Telp : +62370633077

JAKSA MASUK MADRASAH

Mataram- MAN 2 Mataram sebagai barometer lembaga pendidikan agama di Nusa Tenggara Barat bahkan di Indonesia, ibaratnya seperti gadis remaja yang tengah daun. Semua lembaga dari berbagai instansi ingin berkunjung. Hal ini karena MAN 2 Mataram memiliki segudang prestasi, baik nasional dan internasional. Demikian juga dengan para alumninya, dari tahun ke tahun yang diterima kuliah di perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Demikian pula dengan Sekolah Kedinasan. Alumninya pun sudah tersebar dii lima benua.

Beberapa hari berturut-turut MAN 2 Mataram kedatangan tamu penting dari berbagai instansi. Mulai dari Jaksa Menyapa Madrasah, Treasury Goes to Madrasah sebagai program khusus dari KPPN Kota Mataram, rombongan studi tiru (baca: studi banding) dari MAN Lumajang, MAN Banjarmasin dan beberapa tamu penting lainya.

Ragam aktivitas juga seolah tidak pernah berhenti dilakukan oleh civitas MAN 2 Mataram. Terlebih setelah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sejak 30 Mei sampai 09 Juni 2022, dilanjutkan dengan kegiatan classmeeting yang mempersembahkan lomba badminton, futsal, e-sport dan bazar Manda. Bazar Manda sendiri sedianya akan dilakukan pada Hari Kamis (16 Juni 2022) berbarengan dengan kunjungan studi banding dari MA Lumajang. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapat kenaikan kelas pada siang harinya.

Sebelumnya, rentetan kegiatan itu diawali dengan tes beasiswa yang diikuti oleh santri MANPK kelas XII. Beasiswa ini merupakan beasiswa langsung dari Pemerintah Mesir. Kemudian pada hari berikutnya MANPK MAN 2 Mataram melakukan rihlah (atau rekreasi) religius ke berbagai pondok pesantren dan destinasi wisata yang ada di daerah Lombok.

Jaksa Masuk Madrasah merupakan salah satu program Kejaksaaan Negeri kota Mataram yang rutin diadakan di MAN 2 Mataram. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesadaran hukum kepada generasi muda. Acara diawali dengan pemberian kuis dan doorprize kepada peserta. Ini untuk memancing semangat dan motivasi peserta dalam mengikuti kegiatan.

Ruang lingkup kegiatan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kota Mataram yakni tentang kesadaran hukum yang harus dipahami oleh generasi muda. Kejaksaan RI adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai lembaga yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, kejaksaan dipimpin oleh seorang Jaksa. Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya di bidang penuntutan, di mana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan dari Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi.

Sebagai salah satu lembaga penegak hukum, Kejaksaan Negeri Kota Mataram dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan Hak Asasi Manusia, serta pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Dalam kesempatan itu juga Tim Kejaksaan Negeri Kota Mataram menginformasikan jika ada sekolah kedinasan di bawah Kemenkumham, yakni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Sekolah Kedinasan merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang dikelola oleh Kementerian maupun lembaga pemerintah Non-Kementerian sebagai penyelenggara pendidikan. Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Permen PANRB) Nomor 20 tahun 2021, Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Intelejen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara dengna pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan. Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang berstatus ikatan dinas sehiungga lulusannya bisa langsung bekerja di kementerian/badan/lembaga pemerintah yang menaunginya.

Kepala Madrasah Drs. H. lalu Syauki MS, M.Pd., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri Kota mataram dan jajarannya karena selama tiga tahun berturut-turut melakukan kunjungan sekaligus edukasi hukum kepada siswa MAN 2 Mataram. Kami merasa tersanjung karena lembaga kami selalu menjadi prioritas untuk dikunjungi. Kepala berharap sinergi ini akan terus terjalin di masa-masa yang akan datang. Beliau juga berpesan agar peserta mengikuti kegiatan dengan serius karena akan banyak ilmu dan pengetahuan yang diperoleh serta informasi-informasi terkait dengan sekolah kedinasan. Beliau juga berharap, banyak siswa MAN 2 Mataram yang mampu menembus sekolah kedinasan, tuturnya.

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M).

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda