Telp : +62370633077

PETINGGI BPKH BERKUNJUNG KE MAN 2 MATARAM

HumasMAN2Mataram- Di saat begitu spektakulernya berita tentang World Superbike di ratusan media cetak dan online yang sedang mengaspal medio 19 November di Sirkuit Internasional Mandhalika Lombok, MAN 2 Mataram juga sibuk menyambut  berbagai kunjungan dari beberapa Kementerian. 

Minggu lalu (11/11) sejumlah 10 orang Pejabat Elit dari Kementerian Keuangan RI berkunjung ke Madrasah. Kali  ini (18/11)  enam orang  petinggi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang berkoordinasi langsung dengan Kementerian Agama RI. Tujuan utama rombongan yakni ingin memantau secara langsung bangunan SBSN, fasilitas  plus implementasinya.

Kamad menceritakan kondisi di madrasah serta pemanfaatan dan implementasi gedung yang bersumber dari SBSN telah dilakukan secara maksimal. Termasuk nurturant effect terhadap animo masyarakat untuk memasukkan putra-putrinya ke madrasah begitu besar. Tentu saja untuk dapat diterima sebagai keluarga besar MAN 2 Mataram persaingan sangat ketat. 

Terlebih masyarakat sudah menaruh kepercayaan besar terhadap madrasah. Ini dibuktikan dengan input yang diterima oleh madrasah sangat bagus. Grade pun semakin naik dan madrasah sudah dinobatkan sebagai salah satu Madrasah Unggulan Indonesia.

Gambar: Kamad MAN 2 Mataram dan Ibu KTU MAN 2 Mataram, serta Jajaran Wakil Kepala Madrasah Berfoto bersama Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)

Lebih jauh, Kamad menceritakan tentang prestasi Nasional dan Internasional yang sudah ditorehkan oleh siswa MAN 2 Mataram. Baik yang MANPK maupun Reguler. Begitu juga dengan output madrasah, sudah banyak yang diterima di perguruan bonafid dalam dan luar negeri. Kamad tak lupa menceritakan bahwa saat ini fokus madrasah adalah pengembangan mutu. Untuk itu, kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi tengah dilakukan.

Selanjutnya, sambutan dari ketua BPKH  ibu Erwinda Anggraini sekaligus bertindak sebagai Ketua Rombongan. Terlebih dahulu, Ibu Winda memperkenalkan anggota rombongan. Sejumlah lima orang yang menjabat sebagai manajer. Rata-rata tenaga ahli mereka diambil dari generasi muda. Alasannya untuk regenerasi dan efektivitas pekerjaan harus diambil dari generasi muda. 

Apalagi menurutnya, dana haji  (dana umat) yang dikelola sampai saat ini sejumlah 150 triliun. Ini akan membutuhkan tenaga-tenaga handal yang siap pakai 24 jam.  Ibu Winda menceritakan jika divisi yang dikelola bukan bagian dari Kemenag RI, melainkan berkoordinasi secara langsung dengan Kemenag RI. 

Kelima anggota rombongan itu, yakni: Manajemen Resiko dan Busines Analisa Mendalam, Ibu Kiki Losari. Rianto Manajer Investasi, Yunika menjabat sebagai Manajer Manajemen Resiko dan Bisnis, Riska  sebagai Personal Assistant dari anggota Bidang investasi SB, dan Asalia bertindak sebagai Assisten Manejer Bidang Ekonomi.

SDM muda dan enerjetik yang dipilih divisi kami dalam mengelola triliunan dana umat ini memegang prinsip syari'ah dan tidak melakukan investasi yang resiko tinggi. Ibu Winda mengaku jika dalam keseharian divisi mereka sering diaudit oleh BPK. Hampir 90 persen pekerjaan dari divisi ini adalah berinvestasi di surat berharga. Salah satu tugas BPKH melakukan investasi di SBSN, ada juga berinvestasi dengan PT Taspen Syari'ah.

Gambar: Waka Saspras, H. Lalu Purnawirawan, S.Pd., menjelaskan ke masing-masing manajer Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Pengelolaan Gedung yang Berasal dari Dana SBSN. 


"Ucapan terima kasih dan rasa senang karena sambutan hangat warga madrasah. Rasanya semakin betah di Lombok. Dengan panorama alam dan laut yang begitu indah plus penduduk yang ramah membuat kami merasa betah dan nyaman menjalankan tugas dinas di sini, tuturnya". Lebih jauh, Ibu Winda mengurai jika dana haji yang dikelola saat ini harus di deposito. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga optimalitas dana minimal sebesar  30 persen. Beliau menceritakan bahwa atasan dari lembaga yang dikelola adalah  Bapak Halid Abimanyu. Selaku Kepala Bidang Investasi SBSN. 

Bapak Abimanyu merupakan salah satu guru besar UGM, pernah menjabat sebagai Dirjen di Kemenag RI sekaligus sebagai dewan Komisariat BRI. Saat ini, pak Abimanyu menjadi Kepala Pelaksana BPKH yang membawahi tujuh bidang. Tupoksi kami intinya yakni mengelola dana haji termasuk pengembangannya, salah satunya SBSN, urainya." 

Divisi yang dikelola ibu Winda juga selalu melakukan koordinasi dengan ibu Dwi Irianti Hadiningdiah dari Kementerian Keuangan yang minggu lalu berkunjung ke MAN 2 Mataram. Adanya diskusi akan dapat melakukan pendalaman pasar. Sebagai salah satu challenge ke depannya harus melebihi dari apa yang dilakukan lembaga kompens.

Mencapai nilai manfaat merupakan komponen utama dalam pemberangkatan jama'ah haji Indonesia. Sebagian besar nilai investasi berasal dari invest SBSN. Tim sudah melakukan road show ke Kemenag Lombok Barat,  Surabaya, dan asrama Haji yang ada di Sidoarjo. SBSN juga bukan melulu tentang infrastruktur. 

Dana SBSN sesungguhnya sudah merambah ke beasiswa. Sebagai contoh, penerapannya sudah dilakukan di UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Jawa Barat. Mahasiswa yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah terbantu dengan adanya beasiswa ini, termasuk pengadaan kebutuhan-kebutuhan perkuliahan. Semua program yang pernah dilaksanakan  sudah ditampilkan di website. 

Gambar: Waka Saspras, H. Lalu Purnawirawan, S.Pd., menjelaskan ke masing-masing manajer Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Pengelolaan Gedung yang Berasal dari Dana SBSN.


Menutup pertemuan,  Kamad berharap sebagai kepala divisi ibu Winda tetap memegang amanah dan ke depannya semakin banyak peminat yang mau berinvestasi dan membeli saham untuk pengembangan SBSN. Mudah-mudahan dana SBSN bisa memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi di madrasah, dalam hal ini siswa reguler di amasa yang akan datang. 

Kamad juga berharap adanya jalinan persahabatan dan silaturrahim semakin erat serta terbukanya peluang-peluang yang lebih luas untuk pengembangan madrasah ke depannya. Sehingga branding Madrasah Unggulan, Mandiri, Berprestasi dapat terwujud lebih cepat. Amin yra.


Penulis: Siti Rahmi

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda