Telp : +62370633077

ROMBONGAN STUDI BANDING KKM BANJARMASIN KE MAN 2 MATARAM

Keterangan Foto: Rombongan Studi Banding KKM Banjarmasin-Kalimantan Selatan Berkunjung Ke MAN 2 Mataram (24/06)

Mataram - Jum'at (24/6) sejumlah Kepala Madrasah dan Pengawas datang berkunjungan ke MAN 2 Mataram. Rombongan tersebut merupakan rombongan dari KKM (Kelompok Kerja Madrasah) Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Rombongan ini merupakan rombongan kedua setelah pada tanggal 17 Juni lalu sekitar 70 anggota KKMA (Kelompok Kerja Madrasah Aliyah) se-kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur juga berkunjung ke MAN 2 Mataram, diikuti malamnya oleh Direktur GTK, Bapak Dr. Muhammad Zain, M.Ag.

Rombongan diterima oleh Kepala Madrasah, KTU, Para Wakil Kepala Madrasah dan Penjamin Mutu di ruang rapat. Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Madrasah; Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Kamad mengurai tentang program-program unggulan madrasah,  seperti Program Keagamaan. Di antara 10 MANPK yanga da di Indonesia, MAN 2 Mataram diberikan kepercayaan oleh Kemenag RI untuk mengelolanya. 

Selama tiga tahun berturut-turut program ini memberikan beasiswa kepada calon santri yang lulus tes, sejumlah 700ribu/bulan selama santri menuntut ilmu di MANPK. Karena pemerintah memberikan beasiswa, maka penyaringannya pun sangat ketat, tesnya pun skala Nasional. Kuota tersedia hanya 24 santri putra dan 24 Santri Putri, urainya. 

Adanya MANPK di MAN 2 Mataram sangat membantu MAN 2 Mataram memperoleh bantuan gedung selama dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2019 dan 2020. Wujud dari dana SBSN ini adalah adanya asrama putra, laboratorium Keagamaan dan Gedung Pembelajaran Terpadu.

Keterangan Foto: Rombongan Studi Banding KKM Banjarmasin-Kalimantan Selatan Berkunjung Ke MAN 2 Mataram (24/06)

Peresmiannya dilakukan oleh Bapak Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qaimas, medio Maret 2021 lalu yang juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada waktu itu. MANPK juga memiliki program-program unggulan lainnya, utamanya pada program keagamaan, tahfiz, bahasa dan penguatan Kitab Kuning. Mereka diberikan tutorial bahasa (Arab dan Inggris), amtsilati (kajian kitab kuning), tahfiz dan lain-lain oleh para expert di perguruan tinggi selain dari internal MAN 2 Mataram, ungkapnya.

Keseriusan pemerintah mengelola MANPK ini pun terlihat dengan diberikannya Guru Tamu dari Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir, yakni Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osman. Guru Tamu tersebut direncanakan akan tinggal dan mengajar selama tiga tahun di MANPK MAN 2 Mataram. Syeikh Alla merupakan expert di bidang bahasa dan al-Qur'an (ahlul lughah dan ahlul qur'an).

Menurutnya, pemberian jatah Guru Tamu tidak diberikan pada semua MANPK. Salah satu pertimbangan karena alumni MANPK MAN 2 Mataram saat ini sejumlah 24 orang yang sedang menyelesaikan studi di Universitas Al-Azhar Kairo. Di samping para alumninya bnyak yang belajar di Maroko, Turki, Yaman Sudan dan negara-negara lainnya.

Lebih lanjut, Kamad mengurai jika program unggulan lainnya seperti bidang Bahasa. Ada empat bahasa yang sedang dikembangkan di MAN 2 Mataram, yaitu: Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Arab dan Bahasa Jepang.Masing-masing bahasa sudah menunjukkan kemampuannya dalam even-even Nasional dan Internasional.

Program unggulan di bidang Sains yakni adanya pembinaan secara intensif pada bidang KSM (Kompetisi Sains Madrasah), Robotik, Karya Ilmiah Remaja, Manda TV dan MaJalah Dinding. Bidang lainnya seperti bela negara dan Seni pun tak ketinggalan.

Kamad berharap adanya kunjungan ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi utamanya bagi KKM Banjarmasin yang sudah bersedia berkunjung ke madrasah, tak lupa Kamad mengucapkan terima kasih kepada rombongan. 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh ketua Rombongan. Dalam sambutannya sang Ketua Rombongan menceritakan jika anggota rombongan berjumlah 23 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah dan Pengawas. 

Ketua rombongan mengucap terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tuan rumah yang sudah bersedia menerima rombongan meski dalam keadaan libur. Adapun tujuan rombongan berkunjung menurutnya yakni ingin belajar tentang manajemen dan juga tentang keuangan madrasah, utamanya dalam mengelola dana Komite Madrasah dan BOS.

Di samping rombongan juga ingin mengeksplore program-program unggulan, belajar cara mendapatkan dana SBSN dan juga ingin berkeliling ke seluruh bangunan madrasah. Sambil berkelakar, Ketua Rombongan juga mengungkap jika kedatangan mereka juga untuk meng-ekplorasi Lombok secara umum. Karena terus terang, kami penasaran dengan pulau Lombok, yang akhir-akhir ini seperti gadis muda yang sedang banyak diincar pemuda.

Gaung tentang Lombok selama setahun terakhir ini sudah luar biasa membuat kami penasaran dan ingin menjejakkan kaki kami di Pulau Seribu Masjid ini, urainya. Apalagi Lombok saat ini sudah memiliki Sirkuit Internasional, puluhan pantai yang elok rupawan, serta kuliner dan kerajinan plus kekayaan mutiaranya yang sudah terkenal sampai mancanegara, tuturnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian bingkisan dan souvenir khas daerah masing-masing. Tidak lupa bingkisan spesial dan andalan MAN 2 Mataram berupa tiga buah buku persembahan dari Tim Gerakan Literasi Madrasah (GLM), yaitu MAN 2 Mataram Mendunia, Ketika Hati Berbicara dan Esai Kaum Milenial: Jejak langkah KiR Manda Dalam Goresan.

Ketiga buku ini merupakan wujud bahwa MAN 2 Mataram sangat mendukung gerakan membumikan Literasi Madrasah dari Kemenag RI. Ke depannya Tim GLM ini diharapkan memiliki program-program spektakuler sehingga membawa manfaat bagi masyarakat, utamanya warga madrasah.

Penulis:Siti Rahmi (Humas M2M). 

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda