Telp : +62370633077

Baiq Niki Ayuningtia, Siswa MAN 2 Mataram full prestasi terpilih sebagai Duta dan ToT UNICEF yang mendunia!

Mataram-Salah satu siswa MAN 2 Mataram, Baiq Niki Ayuningtia merupakan Duta UNICEF Indonesia sejak 2019 lalu. Baiq Niki Ayuningtia atau Niki merupakan siswa berprestasi.

Prestasi Baiq Niki Ayuningtia merupakan public speaker yang sudah berkecimpung sejak ia duduk di bangku Tsanawiyah. Kini gadis ini duduk di kelas 12 IPA 2 di MAN 2 Mataram.

Keterlibatan Niki sebagai Duta UNICEF ini merupakan perwakilan dari generasi milenial atau generasi Z yang secara kontinyu memberikan edukasi dan diskusi dengan rekan-rekan generasi muda se-nusantara. 

Kegiatan Niki yang terbaru adalah mengikuti kegiatan UNICEF berupa Komunikasi Antar Pribadi (KAP) bersama generasi muda lainnya.


UNICEF mendukung Kementerian Kesehatan untuk mengurangi “zero dose” cases dan mempromosikan imunisasi rutin di 10 provinsi di Indonesia.  

Salah satu bentuk dukungan dari UNICEF adalah dengan membangun kapasitas Komunikasi Antar Pribadi (KAP).

KAP dilakukan terhadap tenaga kerja kesehatan, kader, tokoh agama, dan kelompok anak muda agar dapat mengedukasi dan mengajak orang terdekatnya untuk memberikan imunisasi pada anak.  

UNICEF akan melaksanakan serangkaian Pelatihan bagi Pelatih / Training of Trainers (ToT) mulai Oktober 2023 sampai dengan Juni 2024, dan Niki juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Terkait dengan hal tersebut kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa-Sabtu, 10 – 14 Oktober 2023 lalu di El Hotel Royale Kota Bandung, Jawa Barat.

Adapun peserta merupakan Perwakilan generasi muda yang tersebar di seluruh Indonesia. Niki terpilih sebagai salah satu Trainer of Trainer oleh UNICEF.


Untuk diketahui, Niki satu-satunya siswa madrasah dan peserta termuda, karena semua peserta sudah berstatus sebagai mahasiswa dan karyawan.

Kegiatan berlangsung selama 5 hari dengan kegiatan yang berbeda-beda. Berikut adalah rangkuman kegiatan Niki selama berada di Kota Kembang, Bandung.

Adapun rangkaian kegiatan dari TOT ini adalah kegiatan diisi dengan pemberian materi oleh master of trainer yaitu Konsultan UNICEF Risang Rimbatmaja dan Dinas kesehatan Kota Bandung

Hari kedua peserta dilatih dengan melakukan kegiatan berupa praktek sebagai komunikator di Puskesmas di Kota Bandung dan dilanjutkan dengan refleksi dari panitia. 

Di Hari ke 3 barulah pemberian materi sebagai bekal untuk menjadi seorang pelatih atau Trainer. 

Baru di hari ke 4 semua peserta melakukan praktek sebagai pelatih atau Trainer di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bandung

Setiap kelompok terdiri atas dua orang dan sekolah yang Niki tuju untuk kegiatan praktek sebagai Trainer ini adalah SMAN 20 dan SMP 5 Muhammadiyah Kota Bandung.

Hari ke 5 atau terakhir adalah Refleksi dan rencana tindak lanjut serta persiapan Perjalanan dari Kota Bandung ke Jakarta dan kembali ke rumah masing masing.



Baiq Niki Ayuningtia merupakan siswa MAN 2 Mataram yang berprestasi. Ia merupakan public speaker MAN 2 Mataram yang sudah mendunia. 


Julukan ini nampaknya tidak berlebihan mengingat banyak prestasi Niki yang sudah ia raih. 

Deretan prestasi yang pernah diraih oleh Niki, yaitu: Niki banyak pengalaman sebagai nara sumber di tingkat Internasional. 

Napak tilas Niki sebagai nara sumber itu dapat dibaca berikut ini: 


1. Core Mitra Muda UNICEF.

2. Nara Sumber Live IG ‘Lawan Tabu Menstruasi’ yang diselenggarakan oleh @TenggaraNTT bersama UNICEF dan U-report dalam rangka MHD (Menstrual Hygiene Day) se-dunia.

3. Nara Sumber Webinar Online Remaja Sehat Bebas Anemia yang diselenggarakan oleh Direktorat Gizi Masyarakat dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-61. 

4. Narasumber Webinar Online dengan tema: ‘Karya Anak Muda Kontribusi di Masa Pandemi’ yang diselenggarakan oleh AJI-Indonesia dan UNICEF.

Kegiatan lainnya, yakni:

5. Pemenang Lomba Covid-19 Diaries yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia Tahun 2020.

Fasilitator Muda KKI (Konferensi Kebaikan Indonesia) UNICEF Indonesia.

6. Diskusi Kelompok Terarah Indonesia Youth Development dan UNICEF Indonesia. 

7. Roundtable Discussion Daring Sanitasi Perkotaan dan Ketahanan Iklim bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. 

8.Tim Pemenang Lomba Video Aksi Gizi UNICEF Indonesia. 

Selama menjadi siswa MAN 2 Mataram, Baiq Niki Ayuningtia aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler MEC (Manda English Club) dan ORSIMA.  

Bahkan, beberapa waktu yang lalu Baiq Niki Ayuningtia menjadi salah satu kandidat wakil ORSIMA di tahun ajaran 2021-2022.  

Saat ini, Baiq Niki Ayuningtia duduk di kelas XII dan bercita-cita menjadi Dokter.  

Niki merupakan Duta Literasi MAN 2 Mataram yang terpilih mewakili generasi milenial dan kerap didapuk sebagai moderator dan MC berbagai event. 

Oke Niki, semoga cita-citamu tercapai ya dan selamat atas berbagai prestasi yang Niki raih. Semoga menginspirasi generasi milenial lainnya ya!*** 


Penulis : Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)

share:

Tinggalkan Komentar Anda