Telp : +62370633077

JOSS ! ABIYU SISWA MANDA LOLOS KSN TINGKAT NASIONAL

Gambar : Abiyu mengerjakan soal-soal olimpiade KSN dan KSM 

HUMASMAN2MATARAM – Satu lagi bibit unggul MAN 2 Mataram yang berjaya di tingkat Nasional. Namanya M. Abiyyu Hafiansyah. Abi panggilan keren teman-teman sePantarannya untuknya. Abi merupakan satu-satunya perwakilan madrasah di Nusa tenggara Barat yang berhasil melaju ke tingkat Nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), setelah sebelumnya Ia berhasil meraih juara I di tingkat Provinsi. KSN merupakan gawe besar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun. 

Proses seleksinya sama ketat dengan yang diselenggarakan oleh Kemenag RI, namun KSN sampai tingkat Internasional. Pada KSM sejumlah enam mata pelajaran yang dilombakan, sedangkan pada KSN ada Sembilan (9) mata pelajaran yang dilombakan, yakni: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Astronomi dan TIK. KSN diadakan dengan maksud untuk menghantarkan siswa-siswa Indonesia mampu menguasai teknologi dan Sains (ilmu pengetahuan) dengan baik. Juga agar terjadinya pemerataan pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia. Adanya kompetisi ini sebagai strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

Oleh karena itu, melalui KSN yang diseleksi secara berjenjang ini diharapkan dapat terbentuk ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang Teknologi dan Sains. Spesialis Abi adalah Olimpiade Fisika. Tak berbilang sudah torehan prestasi yang pernah diraihnya. Semisal baru-baru ini, Abi berhasil meraih juara I pada ajang Olimpiade Magna Medical Science and Olympiad (MEDSCO) 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahunan dari acara Magna Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. 

Even ini diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan Ilmu Kedokteran dan Kompetisi berbasis Sains, juga untuk menunjukkan kemampuan dan minat siswa dalam bidang tersebut. "Abi sangat aktif ujar bu Meci Karimah Kasipahu selaku Pembina Olimpiade Fisika. Hampir setiap lomba dia ikuti. Rangkaian even itu praktis menempa Abi memiliki banyak pengalaman dan meraih banyak prestasi. Apalagi Abi merupakan pribadi yang senang mempelajari hal-hal baru. Beberapa prestasi yang pernah ia raih, yakni: (1) Medali perunggu ASO (Advanced Science Olympiad) 28 Juni 2020, (2) Medali perunggu MOC (Madrasah Olympiad Contest) 21 Februari 2021, (3) Medali perunggu MSC (Mango Science Competition) 12 Maret 2021, (4) Juara 1 (medali emas) OSA (Olimpiade Sains Alfest) 23 Maret 2021, (5) Honorable mention (juara harapan) Kossmi (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) 27 Maret 2021 dan (6). Juara 1 KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 28 Agustus 2021. 

Bidang Fisika, tingkat kota. Abi nyaris melupakan even-even yang menghantarkannya menjadi juara. Karena terlalu sering mendapatkannya, maka Abi harus bertanya kembali kepada orang tuanya. Putra sulung pasangan Mohammad Suriansyah dan Siti Hafiani ini memang sangat menyukai bidang Fisika sejak ia duduk di bangku Tsanawiyah. Semangat Abi ini terlihat dari jarang absennya ia di even-even yang diselenggarakan berbagai lembaga dan perguruan tinggi. Semua torehan prestasi yang diraihnya tak luput dari peran besar dan strategis dari kedua orang tua dan pembinanya. 

Motivasi dan dukungan kedua orang tuanya senantiasa ia peroleh, demikian juga dengan Pembina dan Pelatihnya. Hal ini gayut dengan apa yang disampaikan oleh salah satu pelatihnya yakni ibu Febrina Rahayu, "Materi KSN tergolong materi yang sulit dan membutuhkan waktu untuk dipelajari. Persiapan tidak cukup jika hanya dimulai saat mendekati hari kompetisi," jelasnya. Lebih lanjut ibu Febri menjabarkan bahwa selama ini, baik Abiyu maupun pihak madrasah telah membuat berbagai jadwal pembinaan agar Abiyu dapat meraih nilai terbaik ketika ajang KSN digelar. Keterwakilan Abi dalam ajang KSN dari Madrasah membuktikan bahwa anak madrasah sudah bisa disejajarkan dengan siswa dari sekolah-sekolah umum bonafid di tanah air. 

Anak madrasah saat ini penuh semangat dan dedikasi yang tinggi untuk berprestasi. Tentu harapan dan do’a-do’a baik dari orang tua dan keluarga besar MAN 2 Mataram disematkan untuk siswa berbakat dan hebat ini. Mudah-mudahan Abi mampu mempersembahkan yang terbaik untuk oang tua, madrasah dan daerah NTB pada umumnya. Tetap semangat Abi. SEMOGA JUARA! 


Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati 


Editor: Siti Rahmi 


**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda