Telp : +62370633077

KEREN! Hari SUMPAH PEMUDA MAN 2 Mataram terima rombongan STUDI TIRU dan EKSEKURSI dari SURABAYA dan KOTA BIMA!

MAN 2 Mataram merupakan salah satu madrasah unggulan di tanah air. Indikator dari madrasah unggulan itu, salah satunya adalah diluhat dari sisi input dan output lembaga.

Input MAN 2 Mataram berasal dari madrasah dan sekolah yang berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik.

Sedangkan output MAN 2 Mataram, alumninya banyak tersebar di lima Benua. Terbanyak tersebar di benua Asia dan Afrika atau negeri Jazirah Arab.

Ada juga alumni MAN 2 Mataram yang berada di Eropa seperti Jerman, Inggris Italia dan Polandia, sementara di Asia beberapa negara seperti Cina, Tiongkok, Taiwan, Malaysia dan ada juga Australia.

Alumni MAN 2 Mataram banyak yang diterima bekerja di lembaga oemerintah mauoun swasta dan jyga perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Demikian juga indikator sebagai madrasah unggulan terletak pada tenaga pendidik dan kependidikan yang berprestasi dan sebagian besar sudah menyelesaikan pendidikan S1, S2 bahkan S3.

Demikian juga sarana prasarana yang memadai serta nilai akreditasi lembaga nyaris sempurna, yakni sebesar 99,99 dengan kategori Unggul (A/Istimewa).

Tidak mengherankan jika semua fasilitas dan kelebihan yang dimiliki oleh MAN 2 Mataram, menyebabkan banyak lembaga atau madrasah yang melakukan kunjungan studi tiru dan studi eksekursi ke lembaga tersebut.

Dua lembaga yang berkunjung ke MAN 2 Mataram kemarin dan hari ini dalam rangka Studi Tiru dan Eksekursi ini adalah MAN Kota Surabaya dan SMPIT Insan Kamil Kota Bima.

Rombongan MAN Kota Surabaya disambut dan diterima oleh keluarga besar MAN 2 Mataram di ruang meeting. Rombongan diketuai oleh Kepala MAN Kota Surabaya, Bapak Fathurrahman, M.Pd.

Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, MPd. mengungkapkan jika di MAN 2 Mataram mengelola dua lembaga sekaligus, yakni MAN Reguler dan MANPK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan).

Jumlah rombongan belajar di MAN 2 Mataram sejumlah 42 rombel dengan jumlah siswa masing-masing 36 siswa. Dengan jurusan Agama, IPA dan IPS.

Kepala Madrasah juga mengurai jika MANPK MAN 2 Mataram merupakan salah satu MANPK unggulan dari 10 MANPK yang ada di Indonesia.

Sistem belajarnya boarding school atau berasrama dengan kurikulumnya seperti pondok pesantren. Output MANPK MAN 2 Mataram adalah mencetak ulama dan umara.

Itu sebabnya, sebagian besar alumninya banyak yang melanjutkan ke negara-negara Jazirah Arab.


Kepala Madrasah juga mengungkap jika MAN 2 Mataram telah dua kali mendapatkan dana SBSN yang diwujudkan dalam bentuk asrama, laboratorium dan aula pembelajaran terpadu.

Ditambahkan dengan Ruang Kepala, Ruang KTU, Ruang TU, Ruang Guru dan Ruang Wakil Kepada Madrasah.


Prinsip kerja yang dianut oleh MAN 2 Mataram adalah 4 mazhab kerja, yakni GPL (Gak Pake Lama), Buy 1 get 2, Clean and Clear dan Prinsip Kereta Api.

Lalu keempat mazhab itu diwujudkan dalam bentuk 4P, yaitu: Profil, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi.

Dengan menerapkan semua itu, MAN 2 Mataram berharap dapat mewujudkan jargonnya sebagai madrasah yang Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia.

Selanjutnya adalah pemaparan dari rombongan MAN Kota Surabaya, yang dikomandoi oleh Bapak Fathurrahman, M.Pd.

Untuk diketahui bahwa MAN Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur merupakan madrasah yang berstatus unggulan di wilayah Jawa Timur.

MAN Kota Surabaya menerapkan kurikulum SKS, yakni kurikulum yang mirip dengan sistem akselerasi (percepatan).

Secara umum, Sistem Kredit Semester adalah suatu sistem pendidikan di mana beban studi siswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit.

Sistem SKS biasanya digunakan di jenjang Perguruan Tinggi, namun sistem ini juga bisa digunakan oleh pendidikan pada level menengah yakni di Madrasah Aliyah maupun SMA sederajat.

MAN Kota Surabaya juga menceritakan jika alumninya banyak diterima di perguruan tinggi negeri dan lembaga tersebut juga rajin mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri.

Dengan pimpinan yang energik dan berpikiran ke depan, MAN Kota Surabaya terus membuktikan jati dirinya sebagai madrasah yang layak diperhitungkan.

Selanjutnya adalah rombongan dari SMPIT Insan Kamil Kota Bima. Dengan jumlah rombongan sebesar 50 orang yang terdiri dari 38 siswa dan 12 guru.

SMPIT Insan Kamil Kota Bima menasbihkan diri sebagai sekolah siber dan juga boarding school. Sekolah yang mengintegrasikan teknologi dan juga ilmu agama.


Semua siswanya tinggal di asrama dan mereka diwajibkan untuk menghapal Al-Qur'an minimal 5 juz hingga tamat.

Menurut ketua rombongan sekaligus Kepala Madrasah, Ustaz Yus, bahwa SMPIT Insan Kamil Kota Bima baru dua kali menamatkan siswanya.

Namun, sekitar 95 persen tamatannya berhasil diterima di madrasah maupun sekolah unggulan termasuk di MANPK MAN 2 Mataram.

Kurikulum yang digunakan di SMPIT Insan Kamil Kota Mataram seperti Kurikulum di madrasah reguler dan juga semi pondok pesantren.

Tujuan studi tiru dan eksekursi Kedua lembaga, baik MAN Kota Surabaya maupun SMPIT Insan Kamil Kota Bima sesungguhnya adalah ingin mencontoh tentang pengelolaan asrama dan juga hal lainnya dari MAN 2 Mataram.

Kemudian kedua rombongan diajak berkeliling ke semua lingkungan madrasah. Mulai dari ruang Kepala, Waka, TU, Emis, laboratorium keagamaan, asrama dan lainnya.


Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS, MPd., berjanji untuk melakukan kunjungan balasan dalam waktu dekat.

sKunjungan balasan tersebut sekaligus untuk menandatangani MoU atau kerjasama terkait dalam bidang pendidikan, pengabdian maupun bidang lainnya.***


Penulis : Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)

share:

Tinggalkan Komentar Anda