Telp : +62370633077

MANTAB, EMAS DAN PERAK DISABET SISWA MAN 2 MATARAM DALAM AJANG KOSSMI

Gambar. Kolase kegiatan KOSSMi dan para pemenang KOSSMI 2022

HUMASMAN2MATARAM - Kembali menunjukkan taringnya, Tim Olimpiade MAN 2 Mataram berhasil menyabet medali emas dan perak. Sebelumnya diketahui bahwa sebanyak enam orang siswa MAN 2 Mataram berhasil lolos sampai ke tahap final dalam bidang Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia pada ajang KOSSMI (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) tahun 2022.

Kontingan Olimpiade ini dilepas pada Jum'at 03 Juni 2022 lalu oleh Bapak Kepala Madrasah. Dalam pesannya Bapak Kepala menyampaikan bahwa para finalis harus berjuang secara maksimal, tidak masalah juara atau tidak yang penting usaha yang maksimal dan sudah sampai tahap ini sudah luar biasa. Tidak semua bisa seperti kalian, jaga nama lembaga, jaga nama keluarga, serta jangan lupa jaga kesehatan, tuturnya. Para siswa ini ditemani oleh Meci Karimah Kasipahu, S.Pd dan Febrina Rahayu Widya AS, M.Pd sebagai guru pembimbing ke Jakarta.

Gambar. Pelepasan dan doa bersama kontingan olimpiade MAN 2 Mataram bersama Kepala Madrasah, Lalu Sayuki MS, M.Pd.

Sebelumnya diketahui bahwa babak final akan dihelat secara luring pada tanggal 4- 5 Juni 2022 di Jakarta. Pada babak final tersebut pemenang menyisihkan 50 peserta yang terdiri dari 25 peserta terbaik nasional dan 25 perwakilan provinsi. Berikut ini perwakilan enam orang siswa dalam final KOSSMI 2022, diketahui bahwa dua diantaranya perwakilan provinsi yakni Alifiana Nur Ratri Fitria (Fisika) dan Enggar Tri Putra Raharja (Matematika, sedangkan empat siswa lainnya merupakan perwakilan 25 besar perwakilan nasional yakni Ahmad Amartia Nur Fikri (Fisika), Zhorif Haidar Darussalam (Fisika), Tazkia Adlina (Kimia), dan L. Majiurrizki Muharzami (Biologi).

Ajang KOSSMI sendiri merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Abak Academy bekerjasama dengan Surya Institute For The Promotion Of Science. Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual.

KOSSMI 2022 berlangsung sejak tanggal 26 Februari 2022 hingga puncak finalnya pada 4 – 5 Juni 2022. Adapun tujuan dari penyelenggaraan KOSSMI adalah untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang beragama Islam baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, serta Sekolah umum ataupun homeschooling untuk berkompetisi di bidang sains. KOSSMI juga merupakan kompetisi tingkat nasional yang berjenjang dengan dimulai dari babak penyisihan, semi final dan berakhir di babak final.

Gambar. Atas (Kiri ke Kanan) Tazkia Adina (Perak), M. Amartia Nurfiqri (Emas), dan Zhorif Haidar Darussalam (Perak)

Dalam ajang bergengsi ini, tiga perwakilan MAN 2 Mataram yakni M. Amartia Nurfiqri berhasil memperoleh medali emas dalam bidang Fisika, Zhorif Haidar Darussalam berhasil meraih medali perak bidang Fisika, dan Tazkia Adlina meraih medali perak bidang kimia.

Ketiga siswa tersebut mengaku senang dan bersyukur, bahkan tidak menyangka atas prestasi yang mereka dapatkan, “Kami sangat bersyukur atas prestasi yang kami raih ini. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kami selanjutnya untuk selalu memberikan prestasi yang luar biasa kepada madrasah,” tutur Zhorif yang diaminkan oleh kedua temannya.

Kepala Madrasah MAN 2 Mataram, Lalu Syauki MS. M.Pd mengapresiasi siswanya yang terus mengedepankan prestasi. Ia menjelaskan, selain tingginya motivasi yang diberikan guru dan orang tua, motivasi besar siswa adalah tingginya persaingan di antara mereka.

Lebih lanjut, waka kesiswaan, Meci Karimah Kasipahu, S.Pd. mengatakan, “Alhamdulillah, sebagai guru pembimbing dan waka kesiswaan, kami sangat bangga atas raihan prestasi anak-anak kami di tingkat nasional. Hal ini menegaskan bahwa Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus di bidang agama, namun juga bidang teknologi, sains, dan seni. Madrasah di bawah naungan pemerintah, dalam hal ini Kemenag, berkomitmen untuk menunjukkan daya saingnya di kancah nasional, bahkan internasional. Salah satunya melalui ajang KOSSMI ini,”.

Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda