Telp : +62370633077

BORONG PIALA MAN 2 MATARAM JUARA UMUM

IMG-20210901-WA0059.jpg Gambar. Penyerahan hadiah dan penghargaan untuk Juara Umum KSM Tingkat Kota Tahun 2021 oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram beserta jajarannya setelah upacara memperingati HUT Kota Mataram ke-28.

Mataram- Untuk sekian kalinya, tak henti-hentinya MAN 2 Mataram menorehkan prestasi. Baik di bidang akademik maupun non akademik. Sepertinya prestasi menjadi tradisi madrasah. Prestasi hampir setiap hari diraih oleh siswa-siswi MAN 2 Mataram dalam berbagai even, mulai dari tingkat daerah, Nasional dan Internasional.

Kali ini gelar JUARA UMUM pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Mataram. Sebanyak enam siswa pada enam pelajaran diutus oleh TIM KSM Manda. Mata pelajaran yang dilombakan berupa: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, dan Ekonomi. Hasilnya, semua siswa menjadi juara dan dipastikan mereka melaju ke tingkat Provinsi.

Kemarin (31/08), usai upacara bendera memperingati HUT Kota Mataram ke-28 di Kantor Kemenag Kota Mataram dilakukan penyerahan penghargaan dan piala kepada juara KSM tingkat Kota Mataram. Mulai dari tingkat MI, MTs, dan MA, baik Negeri maupun Swasta. Pada KSM tahun ini, MAN 2 Mataram mengutus enam siswa dan semuanya menjadi juara di bidang lomba yang diikuti.

Adapun keenam siswa tersebut yakni: (1) Rizka Isnaeni, (2) M. Abiyyu H, (3) Rangga Cahya P, (4) M. Riawan, (5) Marlita Wulansari dan (6) Dita Syaharani. Rizka Isnaeni meraih Juara 1 (medali emas) pada mata pelajaran Kimia, M. Abiyyu H Juara 1 (medali Emas) pada mata pelajaran Fisika, Rangga Cahya P Juara 1 (medali emas) cabang Biologi, Marlita Wulansari Juara 1 (medali emas) bidang Ekonomi, Dita Syaharani Juara 1 (medali emas) bidang Geografi, dan M. Riawan Juara 2 (medali Perak) pada bidang Matematika.

Hal spesial pada gelaran KSM tahun ini, ada dua orang siswa yaitu Dita Syaharani dan M. Riawan, keduanya mengikuti dua even bersamaan pada saat mengikuti KSM. Dita Syaharani mengikuti Final Lomba Esai tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh OPSILON, dan M. Riawan mengikuti Kompetisi Robotik tingkat Nasional. Hasilnya, Ananda Dita memperoleh Medali Perunggu alias juara tiga pada lomba esai tersebut, sedangkan M. Riawan masih menunggu hasil pengumuman.

Kedua siswa itu memang memiliki beberapa talenta selain fokus pada Kompetisi Sains Madrasah. Mereka juga tidak menyangka jika lomba yang diikuti akan digelar pada waktu bersamaan. Beruntung kedua siswa tersebut bisa membagi waktu, meski mereka akui konsentrasi sempat terpecah.

Namun, berkat ketekunan dan keseriusan, akhirnya mereka tetap bisa memberikan kado spesial untuk madrasah. Ibarat ungkapan: sambil menyelam-tenggelam. Sudah terlanjur basah, ya sudah mandi sekalian. Sudah mantap memilih dua lomba, ya pasti harus dijalani.

Keenam siswa yang menjuarai KSM tingkat kota ini memang sudah langganan menjadi juara pada berbagai even, baik kompetisi sains yang diadakan oleh perguruan tinggi- perguruan tinggi bergengsi di Indonesia dan lembaga credible lainnya, maupun even-even nasional dan internasional yang tidak kalah spektakulernya, semisal desain poster, esai, vlog, fotographi, festival film pendek, dan lain-lain.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan even tahunan yang selalu dinanti oleh seluruh madrasah di Indonesia, dari jenjang MI sampai MA. Even ini diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM menjadi primadona bagi siswa-siswi Indonesia spesialis penyuka Kompetisi Sains dan Ilmu-ilmu Sosial (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi dan Geografi). KSM digagas Kemenag Pusat dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit unggul atau putra-putri terbaik Indonesia di bidang Sains dan ilmu-ilmu Sosial.

Rentetan prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MAN 2 Mataram ini sesungguhnya akan menjadi golden ticket bagi mereka untuk memasuki Perguruan Tinggi favorit yang menjadi tujuan mereka nanti. Proses KSM lumayan panjang dan ketat. Mulai dari tingkat madrasah, KKM (kelompok Kerja Madrasah), tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

KSM merupakan wadah untuk mengasah dan mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang sains serta melatih sportivitas tinggi dan jiwa besar dalam berkompetisi. Proses seleksi pun mengedepankan prinsip transparan, akuntabel dan terpercaya.

Jika KSM tingkat Kota Mataram terdapat enam siswa yang melaju ke tingkat provinsi, lain halnya dengan Kompetisi Sains Nasional (dulu namanya OSN) sejumlah 18 siswa yang berhasil ke tingkat Provinsi. KSN merupakan gawe besar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun.

Proses seleksinya sama ketat dengan yang diselenggarakan oleh Kemenag RI, namun KSN dilombakan sampai tingkat Internasional. Pada KSM sejumlah enam mata pelajaran yang dilombakan, sedangkan pada KSN ada Sembilan (9) mata pelajaran yang dilombakan, yakni: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Astronomi dan TIK.

KSN diadakan dengan maksud untuk menghantarkan siswa-siswa Indonesia mampu menguasai teknologi dan Sains (ilmu pengetahuan) dengan baik. Juga agar terjadinya pemerataan pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia. Adanya kompetisi ini sebagai strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, melalui KSN yang diseleksi secara berjenjang ini diharapkan dapat terbentuk ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang Teknologi dan Sains.

Capaian-capaian ini khususnya bagi TIM KSM MAN 2 Mataram merupakan anugerah luar biasa yang harus selalu disyukuri dengan tetap menjaga irama belajar dan pembinaan yang stabil. Tentu TIM yang solid memang merupakan fokus utama. Dan yang lebih utama lagi yakni kegiatan pembinaan dan persiapan harus lebih maksimal.

Kepala Madrasah sangat mengapresiasi capaian TIM KSM tahun ini. Tak henti-hentinya beliau menyatakan kesyukuran dan tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi Pembina, Pelatih dan siswa-siswi hebat, kuat dan bermartabat.

Sembari berharap TIM KSM Manda Berjaya di tingkat Provinsi dan Nasional. Beliau juga berdo’a untuk torehan prestasi yang bisa dipersembahkan oleh semua ekskul di madrasah. Dengan demikian jargon madrasah mandiri dan berprestasi menuju MAN 2 Mataram mendunia segera terwujud. SEMOGA!!!

[Siti Rahmi- Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda