar, naik dari tahun sebelumnya,” katanya.

SNPDB MANPK MAN 2 Mataram merupakan seleksi penerimaan peserta didik baru secara Nasional. MANPK merupakan program Kementerian Agama Pusat.

Santri yang lulus diberikan beasiswa oleh Kementerian Agama RI selama tiga tahun penuh. Jumlah beasiswa yang diterima sejumlah 700 ribu/bulan setiap santri.


Beasiswa diterima selama tiga tahun penuh selama menjadi santri di MANPK.

Mereka juga belajar di kelas khusus dengan fasilitas mewah dan berasrama. Selain fokus kepada dua bahasa asing, santri MANPK juga mengikuti program turorial kitab kuning, tahfiz dan leadership


Kuota untuk tahun ini sama dengan tahun lalu, yaitu 24 putra dan 24 putri. Output dari MANPK MAN 2 Mataram menjadi ulama dan umara'.

Alumni MAN 2 Mataram sudah tersebar di lima benua. Saat ini, yang tengah menyelesaikan S1 di Universitas Al-Azhar Kairo sejumlah 32 orang.


Satu orang tengah menyelesaikan S2, dan 31 orang sedang menyelesaikan pendidikan sarjananya.

Alumni lainnya yang tengah belajar tersebar di Universitas Shakarya Turki, Universitas Yarmouk Yordania, Yaman, Maroko, dan sejumlah negara jazirah Arab lainnya.

Dengan seleksi yang lebih ketat tahun ini, diharapkan panitia menemukan calon santri yang benar-benar sesuai dengan kriteria.***


Penulis: Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram).

INFO LAINNYA:

FB: Humas MAN 2 Mataram

IG: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram

Email: humasman2 mataram@gmail.com

Website: man2mataram.net

share:

Tinggalkan Komentar Anda