Telp : +62370633077

BEASISWA MANPK MAN 2 MATARAM CAIR!!

BEASISWA MANPK MAN 2 MATARAM CAIR!!

IMG-20210930-WA0134.jpg Gambar. Kolase Kegiatan Hearing Wali Santri MANPK MAN 2 Mataram di Gedung Aula Pembelajaran Terpadu terkait proses pencairan beasiswa santri.

Mataram- Santri MANPK MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022 boleh berlega hati, pasalnya Beasiswa Kementerian Agama RI yang diperuntukkan bagi mereka sudah bisa dicairkan mulai Juli-September 2021.

Pencairan ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengundang wali santri untuk hearing dengan pihak madrasah, dalam hal ini Kepala Madrasah didampingi Wakil Kepala Bidang Keagamaan. Tujuan hearing ini untuk memberikan penjelasan kepada wali santri tentang besaran beasiswa serta proses pencairan serta persyaratan beasiswa tersebut.

Beasiswa yang diberikan merujuk kepada Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, bagian kelima, pasal 27 ayat (2) menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

Keseluruhan santri MANPK Putra/Putri sejumlah 48 orang Tahun Pelajaran 2021/2022 mendapatkan beasiswa full dari Kementerian Agama RI selama enam semester atau tiga tahun pelajaran. Jumlahnya sebesar 700 ribu/santri setiap bulan.

Mengacu kepada Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah, mengupayakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa MANPK yang merupakan siswa berprestasi, dalam bentuk Beasiswa Belajar pada MAN Program Keagamaan (MANPK).

Sejalan dengan program pemerintah tentang bantuan biaya pendidikan ini menggunakan 13 Dasar Hukum, tiga di antaranya berikut ini: (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; (2) Peraturan Epmerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, (3) Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Tentu, untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi. Termasuk santri MANPK MAN 2 Mataram. Ini bisa dimaklumi, karena seleksi masuk untuk menjadi santri MANPK sangat ketat, yakni: harus lulus tes CBT dan Wawancara, hafiz Al-Qur'an, menguasai bahasa Inggris dan Arab secara komunikatif.

Tes CBT juga diberikan langsung oleh Kemenag Pusat dan Tim pewawancara dilakukan di madrasah penyelenggara yang ditunjuk pusat dan dengan didampingi panitia pusat pada saat seleksi wawancara dilakukan. Di samping itu, calon santri dites kemampuan membaca kitab kuning (baca: kitab gundul). Oleh karena itu, untuk bisa lulus program ini, calon santri harus benar-benar mempersiapkan diri.

Adapun tujuan pemberian beasiswa belajar di MANPK menurut Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd yakni sebagai upaya Kementerian Agama untuk: (1) meningkatkan motivasi lulusan terbaik MTs/SMP Negeri dan Swasta untuk mendaftar sebagai santri MANPK, (2) meningkatkan kualitas santri MANPK, (3) menjamin keberlangsungan proses belajar santri selama 3 tahun di MANPK, (4) meningkatkan prestasi santri baik pada bidang akademik dan non akademik, dan (5) meningkatkan fokus siswa dalam menjalani proses belajar di MANPK, urainya.

Kuota Beasiswa Belajar pada MANPK adalah seluruh santri kelas X hasil seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) dari 10 MANPK Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari: MAN 2 Mataram-NTB, MAN 1 Jember, MAN 2 Padang Panjang, MAN 3 Makassar, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Ciamis, MAN 1 Yogyakarta, MAN 4 Jombang, MAN 2 Samarinda dan MAN 4 Banjar.

Lebih jauh tentang peruntukan beasiswa ini, Wakil Kepala Madrasah Bidang Keagamaan, Ustaz Muhrim, M.Pd.I mengungkap jika beasiswa yang diberikan ini ini akan digunakan untuk biaya hidup (living cost) dan biaya-biaya lainnya selama menempuh pendidikan di MANPK MAN 2 Mataram, tuturnya.

Bagi pembaca yang menginginkan putra-putrinya masuk sebagai Santri MANPK Tahun Pelajaran 2022/2023, agar tidak ketinggalan informasi bisa dengan tetap pantengin berita-berita eksklusif dan spektakuler dari MAN 2 Mataram. Biasanya proses sosialisasi sampai dengan pengumuman hasil dilakukan mulai Januari-Maret tahun bersangkutan.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan lulus menjadi santri di MANPK harus berusaha dan menyiapkan diri semaksimal mungkin, lebih-lebih yang menentukan kelulusan adalah Kementerian Agama RI di Jakarta, bukan dari MAN 2 Mataram.

Menutup pertemuan dengan wali santri kemarin, Kepala Madrasah mengucapkan selamat bagi santri MANPK MAN 2 Mataram seluruhnya yang telah mendapatkan beasiswa ini. Dari pihak madrasah akan segera dilakukan pencairan. Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat membawa angin segar bagi wali santri dan tentu semakin menambah ghirah santri dalam mengangkat marwah madrasah sebagai tempat menimba ilmu yang barokah, tegasnya.

AYO NYANTRI DI MANPK!! (Siti Rahmi-Humas M2M).

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda