Telp : +62370633077

MERIAHNYA PISAH KENANG KELAS 12, MILAD MAN 2 MATARAM KE-32 DAN LAUNCHING EMPAT BUKU

Gambar. Acara Pisah Kenang Kelas 12 Tahun Pelajaran 2021/2022 dirangkai dengan Milad MAN 2 Mataram ke-32, Launching Empat Buku ber-ISBN dan Halal-Bihalal di Ballroom Rinjani Hotel Lombok Raya (14/5).

Mataram- Siswa kelas 12 Tahun Pelajaran 2021/2022 boleh berbangga hati. Pasalnya, pelepasan angkatan mereka dilakukan di Ballroom Rinjani Hotel Lombok Raya, kemarin (14/5) berlangsung begitu meriah. Pelepasan ini dirangkai dengan acara Milad MAN 2 Mataram ke-32 dan Launching 4 Buku Ber-ISBN sekaligus Halal Bihalal.

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Kakanwil Kementerian Agama NTB beserta jajarannya, Ibu Dharma Wanita Persatuan Kemenag NTB beserta jajarannya, Ikatan Alumni MAN 2 Mataram, Komite Madrasah dan jajarannya, tamu undangan lainnya dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 12, guru dan tenaga kependidikan.

Praacara diawali dengan hiburan dan pengalungan medali sekaligus ucapan selamat dari Bapak Kepala Madrasah didampingi oleh wali kelas masing-masing. Suasana begitu indah. Sejumlah 428 siswa yang menamatkan pendidikan mereka tahun ini bersuka cita, nampak raut bahagia terpancar di wajah mereka.

Gambar. Penganugerahan DVN Creative kepada Siswa MAN 2 Mataram Yearbook 2022

Ibu Meci Karimah Kasipahu selaku Ketua Panitia mengungkapkan jika kegiatan ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di luar MAN 2 Mataram setelah pandemi Covid-19 melanda. Sebelum pandemi, kami sudah beberapa kali melakukan kegiatan yang sama di luar madrasah. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mengimplementasikan rasa syukur kami atas raihan prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi MAN 2 Mataram mulai dari level provinsi, nasional dan internasional, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Madrasah setelah terlebih dahulu diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh ananda Lalu Muzakkir Yasin lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Dalam sambutannya, Kamad menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Kakanwil Kemenag NTB beserta jajarannya yang telah.meringankan langkah untuk menghadiri kegiatan ini. Begitu juga dengan Ketua DWP Kemenag NTB, Komite Madrasah, Punggawa IKA Manda dan lain-lain serta tamu undangan.

Lebih jauh Kamad juga mengurai jika kegiatan pisah kenang ini dirangkai dengan acara Milad MAN 2 Mataram yang ke-32 yang seyogyanya sudah dilakukan medio 25 April lalu. Akan tetapi karena pada tanggal itu, umat Islam.masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, akhirnya milad digabung dengan acara pisah kenang hari ini. Acara ini dilakukan di luar madrasah dengan alasan bahwa paparan Covid-19 sudah semakin melandai.

Kamad juga bercerita bahwa hari ini juga akan ada launching empat buah buku hasil karya Gerakan Literasi Madrasah (GLM). Ada empat buku ber-ISBN yang akan dilaunching yakni (1) MAN 2 Mataram Mendunia, (2) Profil MAN 2 Mataram, (3) Kumpulan Puisi dan Desain Poster: Ketika Hati Berbicara dan (4) Esai Kaum Milenial: Jejak Langkah KIR Manda dalam Goresan. Kamad mengungkap, ini merupakan bukti bahwa MAN 2 Mataram mendukung penuh program Kemenag NTB tentang literasi, tuturnya.

Gambar. Kakanwil Kemenag NTB secara simbolis menerima launching buku GLM (Gerakan Literasi Madrasah)

Lebih jauh Kamad mengurai jika kegiatan ini dilakukan semata-mata ingin mengekspresikan rasa syukur kami terhadap capaian-capaian yang diraih oleh MAN 2 Mataram dalam kurun waktu 2021/2022. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh siswa kami sampai tingkat internasional, bahkan tahun ini tercatat alumni kami paling banyak diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN di wilayah Nusa Tenggara Barat, urainya. Tak lupa Kamad mengucapkan terima kasih buat segenap panitia yang telah menyiapkan acara seapik ini dengan segenap jiwa dan raga dan berharap semoga even-even lainnya lebih meriah lagi, tak lupa beliau berharap Bapak Kakanwil berkenan memberikan sambutan dan menerima penyerahan empat buku MAN 2 Mataram secara simbolis, tutupnya.

Selanjutnya, sambutan hangat dari Bapak Kakanwil Kemenag NTB Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi dan kagum dengan apa yang dilakukan oleh MAN 2 Mataram hari ini. Ini luar biasa, sekelas madrasah bisa mengadakan acara besar dan meriah ini. Hal ini dapat memberikan efek positif bagi madrasah lainnya. Menurutnya, perayaan pisah kenang di tempat ini bukan semata-mata hanya seremonial untuk bersenang-semang saja, melainkan sebagai wujud syukur terhadap prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh civitas akademika MAN 2 Mataram.

Suasana dan even besar seperti ini menunjukkan bahwa madrasah saat ini bisa sejajar dengan sekolah-sekolah bonafid di tanah air. Apalagi MAN 2 Mataram banyak mencetak alumni yang berhasil di perguruan tinggi tanah air dan mancanegara. Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah semakin kuat. Ini dibuktikan dengan tingginya animo masyarakat dalam menyekolahkan putra-putrinya ke MAN 2 Mataram. Jumlah pendaftar di jalur reguler saja hampir 1000 tahun ini, tetapi jumlah yang akan diterima hanya 125 orang saja. Ini mengindikasikan MAN 2 Mataram sebagai madrasah unggulan dan favorit di Nusa Tenggara Barat.

Bapak Kakanwil juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh siswa kelas 12 yang menyelesaikan studi tahun ini. Semoga sukses menempuh pendidikan dijenjang berikutnya dan jaga almamater dengan sebaik-baiknya. Beliau juga memberikan selamat kepada MAN 2 Mataram terhadap sumbangsihnya bagi madrasah di NTB. Semoga apa yang menjadi jargon Madrasah mandiri dan menginspirasi semakin terwujud, tuturnya.

Tak lupa beliau memberikan apresiasi terhadap penyelenggara kegiatan ini, terutama bagi ibu/bapak guru dan juga tenaga kependidikan. Mudah-mudahan capaian tahun ini semakin baik di masa yang akan datang, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian reward terhadap 40 siswa berprestasi masing-masing jurusan, yakni 10 siswa berprestasi dari jurusan Bahasa, 10 siswa berprestasi dari jurusan MANPK, 10 siswa berprestasi dari jurusan MIPA dan 10 siswa berprestasi dari jurusan IPS. Ke-40 siswa berprestasi ini yakni;

Jurusan bahasa adalah sebagai berikut: (1) Tia Nur Aisya, (2) Hana Azkia Chantika, (3) Amelia Nisa Annati, (4) Pathiah, (5) Afifah Safitri Al Afuw, (6) Syahidatul Adawiyah, (7) Hasyatul Yatin, (8) Putri Jayanti Pratiwi, (9) Izzul Khairi dan (10) Hairunnisa.

Jurusan MANPK, yakni: (1) Khairul Hamim, (2) Bintanis Saniatis Salisati, (3) Edi Setiawan, (4) Annisa Febrina Hidayat, (5) Fahmi Fadilah, (6) Al Muhamiy, (7) Baiq Nadia Saufi, (8) Baiq Widya Maulani, (9) Nazwa Sulistya As-Syifa dan (10) Baiq Ayu Nisrina Purnawati.

Jurusan MIPA terdiri atas: (1) Baiq Naura Sayyidatin Nisa, (2) Rizka Isnaeni, (3) Rangga Cahya Prasetya, (4) Fawwaz Aqila Putri, (5) Marlita Wulansari, (6) Qudratunnada Shofia Najla, (7) Fadilah Syach AlFarizzy, (8) Tiara Wahyuni Rahmawati Hipi, (9) Muhammad Abiyyu Hadiansyah, dan (10) Baiq Haura Audina Antara Putri.

Jurusan IPS dipersembahkan oleh: (1) Dita Syaharani, (2) Riri Rahmiati, (3) Yolanda Chandrawati, (4) Arsi Yulistari, (5) Lalu Fahril Dwi Suryadi, (6) Afifah Kamilatul Unsa, (7) Alifah Az-Zahra, (8) Alifia Azalia Harsya Putri, (9) Nazmi Aulia Rachim dan (10) Dhinda Valentina Ramdini.

Spesial reward juga diberikan oleh Tim DVN Creative, yakni Tim yang selalu menghandel kegiatan akhir tahun siswa MAN 2 Mataram. Reward ini diberikan pada tiga siswa dengan Kategori Outfit Favorit Pria diraih oleh ananda Gilang Ramdani, Outfit Wanita Terfavorit diraih oleh ananda Sriana Pratiwi dan ananda Nurul Ahdya Fahmi. Acara juga diramaikan dengan pemutaran video kenang-kenangan anak-anak SKALA (sebutan siswa MAN 2 Mataram yang tamat pada tahun pelajaran ini). Video tersebut dipersembahkan untuk ibu dan bapak guru.

Pesan kesan siswa diwakili oleh Ananda Muhammad Andrianudin dan Baiq Naura Sayyidatin Nisa. Kedua siswa tersebut merupakan siswa berprestasi. Muhammad Andrianudin baru saja mengikuti even internasional MUN (Model United Nation) yakni Simulasi Sidang PBB yang mewakili Indonesia, sedangkan Baiq Naura merupakan siswa berprestasi akademik di samping ia sering mengikuti lomba debat bahasa Inggris dan Desain Poster tingkat Nasional. kesan pesan disampaikan dalam Bahasa Inggris dan Jepang. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta tanah air dan juga di luar negeri. Tahun ini sejumlah 24 siswa MANPK sedang menyiapkan diri melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah (Mesir, Turki, Yaman, Maroko dan lainnya).

Acara pisah kenang dengan rangkaian milad dan launching buku ini dikemas dengan exclusive. Sudah pasti berlangsung dengan meriah, sukses dan membuat siapa saja yang menghadirinya merasa puas dan bahagia. Apalagi acara turut dimeriahkan dengan sajian live music dari even organizer yang digawangi Ir. Johandi; tokoh seniman MAN 2 Mataram dan juga masyarakat NTB plus dipandu oleh MC-MC handal MAN 2 Mataram. Verweny Rochcy Maryati, M.Pd., Rahayu Dwi Rahmawati, M.Pd, Lutfa Aulidya dan Luluk Fajriani.

Even ini berlangsung dengan lancar dari awal sampai akhir acara.Terima kasih untuk segenap panitia yang telah mencurahkan segala tenaga, waktu dan dedikasi demi lancarnya kegiatan ini. Semoga kegiatan di tahun-tahun berikutnya semakin meriah, wah dan lebih baik lagi.

Tidak lupa selamat kepada siswa-siswi MAN 2 Mataram yang telah sukses menyelesaikan studi di madrasah tercinta. Raihlah impian dan cita-cita kalian dengan sungguh-sungguh, bawa nama baik keluarga, almamater juga bangsa dan negara tercinta. Semoga dari tangan-tangan kalian akan terlahir alumni yang semakin mendunia.

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M)


share:

Tinggalkan Komentar Anda