Telp : +62370633077

GELORA HARI GURU NASIONAL NAN MERIAH

Gambar. Berbagai Kegiatan Meriahkan Hari Guru Nasional 2021

HUMASMAN2MATARAM – Gebyar Hari Guru Nasional ke-76 tahun ini berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Petugas upacara merupakan kolaborasi dewan guru dan ekskul Paskibra MAN 2 Mataram. Sedangkan kelompok paduan suara dan lain-lain dilakukan oleh dewan guru. Suasana begitu meriah dan menggembirakan, ini terlihat dari antusiasme peserta upacara.

Dalam amanatnya Pembina Upacara, H. Lalu Syauki MS., M.Pd. menyampaikan bahwa tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri”. Ini harus menjadi inspirasi bagi semua Guru di madrasah, bahwa Peringatan Hari Guru Nasional saat ini harus menjadi kebangkitan dan kesadaran guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja sebagai penguatan karakter dan akhlak mulia, agar tercipta peserta didik berprestasi tinggi yang mampu membuat Indonesia Maju dan Indonesia unggul, tegasnya”.

Lebih lanjut, Kepala Madrasah mengungkapkan bahwa guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan generasi penerus bangsa. “Dalam melaksanakan tugasnya, guru hendaknya melaksanakan apa yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara; Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang bermakna seorang pemimpin harus mampu menjadi tauladan, meski di tengah kesibukannya ia harus mampu membangkitkan atau menggugah semangat, serta seorang pemimpin harus mampu memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Setiap orang adalah guru, setiap rumah menjadi sekolah, urainya.”

Oleh karena itu, Kamad dalam akhir sambutannya mengingatkan para guru untuk bersabar dalam menghadapi peserta didik; jangan melayang karena pujian, jangan tumbang karena cacian; semoga tetap menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, yang senantiasa digugu dan ditiru. Selamat hari Guru Nasional. Dirgahayu PGRI. Semoga sehat, kuat, semangat dan hebat dalam mencerdaskan anak bangsa.

Upacara dirangkai dengan pemberian reward bagi guru Terproduktif, Terdisiplin, memiliki Administrasi Terlengkap dan Liiterasi atau Karya Tulis. Untuk kategori Guru Terproduktif diraih oleh TIM KSM Fisika sebagai Juara 1 dengan anggota terdiri dari Meci Karimah Kasipahu, S.Pd., Khusnul Khatimah, M.Pd., Haerul Muammar, S.Pd., Eva Ernawati, S.Pd., dan Febrina Rahayu AS, M.Pd.

Untuk Juara 2 diraih oleh Tim KSM Geografi dengan anggota terdiri atas: Hj. Baiq Faizah Haniyati, S.Pd., Zahid Hidayatullah, S.Pd., Nurul In, S.Pd., dan Srianah, S.Pd. Untuk Juara 3 diraih oleh Tim KSM Kimia, dengan anggota sebagai berikit: Hariantini, S.Pd., Erna Rofiqa, S.Pd., Lalu Gufron Hadi, S.Pd., dan Islahul Umami, S.Pd.

Kategori penghargaan guru terdisplin diraih oleh H. Lalu Purnamawirawan, S.Pd., sebagai Juara 1, Hariantini, S.Pd., sebagai Juara 2 dan Istiqomah, S.Pd.I sebagai Juara 3. Kategori penghargaan Administrasi Terlengkap diraih oleh Asri Hidayati, S.Pd., sebagai Juara 1, Fina Karismayanti, S.Pd., sebagai juara 2 dan Nurul Hikmah, S.Pd., sebagai Juara 3. Kategori terakhir yakni Literasi atau Karya tulis diraih oleh Dr. Siti Rahmi, M.Pd., sebagai Juara 1, Verweny Rochcy Maryati, M.Pd., sebagai Juara 2 dan Rahayu Dwi Rahmawati, M.Pd., sebagai Juara 3. Reward yang diberikan berupa piagam dan uang tunai.

Gambar. Pemberian Reward Kepada Guru Literasi - Kiri ke kanan - (Rahayu Dwi R., M.Pd. - Verweny Rochy M., M.Pd. - Dr. Siti Rahmi)

Kepala Madrasah mengurai jika pemberian reward ini dimaksudkan sebagai motivasi bagi Bapak/Ibu karena telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan madrasah. Ini juga sebagai pemicu dan pelecut bagi ibu/bapak guru yang lain yang belum mendapatkannya. “Kepada dewan guru penerima reward agar jangan puas dengan hasil yang diperoleh, justru itu menjadi semangat untuk lebih meningkatkan kompetensi diri. Demikian juga dengan guru yang belum berkesempatan memperoleh reward, agar jangan berkecil hati. Masih banyak kesempatan lain di waktu yang akan datang. Mari berubah, mani berbenah di segala lini, tuturnya.”

Kegiatan Upacara Bendera dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala Madrasah, tampilan puisi dari siswa untuk Ibu/bapak guru, diiringi tabuhan perkusi, pemberian bingkisan untuk semua dewan guru serta pelepasan balon Hari guru Nasional ke-76 oleh Orsima (Organisasi Santri Madrasah). Perayaan dilanjutkan dengan ragam lomba.

 

Gambar. Suasana Perayaan Hari Guru Nasional dengan Berbagai Ragam Lomba Guru dan Siswa

Lomba yang diadakan ini melibatkan seluruh warga madrasah, yakni: (1) peserta dari Wali Kelas dan siswa binaannya, (2) Peserta dari unsur Wakil Kepala Madrasah dan Kepala Laboratorium, dan (3) Peserta dari Karyawan TU dan Pembina ekskul. Ada dua macam lomba yang diadakan, yakni: lomba memindahkan balon untuk jajaran Waka, Kepala Lab dan Pembina Ekskul, sedangkan lomba untuk Wali Kelas dan siswa binaannya berupa lomba estafet memindahkan air mineral ke wadah yang sudah disiapkan lalu kemudian meniupkan bola pingpong. Kegiatan ini dilakukan terus-menerus sampai dengan anggota terakhir dari grup melaksanakan tugasnya. Pemenang ditentukan dengan anggota tim yang terlebih dahulu menyelesaikan tugasnya.

Perayaan Hari Guru Nasional ditutup dengan pentas seni, persembahan dari Orsima dan beberapa ekskul. Semua merasakan kegembiraan dan kepuasaan. Karena seluruh kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Spesial untuk guru-guru hebat Indonesia: semoga tetap semangat, kuat, sehat dan hebat dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekali lagi Selamat Hari Guru Nasional. Dirgahayu PGRI. Dirgahayu untuk semua.

Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda