Telp : +62370633077

BIMBINGAN KONSELING MAN 2 MATARAM TANCAP GASSS!!

IMG-20210907-WA0097.jpg Gambar. Kegiatan silaturrahim siswa Kelas X MAN 2 Mataram bersama Tim BK/BP MAN 2 Mataram sesi 1 dan 2 di Gedung Aula Pembelajaran Terpadu dihadiri oleh Kepala Madrasah dan Ketua Pokjawas kota Mataram.

Mataram- Imej atau stigma tentang guru BP atau BK yang galak, menyeramkan dan killer harus diubah. Siswa bahkan masyarakat mengangap segala hal yang bersinggungan dengan BP/BK selalu dikaitkan dengan siswa nakal dan bermasalah. Dulu, ketika siswa mendengar ada panggilan dari BP, mereka menjadi kecut, khawatir dan deg-degan.

Kenapa demikian? Karena BP tempo dulu selalu dibangun sebagai tempat hukuman bagi siswa dalam tanda kutip bermasalah. Jika BP mulai beraksi, ini menandakan bahwa akan ada perang dunia ketiga terjadi. Itu sebabnya siswa yang bermasalah tadi pasti akan mendadak meriang dan akan tercipta berbagai macam dalih dan alasan agar tidak dihukum. Tiba-tiba siswa berubah menjadi pribadi yang pintar mencari alasan dan mencoba berbagai cara agar terhindar dari hukuman tersebut.

Gambaran tentang BP/BK atau guru BP begitu menyeramkan bagi siswa. jadi tidaklah mengherankan jarang ada siswa yang mau bersentuhan atau berhubungan bahkan berkunjung ke ruang BP. Alasannya, ngeri-ngeri sedap. Padahal sesungguhnya Bimbingan Konseling itu sendiri merupakan sebuah layanan untuk membantu siswa dalam menghadapi persoalan-persoalan yang mereka alami dan rasakan.

Bimbingan konseling di suatu lembaga pendidikan sangat dibutuhkan untuk mengatasi persoalan-persoalan di madrasah dan lingkungannya. BK/BP berfungsi untuk membimbing siswa pada pendidikan yang baik dan bertanggungjawab.

Bimbingan konseling sesungguhnya sebuah layanan yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami diri, menerima diri dengan segala kekuatan dan kelemahannya, mengenalkan lingkungan, dan mengambil keputusan, serta memberi arahan terhadap perkembangan siswa.

BK bukan hanya untuk siswa yang bermasalah namun berlaku untuk seluruh siswa yang ada pada lembaga pendidikan tersebut. BK memiliki peran begitu penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Bimbingan ini pun dilakukan secara terus-menerus secara sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar siswa dapat berkembang sesuai dengan potensi dirinya, bisa mandiri, memahami diri, menerima diri, mengarahkan diri, dan perwujudan diri dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri yang juga optimal.

Bimbingan bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Guru yang terlibat di bimbingan konseling merupakan seorang konselor, psikolog yang sangat memahami tingkat perkembangan anak (dalam hal ini siswa). Karenanya, ketika siswa mengalami masalah, maka yang harus tampil di barisan terdepan adalah Bimbingan Konseling. Tentu, BK tidak bisa bekerja sendirian. Harus ada kerjasama yang solid dengan semua elemen yang ada di madrasah.

Dengan fenomena salah kaprah tentang BP/BK inilah maka Tim Bimbingan Konseling di MAN 2 Mataram mengadakan gebrakan dan terobosan. Salah satu terobosan itu yakni dengan melakukan pertemuan dengan siswa kelas X. Sebagai anggota baru, mereka perlu diberikan arahan dan pemahaman tentang fungsi dan peran dari Bimbingan Konseling yang ada di madrasah.

Menurut Koordinator BK/BP Bapak Drs. H. M. Asil, M.Pd.I bahwa Tim BK/BP ingin menjadikan ruang BK/BP sebagai tempat untuk silaturrahim dengan semua siswa dari semua kelas, terutama siswa baru. Agar tertanam dalam hati sanubari mereka, sesungguhnya BP/BK bukan hal yang harus ditakutkan dan dikhawatirkan.

Terobosan dari Tim BP/BK ini disimbolkan dengan program 5 M. Alasannya biar sama dengan Program 5 M protokol kesehatan dalam menanggulangi Covid-19. Dengan demikian, siswa menjadi semakin akrab ketika mendengar atau membaca semboyan ini. Program 5 M merupakan akronim dari: Menyelesaikan, Masalah, Musyawarah, Mudah, Mubarokah.

Program ini bermakna bahwa BK/BP tampil terdepan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi setiap siswa. Masalah hendaknya diselesaikan dengan cara musyawarah yang berterima sehingga memudahkan siswa dalam memahaminya. Dan berharap mudah-mudahan dengan cara seperti ini menjadi berkah serta bermanfaat bagi siswa.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diawali dengan sambutan dari Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, Kamad memberikan apresiasi kepada Tim BP/BK yang sudah menginisiasi kegiatan ini. Beliau juga memberikan ucapan selamat kepada siswa baru karena telah memilih MAN 2 Mataram sebagai tempat belajar.

Kamad berpesan, hendaknya siswa baru fokus dan serius dalam belajar. Siswa-siswi baru harus bangga menjadi bagian dari Keluarga Besar MAN 2 Mataram. Madrasah tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah umum yang diunggulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ini dibuktikan dengan ratusan prestasi yang sudah dipersembahkan oleh para senior kalian, tuturnya.

Sekali lagi banggalah menjadi siswa madrasah. Mata pelajaran apapun yang kalian cari di madrasah tersedia. Karena madrasah saat ini sudah banyak berubah dan unggul dari segala arah. Tidak setiap orang diberikan kesempatan untuk bisa bersekolah di lembaga tercinta ini.

Dengan fasilitas yang memadai, sistem belajar yang sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman didukung tim yang solid, madrasah terus berbenah dan melakukan berbagai inovasi untuk kemajuan bersama. Salah satu inovasi itu yakni apa yang dilakukan oleh Tim BP/BK hari ini, tegasnya.

Pada sesi 2 sambutan diberikan oleh ketua Pokjawas Kota Mataram, Bapak Drs. M. Zainuri, M.M.Pd. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa BP/BK itu tidak boleh dihindari, justru harus tetap didatangi, dalam rangka untuk mendiskusikan atau menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait dengan studi.

Lebih-lebih ketika akan mengambil jurusan di perguruan tinggi nanti. Masalah-masalah yang berhubungan dengan pelajaran, kondisi lingkungan madrasah, dengan teman sekelas dan lainnya boleh dirembugkan di ruang BP/BK. Sudah saatnya kesan terhadap guru BP/BK itu diubah, bahkan bila perlu dijadikan sebagai teman berdiskusi, tutupnya.

Silaturrahim dengan kelas X atau siswa baru ini akan dilakukan secara bertahap mulai hari ini sampai hari kamis (7-9 September) mendatang. Kegiatan tidak bisa dilakukan sekaligus, mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan 13 rombel disatukan dalam ruangan.

Kegiatan pada sesi 1 dimulai pukul. 08.00-10.00 dan sesi 2 dimulai pukul 10.00-12.00. Sebelum siswa kembali ke kelas masing-masing, Tim BK/BP membagikan formulir AUM (Alat Untuk Mendeteksi Masalah) yang harus diisi oleh semua siswa dengan kondisi yang sebenar-benarnya.Pengisian ini dengan dua opsi, yakni manual dan melalui link google form.

Formulir tersebut berisi 50 pertanyaan dengan dua opsi jawaban, yakni: ya atau tidak. Menurut ibu Roro Nana salah satu Tim dari BK/BP, formulir tersebut sangat dibutuhkan untuk mendeteksi permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa baru.

Persoalan-persoalan itu terutama dalam hal mengenal lingkungan madrasah dan teman-teman baru mereka. Pertanyaan dalam formulir juga terkait dengan gambaran peminatan, bakat, kemampuan maupun karir siswa ke depan, ungkapnya.

Tim BK/BP sendiri terdiri dari lima orang punggawa, yakni: Drs. HM. Asil, M.Pd.I selaku Koordinator, bu Kartini, M.Pd.I, Raden Roro Nana Hardiani, S.Pd., Lina Badriah, S.Pd. dan Alya Fitria Sandi, S.Psi.

Dengan semboyan 5 M ditambah dengan semboyan lama BP/BK adalah Sahabat Anak dan Sahabat Siswa, Tim BP/BK ber-khusnuzzom terobosan ini akan berhasil. Apalagi nanti akan dicampur dengan pendekatan sosial (social approach) dalam memberikan treatment kepada siswa, sehingga pada saatnya nanti BP/BK bisa melayani dengan hati.

Mudah-mudahan dengan adanya pencerahan ini, siswa menjadi terbantu dan tidak menganggap BP/BK sebagai sesuatu yang menakutkan. Warga madrasah juga berharap, selalu ada ide brilian dari Tim BP/BK ke depannya, sehingga siswa benar-benar terbantu dan peran dari bagian layanan ini benar-benar maksimal. Ayo BK/BP squads tancap gass!! [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda