Telp : +62370633077

GEBYAR PEMBUKAAN MATSAMA Siswa Baru bersama Kapolda NTB dan Kakanwil Kemenag NTB dipusatkan di MAN 2 Mataram

Foto: Kegiatan Pembukaan MATSAMA TP 2023/2024 siswa baru di lingkup Kemenag Kota Mataram dibuka secara resmi oleh Kapolda NTB dan Kakanwil Kemenag NTB (Humas MAN 2 Mataram )


MATARAM - Masa Ta'arruf Siswa Madrasah atau MATSAMA TP 2023/2024 untuk seluruh madrasah di Kota Mataram dimulai hari ini. Adapun kegiatan pembukaan MATSAMA TP 2023/2024 untuk siswa baru di lingkup Kementerian Agama Kota Mataram dipusatkan di MAN 2 Mataram. Bentuk Kegiatan Pembukaan MATSAMA TP 2022/2023 di MAN 2 Mataram dilakukan dalam bentuk Apel Siaga.

Untuk diketahui bahwa Kegiatan MATSAMA TP 2023/2024 diikuti oleh siswa baru dari MAN 1 Mataram, MAN 2 Mataram dan MAN 3 Mataram. Pembukaan kegiatan MATSAMA TP 2023/2024 ini dibuka secara resmi oleh Kapolda NTB, Irjen. Polisi Drs.Djoko Poerwanto didampingi Kakanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, SHI, MH. 

Turut menghadiri kegiatan Pembukaan MATSAMA TP 2023/2024 Kota Mataram yang dipusatkan di MAN 2 Mataram ini oleh jajaran Pejabat Eselon III di lingkup Kementerian Agama NTB dan Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram. Tamu lainnya adalah semua Kepala Madrasah di lingkup Kemenag Kota Mataram mulai dari jenjang MI, MTs dan MA dan turut diramaikan oleh Ketua KPU NTB dan Ketua Bawaslu NTB.

Kegiatan dimulai dari sambutan Kakanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, SHI, MH. Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag NTB mengungkapkan jika kegiatan MATSAMA di NTB baru pertama kali dalam sejarah dihadiri dan dibuka oleh Kapolda NTB. "Sebagai anak madrasah, kalian harus bangga karena saat ini madrasah bisa disejajarkan dengan sekolah umum hebat lainnya", ujarnya.

Siswa madrasah saat ini bisa menjadi siapa saja bisa menjadi apa saja. Beliau pun tak lupa menyitir salah satu dalil  Hadits yang artinya: 

"Barang siapa yang menginginkan dunia, hendaklah dengan ilmu. Barang siapa yang menginginkan akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya juga hendaknya dengan ilmu.

Karenanya, sekali lagi kalian harus bangga menjadi siswa madrasah, tegasnya. Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan tentang pentingnya Moderasi beragama, yang titik fokusnya pada toleransi beragama dan adanya rasa saling menghormati antar agama dan sesama.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi Kegiatan MATSAMA TP. 2023/2024 oleh Bapak Kapolda NTB, didampingi Kakanwil Kemenag NTB.  Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis perwakilan siswa baru dari MAN 1 Mataram, MAN 2 Mataram dan MAN 3 Mataram, sejumlah enam orang.


Lalu pemukulan gong dan pelepasan merpati bersama Kapolda NTB, Kakanwil NTB, Ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu NTB dan Kepala MAN 2 Mataram. Pelepasan merpati sebagai simbol bahwa siswa madrasah harus bisa terbang setinggi-tingginya dalam menggapai cita-cita.Siswa madrasah juga harus setia kepada almamaternya, seperti lambang kesetiaan yang disimbolkan oleh merpati. Merpati yang tidak pernah ingkar janji.

Pelepasan merpati melambangkan kebebasan siswa madrasah dalam berkreasi, berinovasi dengan senang hati. Barulah kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pembinaan Wawasan Kebangsaan oleh Kapolda NTB.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB, Irjen. Polisi Drs. Djoko Poerwanto menyampaikan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan.

Siswa madrasah harus menanamkan rasa cinta tanah air dan juga kepada almamater dan daerah tercinta. Oleh karenanya, beliau berpesan kepada siswa baru untuk mewujudkan cita-cita NTB menjadi provinsi yang gemilang.

Dalam sambutannya,  Bapak Kapolda NTB menitip pesan kepada siswa madrasah yang baru, untuk melakukan lima (5) hal, yaitu:

1. Bertaqwa kepada Allah swt.

2. Berbakti kepada kedua orang tua.

3. Berbakti kepada semua guru.

4. Setia kepada almamater.

5. Harus mencintai sesama.


Selain kelima hal itu, Bapak Kapolda NTB juga menekankan Moderasi Agama sebagaimana ruh Kementerian Agama yang digaungkan saat ini.

hal yang paling utama yang disampaikan oleh Bapak Kapolda NTB sesungguhnya adalah hendaknya siswa madrasah memiliki tingkat literasi yang baik. Entah itu literasi membaca, menulis dan literasi lainnya. 

Bapak Kapolda NTB juga menyetir surat Al-'Alaq yang memerintahkan Nabi Muhammad untuk membaca: iqra': bacalah.

Jelas sekali dalam Al-Qur'an bahwa perintah untuk menjadi orang yang literat sudah diperintahkan sejak dahulu.

Pembinaan yang disampaikan oleh Kapolda NTB diawali dengan pertanyaan yang dijawab oleh peserta MATSAMA dan salah satu guru dari MAN 1 Mataram.

Kapolda NTB mengaku jika tidak asing dengan madrasah dan dunia pendidikan,  karena istri dari Kapolda merupakan guru yang juga mengajar di madrasah.

Kapolda NTB menyatakan bahwa saat ini banyak sekali siswa madrasah yang sudah bergabung menjadi keluarga besar di Polda NTB.

Pak Djoko menyampaikan bahwa sampai saat ini, kesan terhadap lulusan madrasah yang menjadi anggota Polri sangat baik dan positif, karenanya beliau berpesan kepada siswa baru untuk senantiasa fokus belajar dan menjadi sukses nantinya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa plakat MAN 2 Mataram dan buku-buku terbitan guru dan siswa MAN 2 Mataram melalui wadah Gerakan Literasi Madrasah (GLM).

Ada empat jenis buku yang diserahkan yaitu: (1) MAN 2 Mataram Mendunia, (2) Profil MAN 2 Mataram, (3) Jejak KIR dalam goresan dan (4) Kumpulan Puisi: Ketika Hati Berbicara.

Dalam kesempatan itu juga cinderamata diserahkan berupaya plakat dari Kapolda NTB kepada Kepala MAN 2 Mataram.

Sesi ditutup dengan ramah tamah Kapolda NTB dan Kakanwil Kemenag NTB bersama peserta Apel Siaga, dan berfoto bersama dengan siswa baru dan juga guru.*** 

share:

Tinggalkan Komentar Anda