Telp : +62370633077

TREASURY GOES TO SCHOOL: KPPN PUNYA CERITA

Mataram- Hari ini (15/06) rombongan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Mataram mengunjungi MAN 2 Mataram, setelah sehari sebelumnya rombongan Kejaksaan Negeri Kota Mataram juga melakukan hal yang sama. Kunjungan ini untuk memberikan edukasi kepada generasi muda tentang pentingnya pengelolaan keuangan. Rombongan juga menguraikan maksud kunjungan ke madrasah, yakni untuk memberikan informasi terkait dengan sekolah kedinasan yang alumninya dapat diterima bekerja di Kementerian Keuangan dan beberapa Kementerian lainnya.

Kedatangan rombongan ini disambut dengan antusias oleh pihak madrasah. Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala KPPN Kota Mataram pak Joko Maryono dengan memberikan berbagai door prize menarik sebagai pancingan kepada peserta kegiatan. Peserta pun menyambut dengan senang acara ini. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari Kepala KPPN.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Kepala Madrasah yang diwakili oleh Waka Bidang Keagamaan, ustaz Muhrim, M.Pd.I. Seluruh peserta merupakan santri MANPK MAN 2 Mataram dari kelas X dan XI. Dalam sambutannya, ustaz Muhrim menyampaikan salam ta’zim Bapak Kepala Madrasah, karena beliau tidak bisa menghadiri kegiatan spektakuler ini. Ustaz Muhrim mengungkap jika kegiatan ini sangat positif dan bagus diberikan kepada para santri. Kegiatan bertabur door prize, membuat kegiatan ini berlangsung meriah, ceria dan bahagia.

Dalam kegiatan ini pihak MAN 2 Mataram memberikan bingkisan berupa buku-buku MAN 2 Mataram hasil karya dari Tim Gerakan Literasi Madrasah. Buku-buku tersebut telah diterbitkan sebagai kado terindah pada Milad MAN 2 Mataram yang ke 32 medio 14 Mei lalu di Ballroom Hotel Lombok Raya.

Di dalam perkermbangannya, KPPN Kota Mataram telah mengalami banyak perubahan, baik dari sisi nama maupun struktur organisasi. Salah satunya yakni tentang perubahan fungsi dari KPPN itu sendiri. Sebelumnya fungsi KPPN merangkap menjadi Ordonatur dan Comptabel (Bendahara Umum Negara) sedangkan fungsi Ordonatur diserahkan sepenuhnya kepada satuan kerja.

KPPN Kota Mataram merupakan KPPN Percontohan Tahap I dalam rangka pelayanan prima dan sebgai salah satu amanah reformasi birokrasi Kementerian Keuangan sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-172/PB/2007 dan telah dilaksanakan soft launching pada tanggal 30 Juli 2007 silam. Dalam melaksanakan tugas melayani pencairan anggaran belanja melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), KPPN Kota Mataram melaksanakan Sistem Pelayanan Prima Satu Atap yang disebut dengan One Stop Service.

Terkait dengan Sekolah Kedinasan, Tim KPPN menjelaskan bahwa ada sekolah kedinasan yang alumninya bisa diterima bekerja di Kementerian Keuangan dan Kementerian lainnya. Sekolah Kedinasan tersebut yakni STAN PKN atau Politeknik Keuangan Negara. Politeknik ini merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Politeknik tersebut menyelenggarakan Program Studi Diploma bidang Keuangan Negara.

Politeknik ini diperuntukkan bagi lulusan MA/SMA sederajat dengan sembilan program studi, yang terbagi menjadi Program Reguler dan Non-Reguler. Adapun Program Reguler tersebut yaitu: Program Studi Diploma III/IV akutansi, Prodi Diploma I/III Pajak, Prodi Diploma III Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan, Prodi Diploma I/III Kepabeanan dan Cukai, Prodi Diploma I/III Kebendaharaan Negara. Sedangkan Program Non-Reguler yaitu: Prodi Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar), Prodi Diploma III Akuntansi dengan kurikulum khusus dan Prodi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus.

Bagi siswa yang berminat melanjutkan ke STAN PKN agar menyiapkan diri dari sekarang. Kegiatan berlangsung lancar dan aman. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta dan dijawab dengan lugas dan memuaskan dari Tim. Terima kasih kepada Tim KPPN yang telah memilih MAN 2 Mataram sebagai tempat edukasi. Semoga ke depannya, sinergi ini dapat terjalin dengan lebih baik dan semoga banyak alumni MAN 2 Mataram yang lulus di politeknik ini.

Penulis:Siti Rahmi (Humas M2M). 

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda