Telp : +62370633077

WESSSS…204 REWARD DIBERIKAN KEPADA SISWA DAN PEMBINA BERPRESTASI MAN 2 MATARAM,

Mataram- Senin (06/09) merupakan upacara pertama di MAN 2 Mataram setelah status PPKM Level 4 untuk Kota Mataram dicabut. Peserta sangat antusias, ini terlihat dari siap siaganya petugas upacara dan peserta datang lebih awal. Baik guru, karyawan maupun siswa yang memiliki jadwal tatap muka.

Upacara berlangsung lancar tanpa hambatan diikuti oleh Guru, Karyawan, dan siswa MAN 2 Mataram seluruh kelas. Untuk diketahui bahwa pembelajaran di MAN 2 Mataram masih menggunakan sistem shift. Meski seluruh kelas masuk, namun hanya diikuti oleh setengah dari jumlah siswa seluruhnya. Ini sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

WhatsApp Image 2021-09-14 at 13.20.47 (1).jpeg

Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan pemberian reward kepada siswa dan pembina berprestasi. Sejumlah 204 REWARD yang diberikan madrasah bagi siswa dan pembina yang memperoleh juara lomba. Reward yang diberikan ini merupakan prestasi dari Maret-Agustus 2021 lalu. Adapun juara-juara lomba yang diperoleh siswa/i tersebut dari berbagai kejuaraan atau even, mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional.

Deretan prestasi itu diperoleh dari KSM, KSN, Kompetisi Sains Ruang Guru, OPSILON, OPSI, kemudian diikuti oleh lomba Debat Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Esai, Lomba Cipta Puisi, Myres, Paskibra Nasional, Pramuka, Pidato Bahasa Arab, Tilawah, Tahfiz, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Lomba Cipta Lagu dan Puisi, Duta Harmoni, Desain Grafis, Desain Poster, Multimedia, Film Pendek, Nge-vlog, Teater dan lain-lain.

Reward berupa fresh money (uang tunai). Ketua KSM Ibu Meci Karimah Kasipahu, S.Pd. ketika ditanya tentang rahasia kesuksesan tim KSM mengurai bahwa jika hasil yang diperoleh ini merupakan buah dari pembinaan secara intensif 4x dalam seminggu, di samping semangat yang luar biasa dari siswa dan Pembina masing-masing bidang.

Capaian itu merupakan rahmat yang diberikan oleh Allah swt Tuhan Yang Maha Esa, yang harus disyukuri urai Bapak Kepala Madrasah. Terima kasih telah mempersembahkan hal terindah bagi madrasah. Mudah-mudahan semua tidak lekas puas dengan capaian yang diperoleh saat ini. Jadi bisa lebih mengasah kemampuan diri untuk even-even yang lebih besar dan bergengsi lagi.

Ragam prestasi tersebut, meski didominasi oleh Olimpiade atau Kompetisi Sains Sembilan pelajaran (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, TIK, Kebumian, dan Astronomi) tetapi juga turut dimeriahkan dari bidang lain. Untuk jelasnya berikut penjabaran ke-204 kejuaraan tersebut.

National Science Competition (NSC) siswa MAN 2 Mataram berhasil menggondol 42 medali, dengan rincian: 17 medali emas, 19 medali perak dan enam medali perunggu. Perolehan medali emas ini dicapai oleh: Olimpiade Matematika tiga medali, Olimpiade Biologi empat medali, olimpiade Fisika enam medali dan olimpiade Geografi empat medali. Rincian perolehan medali perak, yakni: Olimpiade Astronomi meraih empat medali, Olimpiade Kimia tiga medali, TIK satu medali, Matematika tiga medali, Biologi satu medali, Fisika dua medali dan Geografi lima medali. Sedangkan Raihan enam medali perunggu, yakni: Olimpiade Astronomi menyumbang tiga medali, Olimpiade Kimia satu medali dan TIK menyumbang satu medali.

Pada gelaran POSI Got Talent, Olimpiade Astronomi menyumbang medali perak. Olimpiade Sains ALFEST ada dua medali yakni emas satu dan medali perak satu pada bidang Olimpiade Fisika. Olimpiade Sains Nusantara (OSN), siswa MAN 2 Mataram menyumbang medali perak bidang Olimpiade Fisika.

Kompetisi Sains Nasional Enura Institute (EMP) Raihan siswa/i MAN 2 Mataram mencapai 43 medali, dengan rincian: 11 medali emas, 16 medali perak dan 16 medali perunggu. Medali emas dipersembahkan oleh Bahasa Inggris satu medali, Olimpiade IPA tujuh medali dan Olimpiade IPS tiga medali. Perolehan medali perak diberikan oleh: Olimpiade Bahasa Inggris empat medali, Olimpiade Bahasa Indonesia satu medali, Olimpiade IPA empat medali, Olimpiade Matematika dua medali dan Olimpiade IPS lima medali. Sedangkan perolehan 16 medali perunggu, dirinci sebagai berikut: Olimpiade Bahasa Indonesia dua medali, Olimpiade IPA 10 medali dan Olimpiade IPS empat medali.

Even News Generation Olympiad (NGO) meraih 29 medali, dengan rincian: empat emas, 22 perak dan tiga perunggu. Perolehan emas dipersembahkan oleh Olimpiade Bahasa Inggris tiga medali dan Olimpiade Geografi satu medali. Medali ke-22 Perak yakni: Olimpiade Bahasa Inggris menyumbang tujuh medali, Olimpiade Geografi menyumbang delapan medali, Olimpiade Ekonomi mempersembahkan tiga medali dan Olimpiade Sosiologi memberikan empat medali. Medali perunggu diberikan oleh satu medali dari Olimpiade Bahasa Inggris dan dua medali dari Olimpiade Ekonomi.

Kompetisi Matematika Nasional (KMN) FOTON menyumbangkan enam medali, yakni satu emas, satu perak dan empat perunggu. Rinciannya satu emas, satu perak dan empat perunggu untuk Olimpiade Matematika. Olimpiade Sains Nasional (OLNAS) menyumbang delapan medali, yakni; tujuh emas dan satu perunggu. Emas disumbangkan oleh Olimpiade Bahasa Inggris satu medali, Olimpiade Ekonomi satu medali dan Olimpiade Fisika lima medali. Sedangkan medali perunggu diberikan oleh Tim Olimpiade Bahasa Inggris.

Lomba IT Competition yang diselenggarakan oleh empat Fakultas Universitas Hamzanwadi Lombok Timur bidang lomba Desain Grafis dimenangkan oleh Ananda Baiq Naura Sayyidatin Nisa. Naura menyumbangkan medali perunggu pada even Nasional ini. Untuk kejuaraan tingkat Provinsi disumbangkan oleh cabang lomba Tahfiz. Cabang ini menyumbang dua medali, yakni perak dan perunggu. Sabrina menyumbang perak dan Ananda Maulana al-Fatih menyumbang perunggu. Even ini diselenggarakan oleh SMAN 1 Mataram. Bidang lomba esai perwakilan dari ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) berhasil menyumbang medali emas pada ajang Lomba Esai tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pondok Tazkia Malang, Jawa Timur dipersembahkan oleh Khairul Hamim

Lomba tingkat Nasional lainnya yakni National SMAK Kesuma English Competition 2021. Even ini Tim Olimpiade Bahasa Inggris menyumbangkan perunggu. Tim Olimpiade Bahasa Inggris kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional, yakni pada ajang National SKETSA Debate Competition yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Mataram. Dalam ajang ini Tim Bahasa Inggris meraih predikat best speaker urutan 9, 8, dan 9 dari tiga tim.

Tim Pramuka juga ikut berpartisipasi menyumbangkan dua medali perak pada kegiatan menyambut HUT Kota Mataram yang ke-28. Ajang Cipta Puisi Germas Kepulauan Riau juga berhasil meraih medali emas yang kembali diwakili oleh Ananda Khairul Hamim. Khairul Hamim juga melaju ke tingkat Nasional mewakili NTB pada ajang Duta Harmoni Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Pusat.

Ajang Open High School and Varsity English Debate ECCO 2021 tingkat Nasional. Dalam ajang ini Tim Debat mempersembahkan satu medali emas, tiga medali perak dan predikat best speaker ke-lima dan ke-10. Ajang bergengsi lainnya juga diwarnai oleh tim KIR dalam hal ini Myres, salah satu tim berhasil melaju ke babak perempat final. Salah satu anggotanya juga berhasil menyumbangkan medali Perunggu pada ajang OPSILON, yakni Dita Syaharani.

Tim pidato Bahasa Arab juga turut andil memeriahkan even pemberian reward ini. Ananda Zul Rizal Fathoni berhasil menorehkan medali emas tingkat Nasional tiga kali berturut-turut dalam even yang berbeda. Fathoni dan Khairul Hamim merupakan perwakilan santri MANPK MAN 2 Mataram yang berprestasi. Kompetisi Sains Nasional Kemendikbud RI meloloskan delapan belas kandidat ke tingkat Provinsi, dengan rincian tiga orang dari KSM Geografi, satu orang dari KSM Kebumian, dua orang dari KSM Matematika, tiga orang dari KSM Ekonomi, dua orang KSM Astronomi, dua orang dari tim TIK, satu orang dari KSM Kimia, tiga orang dari KSM Fisika, dan satu orang dari Biologi.

Lomba Cerdas Cermat Ekonomi Pembangunan yang diselenggarakan Universitas Teknologi Sumbawa meraih tiga medali perak pada KSM Ekonomi. Pada kegiatan MTQ XXIX siswa menyumbang dua medali emas pada cabang lomba Fahmil dan Tilawah Remaja Putra. Sedangkan Olimpiade Sains yang digelar Ruang Guru, siswa MAN 2 Mataram berhasil melaju ke tingkat Nasional dari cabang Olimpiade Fisika dua finalis, satu orang dari Olimpiade Biologi dan satu orang dari Olimpiade Geografi.

Cabang Story Telling Competition English Festival yang diprakarsai Universitas Mataram, TIM Madrasah English Club (MEC) berhasil meraih medali perunggu dan juara favorit tingkat Provinsi. Lomba lainnya dimeriahkan oleh Tim Pramuka dengan meraih Juara 2 (medali perak) pada lomba Video Pendek dan juara 3 (medali perunggu) pada lomba Desain Poster tingkat Kota Mataram. Prestasi lainnya ditunjukkan pada gawe Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kemenag RI, MAN 2 Mataram berhasil menjadi juara umum tingkat Kota dan berhak melaju ke tingkat Provinsi. Ada enam siswa yang berhasil membawa 5 medali emas dan satu perak, yakni Dita Syaharani (Geografi), M. Riawan Naufal (Matematika), Marlita Wulansari (Geografi), Rizka Isnaeni (Kimia), M. Abiyyu Hafiansyah (Fisika), dan Rangga Cahya Prasetya (Biologi).

Parlemen Remaja yang diselenggarakan tiap tahun oleh Sekretariat DPR RI telah meloloskan Afifah Kamilatul Unsha ke Jakarta sebagai perwakilan NTB bersama tiga rekannya dari SMAN 1 Empang-Sumbawa Barat, SMAN 1 Sumbawa Besar dan SMAN 1 Mataram. Kamila merupakan satu-satunya perwakilan dari madrasah. Trio Lalu Wizam KR, Tiara Wahyuni Rahmawati Hipi dan Baiq Neysa Salma A berhasil menjadi jawara pada cabang Pencak Silat dan Karate KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional). Lalu Wizam meraih emas, Tiara meraih perak dan Baiq Neysa meraih perunggu.

Olimpiade Social Science Competition SSC 2021 pada cabang Bahasa Inggris berhasil membawa medali perunggu tingkat Nasional. Baiq Naura Sayyidatin Nisa kembali meramaikan tradisi prestasi ini dengan meraih lima besar pada lomba Komik Digital tingkat Nasional. Raihan ratusan medali ini ditutup dengan ASEAN Student Science Olimpiad (ASCIENDO) lomba OLimpiade Astronomi dan Biologi tingkat Internasional (ASEAN) dengan persembahan satu medali perak dari Biologi dan dua medali perak dari Astronomi.

Kado 204 kejuaraan dari siswa-siswi berprestasi MAN 2 Mataram ini sekaligus merupakan hadiah terindah bagi Kepala Madrasah; Sang Nakhoda dua periode, yang pada saat bersamaan merayakan ulang tahun yang ke-53. Rasa syukur dan bahagia tak terhingga disampaikan Bapak Kepala Madrasah. Mudah-mudahan pemberian reward bagi siswa dan pembina berprestasi ini menjadi ghirah untuk lebih bersemangat mewujudkan madrasah mandiri berprestasi, tutupnya. [Siti Rahmi Humas M2M].

share:

Tinggalkan Komentar Anda