Telp : +62370633077

EUFORIA HARI PAHLAWAN DI MAN 2 MATARAM

HUMASMAN2MATARAM- Euphoria menyambut Hari Pahlawan di MAN 2 Mataram begitu terasa. Ini bisa dilihat dengan semangatnya para petugas menyiapkan even tahunan ini. Meski hujan lebat mengguyur, namun para panitia tetap semangat latihan, dengan harapan pada saat pelaksanaan cuaca bisa bersahabat. Menjelang upacara memperingati Hari Pahlawan, semua petugas sudah berada di posisi masing-masing. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Lalu Syauki MS, M.Pd selaku Kepala Madrasah.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan Bapak Kepala Madrasah terdapat poin pengingat kepada seluruh rakyat Indonesia tentang perjuangan para pahlawan. “Setiap hari Pahlawan datang, kita selalu diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah, melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.”

Lebih lanjut, dalam amanat itu juga Pembina mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sesuai dengan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia tepat pada pukul 08.15. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan NKRI. Mengheningkan cipta juga dilakukan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan waktu setempat.


Adapun tema dalam upacara hari pahlawan tahun ini adalah “Pahlawanku Inspirasiku”, yang bermakna tekad dan semangat serta keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua unsur masyarakat dalam mengemban misi bersejarah ’mengalahkan’ musuh bersama yang sesungguhnya, yakni ‘kemiskinan dan kebodohan’ dalam arti luas.

Bangsa kita adalah bangsa yang besar. Ini bermakna bahwa baangsa kita memiliki peluang dan potensi yang besar juga dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan. Apalagi Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah serta letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar terletak pada kerja keras dan kerja cerdas yang berkelanjutan. Tentu saja dengan didukung oleh inovasi dan kreativitas serta semangat enterpreuneur (kewirausahaan) yang tinggi dari masyarakatnya. Jika jiwa kewirausahaan setiap orang tumbuh subur, lambat laun rakyat Indonesia bisa menjadi tuan di negeri sendiri.

Banyak cara untuk menjadi pahlawan masa kini. Siapapun bisa menyandang gelar tersebut. Kegiatan seorang pahlawan masa kini bisa ditilik dalam bentuk aksi-aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, memiliki rasa empati dan simpati serta menghargai dan menghormati hak-hak orang lain. Upacara Hari Pahlawan dilaksanakan di lapangan tengah. Dihadiri oleh guru, tenaga kependidikan, serta seluruh siswa MAN 2 Mataram. Meski mendung menggelayut, upacara berlangsung tertib, aman dan lancar.

Semoga kita semua tetap menjadikan semangat dan jasa-jasa pahlawan untuk berbuat yang lebih baik bagi bangsa tercinta. Berkontribusi untuk negeri sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing, terhindar dari rasa malas, semangat dalam meredam hawa nafsu yang tidak baik serta mawas diri dan introspeksi diri.

Teruntuk semua yang sedang berjuang mencari ilmu atau mencari pekerjaan, momen kali ini hendaknya menjadikan kita sadar bahwa kita harus menjadi semakin kuat, hebat dan bersemangat. Begitu banyak anak-anak Indonesia yang cerdas. Menguasai bidang akademik atau non akademik bahkan teknologi. Begitu banyak dari mereka yang memiliki talenta luar biasa. Mereka bisa melakukan apa saja, asal jangan ada kata menyerah.

Ayo, kobarkan semangat, tekad dan keyakinan bahwa kita bisa. Jadikanlah semangat para pahlawan sebagai inspirasi, dalam hidup dan karir. Pahlawanku Inspirasiku. SELAMAT HARI PAHLAWAN!!

Penulis : Rahayu Dwi rahmawati

Editor : Siti Rahmi

share:

Tinggalkan Komentar Anda