Telp : +62370633077

GEMAS, EVENT REKREATIF BERKELAS

ORSIMA MAN 2 Mataram- Proudly Presents Gelaran Manda Akhir Semester (GEMAS).

Gambar. Pembukaan GEMAS oleh Bapak Kepala MAN 2 Mataram

Tepatnya Sabtu, 10 Juni 2023 gelaran event GEMAS dibuka oleh Drs. H. Lalu Syauki MS,M.Pd. selaku kepala madrasah. Pembukaan GEMAS oleh Bapak kepala menjadi spirit awal untuk menumbuhkan semangat sportivitas dan kreativitas. GEMAS tahun 2023 ini dimeriahkan dengan sajian berbagai lomba yakni makan kerupuk, futsal, e-sport, manda cooking class dan gebyar seni. Event ini telah berlangsung sejak tanggal 10 s.d. 22 Juni 2023.


Gambar. Kegiatan GEMAS MANDA 2023

Pembukaan GEMAS kali ini diiringi oleh aktivitas senam guru dan siswa. Lalu dilanjutkan dengan pertandingan futsal dan makan kerupuk antarkelas. Pada lomba makan kerupuk ini Ananda Yasmin Aulia Dzakirah dari kelas X-7 sebagai juara pertama, Ananda Gladis Diani dari kelas X-8 sebagai juara kedua, dan ananda Yunita Indar Anjani dari kelas X-2 sebagai juara ketiga.

Adapun Futsal dimulai pada 10 s.d. 21 Juni 2023. Babak penyisihan Lomba futsal dilaksankan pada Selasa, 13 Juni 2023 yakni antara kelas X-8 vs kelas XI IPS 1, X-7 vs XI IPA 1, XI IPA 2 vs XI IPA8, X MAN Pk vs X-3. Juara 1 pada lomba lomba Futsal diraih oleh kelas X-7, kelas XI MIPA 6 sebagai juara 2 serta kelas XI IPS 3 sebagai juara 3. Semetara TOP Score diraih oleh ananda Muhammad Rois perwakilan kelas X-7, Best Supporter dari kelas X-4 dan Best Player dari kelas XI IPA 6 yakni ananda M. Izian Rafansyah.

Pada hari yang sama pelaksanaan lomba E-sport Mobile Legend (ML) pun tak kalah seru dilakoni para peserta. Juara pertama pada lomba ini diraih oleh kelas XI IPS 1, juara kedua diraih oleh kelas X-6, dan juara ketiga diraih oleh kelas X-10. Sementara pada Kamis, 15 Juni 2023 dilanjutkan dengan lomba cooking class.

Lomba manda cooking class diikuti oleh tiga perwakilan siswi pada masing-masing kelas. Lomba cooking class kali ini mengolah dessert berbahan dasar jagung, ketan, ubi, dan pisang. Antusias para perwakilan tim dalam menghasilkan dessert yang kreatif dan lezat cukup tinggi. Ada yang menyajikan dessert pisang berenang, bubur candil ubi, brownis ubi, churros ubi ungu, dll. Hal ini membuktikan bahwa MAN 2 Mataram tidak hanya unggul dalam menstimulus akademik siswa melainkan unggul pula dalam melatih skill. Salah satunya melalui sajian dessert yang unik dan menarik. Selanjutnya, Dewan juri yang ditunjuk pada lomba ini ialah Ibu Hj. Purwaningsih,SH.,MH, Ibu Fina Karismayanti, S.Pd., dan Ibu Husna Tuhura,S.Pd. Dessert dari kelas X-3 berhasil menarik perhatian juri dan meraih juara satu, disusul oleh kelas X-5 sebagai juara kedua, dan XI IPA 3 sebagai juara ketiga.

Adapun hal yang tak kalah menarik pada Lomba cooking class ini ialah iringan persembahan gebyar seni dalam bentuk musikalisasi puisi dan penampilan musik dari grup band MAN 2 Mataram. Gebyar seni ini menambah riuh dan semaraknya suasana GEMAS Manda 2023.

GEMAS ini sebenarnya event yang selalu dilakukan setiap akhir semester. Namun, ada yang menarik pada gelaran kali ini. Hal menarik sebagaimana dikuatkan oleh pendapat Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Lalu Syauki MS.,M.Pd. terkait tema yang diusung menunjukkan kesetaraan gender. Kesetaraan gender dikemas dengan memberikan peluang yang sama bagi seluruh civitas akademika MANDA baik pria maupun wanita dalam mengikuti event lomba yang telah disiapkan oleh panitia. Futsal untuk siswa dan cooking class untuk siswi.

Adapun tim panitia GEMAS tahun ini yakni H. Lalu Syauki MS., M.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan dan diketuai oleh Muh. Helmi Basyuni, Lalu Mahfuzan Indrakusuma selaku sekretaris dan para anggota yakni Nurizal Choirian, Mariani, Istiqomah, Wahyu Aprizal, dan Zamroni.

Tim panitia telah mempersiapkan dengan baik pelaksanaan event GEMAS 2023 ini. Harapannya tentu agar berjalan sesuai rancangan konsep. Sisi lain yang perlu disorot yakni koordinasi dan kekompakan antaranggota tim. Hal ini menjadi kunci utama kelancaran dan kesuksesan sebuah event lomba.

Penutupan GEMAS 2023 dilaksanakan Sabtu, 24 Juni 2023 sebelum penerimaan raport. Kegiatan ini ditutup oleh Bapak kepala madrasah, Drs. H.Lalu Syauki MS.,M.Pd.

Gambar. Pembagian Hadiah Pemenang GEMAS

“Saya bangga atas kelancaran dan kesuksesan kegiatan Gemas ini. Kegiatan GEMAS tahun ini menjadi ajang rekreatif yang berkelas. Gemas bisa menjadi sarana untuk me-refresh pikiran siswa setelah menjalani Penilaian Akhir Tahun (PAT). Semoga event semacam ini tetap konsisten diselenggarakan untuk mengasah skill, kreativitas, bakat, dan minat siswa. Mereka bisa berlomba dengan bahagia sambil berkarya”. Ujar Kepala Madrasah yang penuh dedikasi dan prestasi ini.

Ketua Panitia event GEMAS ini, Mangku Dicky pun berterima kasih atas kelancaran dan dukungan ORSIMA , panitia, dan peserta. “ Terima kasih atas semangat dan kontribusinya kawan-kawan, semoga kita dapat terus memupuk dan menjaga semangat kita untuk melakukan hal-hal positif”, ujarnya pada penutupan Sabtu lalu.

Ada yang berbeda pada penutupan GEMAS kali ini, selain mengumumkan para juara pada berbagai mata lomba, diumumkan pula juara umum akademik dengan nilai tertinggi para siswa berprestasi pada masing-masing jenjang kelas.

Selamat untuk anak-anak hebat dengan segala bentuk prestasinya. Teruslah berkarya dan berjaya.


Penulis: Verweny Rochcy Maryati

Editor: Siti Rahmi

share:

Tinggalkan Komentar Anda