Telp : +62370633077

MAN 2 MATARAM GELAR PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)

Gambar. Pelaksanaan PAT Tahun Jaran 2021/2022

Mataram- Mengakhiri Tahun Pelajaran 2021/2022, MAN 2 Mataram menggelar Penilaian Akhir Tahun (PAT) mulai hari ini (30/05) sampai dengan tanggal 09 Juni 2022 mendatang. Adapun jumlah peserta PAT tahun ini yakni sejumlah 837 orang yang terdiri dari kelas X dan XI. Rinciannya Kelas X MIPA sejumlah delapan kelas, X IPS sejumlah tiga kelas, dan X Agama Putra-Putri (dua akelas). Untuk kelas XI jumlah peserta PAT yakni jurusan MIPA sejumlah tujuh kelas, jurusan IPS terdapat terdapat kelas dan jurusan Agama terdapat dua kelas. Kedua jenjang, baik kelas X dan XI minus jurusan Bahasa.

Dua tahun sebelumnya, pelaksanaan PAT dilakukan dengan dua acara, yakni daring dan luring akibat pandemi covid-19 melanda. Namun pada tahun ini, pelaksanaan PAT sudah bisa dilaksanakan secara tatap muka. Akan tetapi pihak madrasah tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ketua Panitia PAT, Lalu Ahmad Fahruddin, M.Pd., mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian ini akan berlangsung dua minggu dengan panitia diambil dari rekan-rekan Tim Akademik ditambah dari unsur Guru dan TU. Sedangkan Pengawas terdiri dari guru, baik yang mengajar di kelas X, XI maupun XII, tuturnya.

Persiapan dilakukan sejak dua minggu lalu, mulai dari rapat persiapan maupun pengepakan soal sampai dengan hari H pelaksanaan. Untuk diketahui bahwa MAN 2 Mataram merupakan Ketua KKM, otomatis banyak madrasah yang di wilayah Kota Mataram sebagai anggota. Maka panitia harus benar-benar bekerja dengan teliti agar jumlah soal yang dipacking sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

Adaun terkait dengan tata tertib pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) diberlakukan untuk Pengawas dan Peserta Ujian. Tata tertib untuk pengawas seperti: (1) memeriksa kesiapan ruang ujian dan memastikan peserta didik tidak membawa alat komunikasi ke tempat ujian, (2) mempersilakan peserta ujian untuk memasuki ruangan dengan menunjukkan kartu peserta ujian dan meletakkan tas di luar/di depan ruang ujian, (3) menempati tempat duduk sesuai dengan nomor urut yang telah ditentukan, nomor urut kecil dimulai dari arah depan ke belakang, (4) memimpin do’a dan mengingatkan peserta untuk bekerja dengan jujur serta meminta peserta didik menuliskan pakta integritas; (5) mempersilakan peserta ujian untuk mulai mengerjakan soal.

Tata tertib lainnya yakni: (6) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan soal pertama paling cepat 60 menit dan selanjutnya pengawas dapat menyerahkan soal kedua kepada peserta didik, (7) memberi peringatan kepada peserta ujian tentang waktu ujian akan berakhir paling lambat 10 menit sebelum ujian berakhir, (8) mempersilakan peserta ujian untuk berhenti mengerjakan soal jika waktu telah berakhir dan (9) pengawas ruang ujian wajib mengurutkan lembar jawaban dan menyerahkan kepada panitia dengan tertib.

Selama ujian berlangsung, pengawas juga wajib melakukan hal-hal berikut ini: (1) menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian, (2) memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, (3) melarang orang yang tidak berwenang memasuki ruang ujian selain peserta ujian dan (4) mematuhi tata tertib pengawas, di antaranya tidak merokok di ruang ujian, tidak mengobrol, tidak memberi isyarat, petunjuk jawaban dan atau bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal ujian yang diujikan.

Tata tertib untuk peserta ujian telah ditentukan oleh panitia, yakni: (1) memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 10 menit sebelum ujian dimulai, (2) memasuki ruang ujian dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan, (3) peserta ujian yang terlambat hadir (setelah 15 menit ujian berlangsung) diarahkan ke ruang panitia untuk mendapatkan izin dari ketua panitia tanpa diberikan perpanjangan waktu, (4) dilarang membawa dan atau menggunakan perangkat komunikasi elektronik, kamera, kalkulator dan sejenisnya ke dalam ruang atau tempat ujian, (5) mengumpulkan tas, buku dan catatan dalam bentuk apapun di bagian depan ruangan dan atau di luar ruangan dan (6) mengisi daftar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan.

Larangan bagi peserta ujian yakni: (1) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun, (2) bekerjasama dengan peserta ujian lainnya, (3) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal, (4) memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta ujian lain atau melihat pekerjaan peserta ujian lainnya, (5) menggantikan atau digantikan oleh orang lain, dan (6) peserta diperkenankan meninggalkan ruangan setelah mendapat izin dari pengawas dan menyelesaikan ujian setelah menjawab selama 60 menit untuk setiap mata pelajaran.Setelah kegiatan PAT selesai dilaksanakan, selanjutnya akan dilakukan pengisian raport melalui aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM). Sesuai Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022, pembagian raport akan dilaksanakan medio 17 Juni 2022 mendatang.

Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd., berharap kegiatan PAT dapat berjalan lancar sesuai dengan juknis maupun Standart Operational Procedure (SOP) panitia yang telah ditetapkan sebelumnya. Beliau juga berharap, tidak ada peserta didik yang mengulang atau tidak hadir ujian dengan alasan yang tidak jelas, sehingga kinerja Panitia serta Bapak/Ibu guru dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga kegiatan libur akhir tahun pelajaran bisa dinikmati bersama dengan hati riang, tutupnya.

Selamat kepada peserta didik kelas X dan XI MAN 2 Mataram yang sedang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) semoga memperoleh hasil yang terbaik dan 100% naik kelas.

Penulis: siti Rahmi (Humas M2M).

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda