Telp : +62370633077

AJIB ! ZHORIF CALON ARSITEK MASA DEPAN YANG JAGO FISIKA

Gambar : Zhorif menerima Reward dari Kepala MAN 2 Mataram, Lalu Syauki MS, M.Pd. 


*"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu" - Andrea Hirata* 

**HUMASMAN2MATARAM** – Ungkapan like mother like son layak disematkan bagi remaja tanggung yang memiliki senyum manis ini. Kiprahnya sebagai salah satu tim kuat KSM Fisika ini merupakan miniatur sang Ibunda yang jago Fisika, Ibu Meci Karimah Kasipahu, S.Pd. Ibunda Zhorif sekaligus juga sebagai Leader dari KSM di MAN 2 Mataram. Nama lengkap siswa tersebut adalah Zhorif Haidar Darussalam atau biasa dipanggil Zhorif. 

Putra bungsu pasangan Ibu Meci dan Bapak Sabaruddin, SP ini sekarang duduk di kelas XI IPA 1 MAN 2 Mataram. Remaja yang baru saja genap berusia 16 tahun ini selain aktif dalam pembinaan KSM juga mengikuti ekstrakulikuler Robotik, saat ini ia menjadi Wakil Ketua Ekskul Robotik. Beberapa waktu lalu, bersama rekannya M. Riawan Naufal, ia merancang sebuah Robot POLANTAS (PORTAL COVID SEMBILAN BELAS) dengan tiga fungsi utama yakni pengecekan suhu tubuh, pemberian desinfectan dan terakhir adalah scan fitur e-vaksin. 

Rancangan robot tersebut ikut berpartisipasi dalam gelaran Lomba Robotik tingkat Nasional. Berkacamata minus plus tampil apa adanya dan mandiri terlihat dari keseharian remaja ini. Sosok yang sangat family man (lebih senang menghabiskan waktu di rumah untuk belajar atau sekedar main game) ini telah menjuarai berbagai olimpiade dalam bidang Fisika tingkat Nasional. Ibu Zhorif mengurai, jika ia lebih senang menghabiskan waktu di rumah. “Dia sangat menikmati ketika menjadi dirinya sendiri (me time-lah) istilah anak kekinian, “urainya. 

Beberapa prestasi ajib yang pernah diraih Zhorif, antara lain : (1) Juara 2 dalam MANGO SCIENCE COMPETITION SMA/SMK/MA Tingkat Nasional, (2) Juara 1 dalam OLYMPIAD ECO SAINS GENERAL APPLIED (OMEGA) EDISI 2 SMA/SMK/MA Tingkat Nasional, (3) Juara 2 dalam OLIMPIADE SAINS ALFEST SMA/SMK/MA Tingkat Nasional, (4) Juara 3 dalam KOMPETISI SAINS NASIONAL ENURA INSTITUTE (EMP) SMA/SMK/MA Tingkat Nasional, (5) Juara 1 dalam NATIONAL SCIENCE COMPETITION (NSC) SMA/SMK/MA Tingkat Nasional dan (6) Juara KSN Tingkat Kota Mataram dan berhak lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bidang FISIKA. 

Baru-baru ini, Zhorif kembali mengukir prestasi dalam MISSION FMIPA UNRAM dengan meraih juara 2 tingkat Provinsi. Ketika ditanyakan tentang perasaannya menjuarai even tersebut ia mengatakan:“ senang sudah pasti dan tidak lupa bersyukur. Semua usaha dan do’a yang dilakukan, untuk mempersiapkan lomba akhirnya terbayar, urainya”. Lebih lanjut ketika ditanya, bagaimana ia mengatur waktu belajar di tengah kesibukannya sebagai seorang siswa plus ikut serta dalam berbagai ekstrakulikuler, Zhorif menyatakan bahwa ia tidak memiliki waktu khusus dalam belajar, bahkan belajar dilakukannya tergantung dari mood. 

Gambar : Sketsa Zhorif 

Terlepas dari deretan prestasinya di bidang akademik, Zhorif juga memiliki hobi menggambar. Dari hobi inilah cita-citanya ingin menjadi seorang arsitek muncul. Ia menyatakan bahwa menjadi arsitek memerlukan keterampilan dalam berhitung dan menggambar. Hal inilah yang menjadi alasan Zhorif untuk dapat menjadi arsitek yang bisa membangun sustainable structures (struktur-struktur yang berkelanjutan) di kemudian hari. Dengan profesi ini, ia ingin ikut menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat melalui desain, khususnya pada bangunan-bangunan modern yang memiliki struktur bangunan yang lebih simpel. 

Bidang arsitektur berkelanjutan atau sustainable architecture yang dipilih Zhorif ini sesungguhnya merupakan bidang yang berusaha meminimalisir dampak negatif lingkungan bangunan dengan penggunaan bahan yang efisien serta energi dan ruang pengembangan dan ekosistem dalam tataran makro (lebih luas). Bidang garapannya yakni dengan menggunakan pendekatan kesadaran akan konservasi energi dan ekologis dalam bidang Sains. 

Gaya bangunannya pun dirancang sedemikian rupa sesuai dengan prinsip-prinsip sadar atau ramah lingkungan. Dengan kata lain, *Sustainable* *architecture* merupakan sebuah konsep terapan dalam bidang arsitektur untuk mendukung konsep berkelanjutan, yaitu : (a) konsep mempertahankan sumber daya alam agar bertahan lebih lama, yang dikaitkan dengan umur potensi vital sumber daya alam dan lingkungan ekologis manusia, seperti sistem iklim planet, sistem pertanian, industri, kehutanan, dan tentu saja arsitektur dan (b) kerusakan alam akibat eksploitasi sumber daya alam telah mencapai taraf pengrusakan secara global, sehingga lambat laun bumi pasti akan semakin kehilangan potensinya untuk mendukung kehidupan manusia, akibat dari berbagai eksploitasi terhadap alam tersebut. 

Jadi, sustainable architecture ini harus mempertimbangkan prinsip-prinsip semisal lingkungan, ekonomi dan sosial. Sehingga apapun yang dilakukan oleh seorang arsitek saat ini dapat digunakan oleh generasi berikutnya. Artinya bahwa bidang garapan ini harus juga mempertimbangkan regenerasi. Dengan ketekunan Zhorif ditambah dengan deretan prestasi bonafid yang sudah diraihnya, tiket masuk universitas favorit dan bergengsi yang dipilihnya akan terwujud. Branding MAN 2 Mataram sebagai Madrasah Unggulan rupanya pelan-pelan sudah mampu terjawab dengan adanya ratusan prestasi yang diraih siswanya medio 2021 ini. 

Mulai dari tingkat Kota, Provinsi, Nasional dan Internasional. Salah satunya yakni Zhorif yang kerap menyumbangkan medali untuk madrasah tercinta. Mudah-mudahan capaian-capaian Zhorif dan siswa MAN 2 Mataram lainnya dapat dijadikan sebagai motivasi, penggugah semangat untuk berkarya dan berkriya mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. SEMANGAT!! 

Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati 

Editor: Siti Rahmi 

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda