Telp : +62370633077

GASS POOL ! SISWA MAN 2 MATARAM KEMBALI MEMBORONG JUARA DI BERBAGAI LOMBA

Gambar. Kolase Kegiatan Lomba, Debat Bahasa Inggris, Lagapraja PMR hingga Kompetisi Akuntasi

MATARAM – Siswa MAN 2 Mataram kembali memborong juara di berbagai ajang perlombaan, diantaranya lomba High School Accunting Competition (HIAC), lomba debat Bahasa inggris SKETSA dan lomba Lagapraja KSR PMI Unit Undikmas Se-Pulau Lombok. HIAC (High School Accounting Competition) merupakan ajang kompetensi akunting yang dilaksanakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Ditahun-tahun sebelumnya, lomba sejenis dilaksanakan secara daring dengan peserta mahasiswa Akuntasi, sedangkan di tahun ini lomba kompetensi akunting Volume I dilaksanakan untuk peserta SMA/MA/SMK sederajat Se-Pulau Lombok. Kegiatan lomba HIAC dilaksanakan sehari dan terbagi menjadi dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan dengan menjawab soal pilihan ganda sebanyak 120 soal dan 5 soal uraian dalam waktu 120 menit pertim. Mewakili siswa MAN 2 Mataram yakni Irna Salsabila, Hafizhah Yustia Ayu, dan Violia Rahmi Sabrina sebagai satu tim.

Berdasarkan hasil babak penyisihan, MAN 2 Mataram terpilih sebagai 5 besar untuk selanjutnya melaju dalam babak final dalam bentuk lomba cerdas cermat 3 babak. MAN 2 Mataram bersaing dengan empat sekolah lainnya yakni SMAN 2 Mataram, SMAN 3 Mataram, MAN 1 LOTIM, dan SMKN 1 Mataram. Berdasarkan hasil lomba cerdas cermat, MAN 2 Mataram harus puas diposisi empat sebagai juara harapan satu, dengan juara berturut-turut 1,2,3,4 dan 5 yakni SMKN 1 Mataram, MAN 1 Lotim, SMAN 2 Mataram, MAN 2 Mataram dan SMAN 3 Mataram.

Gambar. Tim Olimpiade Ekonomi bersama Pembina, Try Rahman Adisurya, S.E. dalam ajang lomba HIAC, 22 Mei 2022.


Selain lomba kompetensi akuntasi, siswa-siswi MAN 2 Mataram pun berhasil meraih juara dalam ajang SKETSA English Debate Competition 2022 sebagai 3 second runner up dan memeroleh medali perunggu sebagai 6th dan 5th best speaker serta medali perak sebagai 2nd. BEST SPEAKER. Berikut ini nama siswa yang berhasil meraih juara dalam lomba SKETSA, mata lomba Debat Bahasa Ingris tahun 2022.

Gambar. Peserta MEC (Manda English Club) dan Pengumuman SKETSA English Debate Competition 2022

JUARA 3 - SECOND RUNNER-UP SKETSA ENGLISH DEBATE COMPETITION 2022 yakni : Ilmana Chiyarona Akrom (X MIPA 4), Iqbal Firdausi (XI MIPA 5), dan M. Panji Hifzurrahman (X MIPA 2). Medali perak berhasil diraih oleh Ilmana Chiyarona Akrom sebagai 2nd. BEST SPEAKER, sedangkan medali perunggu berhasil diraih M. Panji Hifzurrahman sebagai 5th. BEST SPEAKER serta Iqbal Firdausi sebagai 6th. BEST SPEAKER. Ajang lomba SKETSA yang dilaksanakan oleh SMA 1 Mataram sebagai ajang lomba tahunan, diketahui bahwa MAN 2 Mataram rutin mengikuti ajang debat tersebut dan selalu meraih juara disetiap tahunnya.

Ajang lomba lainnya yang diikuti oleh siswa-siswi MAN 2 Mataram dan berhasil menyabet juara umum adalah Lagapraja KSR PMI Unit Undikmas untuk peserta SMA/MA/SMK yang dilaksanakan oleh KSR PMI unit UNDIKMA (Universitas Pendidikan Mandalika) tahun 2022. Dalam ajang lomba ini, terdapat 7 jenis macam lomba yang diikuti oleh siswa MAN 2 Mataram. Dan dari keseluruhan mata lomba, perwakilan siswa-siswi MAN 2 Mataram berhasil memenangkan lomba disetiap jenis lomba yang diadakan. Sehingga, tidak mengherankan MAN 2 Mataram berhasil meraih predikat Juara Umum. Berikut ini nama pemenang perwakilan siswa MAN 2 Mataram dari berbagai jenis mata lomba Lagapraja KSR PMI unit UNDIKMA Tahun 2022.

Lomba Pertolongan Pertama : Juara 2 (Resa Putri Fibriyanti Subiyanto, Endang Raswatun, Minaswati Aini, Naela Azkia, Dan Nazla), Juara 3 (Vica Auliya S., Yuyu Tri Suharyani, Nabila Mardiana, Muayyad Billah Ali R., Atalia Purnama Putri)

Lomba Perawatan Keluarga : Juara 1 ( Sonya Dwi Pramesuari Caroline, Hayyu Nurul Islam, Rosidatu Nida), Juara 3 (Hawa Shaina Mailazardy, Winny Anindya Nadi, Dan Zinur'ain Khalifatus)

Lomba Tenda Darurat : Juara 3 (Dwi Fadhilah, Nadya Fahisa Yuwana, Muhammad Haikal, Dan Muhammad Iqbal)

Lomba Tandu Darurat : Juara 3 (Muhammad Ghasan Putra Dan Langgeng Pamungkas Ramadan)

Lomba Pengurangan Risiko Bencana : Juara 2 (Resa Putri Fibriyanti S., Gefira Hanifatuzzuhroh, Zaranggi Arifin)

Lomba Rangking 1 : Juara 1 Misnawati Aini, Juara 2 - Nazla Fatia, Juara 3 - Atalia

Seperti ungkapan, “Usaha tidak mengkhiainati hasil”, begitulah yang diungkapnya Pembina PMR dan UKS, guru kimia berwajah manis Erna Rofiqa,S.Pd., bersama pelatih Guruh Rizky Firdaus berhasil membawa siswa-siswa ekstrakulikuler PMR menjadi juara umum lomba Lagapraja UNDIKMA 2022. Sebelum pelaksanaan lomba, tim terpilih PMR MAN 2 Mataram belatih selama kurang lebih 3 minggu. 2 minggu dibulan Ramadhan, dengan intensitas latihan 3 kali seminggu dan berlanjut seminggu setelah lebaran dengan intensitas latihan setiap hari.

Gambar. Deretan Piala pemenang lomba Lagapraga KSR PMI Unit UNDIKMA 2022 (kiri), peserta lomba berfoto dengan pembina, Erna Rofiqa, S.Pd. (kanan).

Lomba Lagapraja UNDIKMA sendiri dilaksanakan di Jakamandala selama 4 hari 3 malam yakni 19-22 Mei 2022, sehingga setiap peserta diwajibkan menginap. Sebelum keberangkatan, rombongan siswa MAN 2 Mataram didampingi oleh Wakasis MAN 2 Mataram, Meci Karimah Kasipahu, S.Pd dan M. Helmi Basyuni, M.Pd.I melaksanakan doa bersama.

“Ketika latihan, banyak siswa anggota PMR Manda yang mengeluh dan merasa capek, apalagi dalam kondisi berpuasa. Namun, setelah komunikasikan dengan Pelatih, siswa Kembali bersemangat mengikuti latihan. Belum lagi Ketika pelaksanaan lomba, tenda basah dikarenakan hujan lebat yang menguyur Kota Mataram, hal ini membuat anak-anak menjadi kurang bersemangat. Namun, kejadian tersebut dapat ditanggulangi dengan mendatangkan senior-senior PMR untuk menyemangati serta membawakan makanan sebagai penyemangat. Alhamdulillah, setelah berakhirnya lomba anggota PMR Manda merasa semakin dekat dan kompak, terlebih ketika lomba berlangsung terdapat rutinitas yang tetap dijaga yakni sholat magrib dan mengaji bersama dalam tenda” terang Erna Rofiqa, S.Pd. sebagai Pembina PMR.

Kepala MAN 2 Mataram, Lalu Syauki MS, M.Pd, menyatakan "Alhamdulillah dan terima kasih telah membuat prestasi gemilang dan semoga ini menjadikan semangat kedepan untuk terus menjadi lebih baik," paparnya. Dengan hasil tersebut, pihaknya berharap untuk tidak berpuas diri namun tetaplah rendah hati terus belajar karena kedepan ilmu selalu berkembang seiring perkembangan zaman.


Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

 Editor: Siti Rahmi

 **INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda