Telp : +62370633077

TIGA KARTINI MASA KINI MAN 2 MATARAM

Gambar : AQILA - TAZKIA - ALIFIANA

HUMASMAN2MATARAM - Nama besar R.A Kartini dikenal luas di seluruh Indonesia. Bahkan terus dikenang selamanya karena jasanya memperjuangkan emansipasi wanita. Kendati harus berpulang di usia yang masih relatif muda, tetapi jejak-jejak perjuangannya tak akan terlupakan sebagai wanita cerdas yang memiliki semangat juang tinggi untuk kaumnya. Di era milenial pun, sosok Kartini bisa dilihat. Ini dibuktikan dengan tiga gadis luar biasa yang dimiliki MAN 2 Mataram saat ini. Mereka adalah Fawwaz Aqila Putri, Tazkia Adlina dan Alifiana Nur Ratri Fitria

Bernama lengkap Fawwaz Aqila Putri, putri pasangan Zainal Arifin dan Rodyah Purnawati ini termasuk salah satu anggota Tim KSM – Matematika, MAN 2 Mataram. Remaja berparas manis dengan senyum menawan ini baru-baru ini memenangkan berbagai macam lomba khususnya dalam bidang Matematika. 

Ketika ditanya bagaimana cara ia belajar untuk memenangkan berbagai olimpiade, dengan tersenyum malu ia menjawab “tidak ada waktu khusus saya untuk belajar. Saya belajar setiap hari tetapi paling hanya setengah jam saja, kecuali kalau ada PR (pekerjaan rumah-red). Kalo masalah metode sepertinya tidak ada, tetapi ketika belajar, saya sering buat catatan-catatan kecil yang menarik sehingga tidak bosan dibaca berulang-ulang, tuturnya.”

Gambar : Aqila membawa piagam penghargaan dan piala ketika menjuarai MISSION 2021

Gadis 16 tahun itu pun memaparkan bahwa sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, ia sangat menyukai mata pelajaran Matematika. Baginya pelajaran Matematika itu seru. Jika ia tidak dapat menyelesaikan satu soal saja, pasti penasaran dan akan berusaha semaksimal mungkin sampai soal itu terjawab. Ada kepuasan tersendiri jika berjuang dan akhirnya menjadi pemenang, ungkapnya.

Gadis yang mengidolakan Nabi Muhammad SAW plus kedua orang tuanya ini menyatakan rasa syukurnya karena setiap langkahnya selalu didukung oleh orangtuanya. Deretan capaian Aqila terangkum berikut ini: (1) Juara 3 (Medali Perunggu) - Kompetisi Matematika Nasional 2021- FOTON Institute, (2) Juara 2 (Medali Perak) - KSN Enura Mencari Potensi (EMP) Bidang Matematika -ENURA Institute - Tingkat Nasional, (3) Juara 2 (Medali Perak) - National Sains Competition (NSC) Bidang Matematika - Forum Pencinta Kompetisi Sains Indramayu (FPOKSI) - Tingkat Nasional, (4) Juara 2 (Medali Perak) National Bimatch Olympic (NBO) Bidang Biologi - Yes Olimpic - Tingkat Nasional, (5) Juara 2 (Medali Perak) - Mango Science Competition Bidang matematika- FPOKSI - Tingkat Nasional, dan (6) Juara 1 – Olimpiade Matematika – MIPA Science Competition (MISSION) – FMIPA – UNRAM.

Ragam capaian yang diperoleh Aqila tidak membuatnya merasa cukup, hingga saat ini berbagai perlombaan dalam bidang Matematika selalu ia ikuti. Cita-cita gadis ini adalah menjadi dokter sekaligus hafizah. Saat ini Aqila sudah menghapal 9 Juz. Meski agak susah untuk memadukan berbagai even dengan menghafal, namun fleksibilitas yang ia terapkan dengan jadwal padat ditambah dukungan orang tua, ia bisa melalui semuanya dengan lancar. 

Lain Aqila lain pula Tazkia. Tazkia memiliki usia yang sama dengan Aqila. Namun ia belum memiliki cita-cita yang spesifik. Tazkia lebih memilih fokus pada berbagai even. Walhasil deretan prestasi yang ia torehkan, yakni: (1) Mango Science Competition Bidang Kimia: Meraih Perunggu tingkat Nasional, 2) National Science Competition Bidang Kimia: mendapatkan Perak tingkat Nasional, (3) Enura Mencari Potensi Bidang IPA: Meraih Perunggu tingkat Nasional dan (4) Inspirational Olympiad 2021 Bidang IPA: Meraih Perak tingkat Nasional. Gadis ini menjadikan dua kakak laki-lakinya sebagai panutan. Meski cita-citanya spesifik, ia berharap bisa masuk di Fakultas Farmasi.

Tazkia sangat mengidolakan kedua kakak laki-lakinya. Baginya, kedua abangnya adalah role model (tauladan) baginya dalam melakukan segala hal. Termasuk ia mengikuti berbagai even olimpiade. Kedua abangnya selalu mendukung setiap aktivitas yang dilakukannya. Baginya, kedua kakak laki-lakinya adalah panutan untuk bekerja keras dalam belajar dan berusaha meraih mimpi. Baru-baru ini Tazkia memenangkan olimpiade bidang IPA yang dilaksanakan secara daring oleh Universitas Sunan Bonang. Dalam even ini ia mendapatkan posisi kedua dengan poin sebesar 114.

Gambar: Pengumuman Pemenang Tazkia dalam Ajang Inspiratinal Olympiad 2021

Kartini selanjutnya yakni: Alifiana. Baru-baru ini, gadis cantik ini memenangkan berbagai ajang olimpiade tingkat Nasional. Tidak tangung-tanggung, ia berhasil menjadi juara 3 tingkat Nasional dalam Fiesta Fisika 2021, “PICOMETER” yang diadakan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret dan mampu bersaing dengan SMA/MA Negeri dan Swasta terbaik di Indonesia, salah satunya yakni SMAK Penabur Tanggerang. Dengan demikian, kiprahnya dalam TIM KSM MAN 2 Mataram tidak diragukan lagi.

Berikut ini berbagai raihan yang diperoleh Alifiana selama mengikuti berbagai even. (1) Medali Emas Olimpiade Sains Nasional (OLNAS), (2) Medali Perunggu Kompetisi Sains Nasional Enura Mencari Potensi (KSN EMP) bidang IPA, (3) Medali Emas Mango Sains Competition (MSC), (4) Medali Emas National Sains Competition (NSC), dan (5) Medali Perunggu pada Olimpiade Fisika Picometer 2021 Universitas Sebelas Maret (UNS).

Terkait dengan olimpiade PICOMETER, Alifiana memaparkan bahwa olimpiade tingkat Nasional yang diikutinya melalui dua tahapan yakni seleksi pertama di awal bulan November dan babak final yang dilaksanakan melalui daring. Pada babak Final, para finalis bukan hanya dituntut uuntuk menjawab soal, namun juga praktikum. Hasil praktikum dipresentasikan di depan juri dan ada sesi tanya jawab.

Gambar: Alifiana ketika praktikum online dalam ajang PICOMETER

Alifiana menyatakan sangat senang dengan pencapaian yang ia dapatkan saat ini dan berusaha menjadi lebih baik lagi dalam ke depannya ketika mengikuti berbagai macam even lomba. Mengenai waktu belajar, ia menyatakan belajar bergantung pada mood. Remaja berkacamata ini juga menyatakan bahwa ia memiliki cita-cita menjadi dosen dan sangat mengidolakan Wirda Mansyur. Alasannya: “Wirda merupakan gadis yang sholehah, hafizah, sukses studi di luar negeri, dan pengusaha cemerlang, semoga saya dapat mengikuti jejak beliau, urainya.”

Selamat kepada Aqila, Tazkia dan Alifiana. Anak-anak hebat, cerdas, dan penuh semangat. Semoga prestasi-prestasi yang kalian ukir, bisa menular kepada adik-adik kalian sebagai penerus estafet MAN 2 Mataram. Madrasah yang sama-sama kita cintai. Madrasah Mandiri berprestasi!!

Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda