Telp : +62370633077

BOOMBASTIS, MAN 2 MATARAM CAPAI PUNCAK POPULARITAS DI TAHUN 2021

Gambar. Cuplikan ragam lomba yang diikuti oleh siswa dan guru MAN 2 Mataram tahun 2021 tingkat Nasional dan Internasional


Mataram- Siapa bilang menuntut ilmu di madrasah itu tidak keren? Siapa bilang anak madrasah tidak mampu mengukir prestasi? Pandangan-pandangan sinis tentang madrasah di masa lalu sudah dipatahkan oleh madrasah-madrasah hebat di tanah air. Salah satunya MAN 2 Mataram.

Sebagai salah satu madrasah yang diunggulkan di Indonesia, di bawah kepemimpinan Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd, MAN 2 Mataram berpacu dan berbenah dalam segala lini, termasuk perubahan mindset warga madrasah tentang berpikir global. Efeknya, warga madrasah dituntut untuk melek teknologi, cerdas, kreatif dan mampu menerima setiap perubahan. Efek yang paling boombastis yakni raihan ratusan prestasi yang ditorehkan oleh siswa maupun guru tahun ini.

Napak tilas capaian prestasi gemilang yang diukir oleh MAN 2 Mataram sepanjang tahun 2021 tercatat sejumlah 386 prestasi yang didominasi berbagai even Nasional dan Internasional. Meski tidak dipungkiri ada beberapa prestasi yang dicapai pada tingkat Kecamatan, juara se-pulau Lombok, Kota dan Provinsi. Ke-386 prestasi itu dirinci sebagai berikut: dua prestasi pada tingkat Kecamatan pada lomba MTQ, 11 kejuaraan se-pulau Lombok, 37 perolehan kejuaraan tingkat Kota, 44 kejuaraan tingkat Provinsi, 266 medali tingkat Nasional dan 26 kejuaraan tingkat Internasional.

Prestasi itu dicapai dalam bidang akademik dan non akademik, baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI maupun Kemendikbudristek dan lembaga bonafid lainnya. Capaian-capaian itu didominasi oleh Olimpiade Sains (Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika), dan sejarah mencetak tahun 2021 pertama kali MAN 2 Mataram bisa lolos KSN tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Capaian lainnya di bidang Olimpiade Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Astronomi, Olimpiade Bahasa Inggris, Olimpiade Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Esai, Duta Harmoni, Parlemen Remaja Indonesia, MUN (Parlemen Remaja tingkat dunia atau simulasi sidang PBB), Pramuka, Paskibra, Pentas Seni, Desain Poster, Komik, Robotik, Myres sampai dengan lomba memasak tingkat Asia, Olimpiade tingkat ASEAN bahkan bidang olahraga seperti Taekwondo Internasional tidak mau ketinggalan. 

MAN 2 Mataram juga berhasil menyabet gelar sebagai Madrasah Terbaik pada malam puncak “Berkreasi dan Berprestasi’ yang diadakan oleh Kanwil Kemenag NTB. Bahkan, pada ajang tersebut MAN 2 Mataram berhasil menyandang dua gelar sekaligus, yakni Terbaik 1 dalam lomba Madrasah Reform Award dan Terbaik 1 sebagai lembaga yang paling banyak mengantarkan siswa kuliah ke luar negeri. Torehan prestasi ditutup oleh Juara 2 Duta Pariwisata Remaja NTB, Juara 1 Speech Competition se-NTB dan Juara 2 Poem Competition tingkat NTB. 

Dua tahun berturut-turut MAN 2 Mataram berhasil mengirim dua orang siswa mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika melalui YES-Program yang diinisiasi oleh Bina antar Budaya Indonesia. KL- YES (Kennedy Lugar-Youth Student Exchange) merupakan program pertukaran pelajar SMA/sederajat yang memberikan beasiswa full selama satu tahun program atau dua semester tahun pelajaran.

Program ini dinaungi oleh AFS (American Field Service) yakni salah satu departemen yang menangani pertukaran pelajar di USA. Kedua siswa yang beruntung tersebut adalah Rizki Putra Masyhadani ditempatkan di negara bagian Massachusset, Plymouth dan Lalu Ladeva dengan penempatan di Indiana kota Elkhart.Tahun ini ada enam orang siswa yang sedang mengikuti seleksi serupa.

Satu orang lagi sedang mengikuti seleksi beasiswa Kemendikbudristek ke Luar Negeri. Sejumlah 30 orang santri MANPK yang akan menamatkan pendidikan tahun ini memilih melanjutkan studi ke Timur Tengah seperti: Kairo, Turki, Yaman, Maroko, Sudan dan Yordania, beberapa siswa reguler membidik universitas yang sama serta beberapa universitas di Eropa.

MAN 2 Mataram sejak tahun 2020-sekarang berhasil meloloskan siswanya ke ajang MUN. Kedua siswa tersebut adalah Selvi Mandasari yang mewakili Council negara Polandia dan Muhammad Andrian santri MANPK yang mewakili Council Indonesia. Andri akan berlaga pada Februari 2022 nanti.

MUN (Model United Nation) merupakan salah satu ajang simulasi sidang PBB yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN). MUN adalah ajang para pemuda dari seluruh dunia yang dapat merasakan suasana sidang PBB secara langsung serta berkumpul, belajar mengenai diplomasi, berpendapat dan berdiskusi merumuskan solusi-solusi terbaik untuk menjelaskan masalah-masalah global. MUN semisal Parlemen Remaja di Indonesia. Dilaksanakan setiap tahun dengan peserta dari puluhan negara dan ribuan peserta. 

Di ajang ASEAN Student Science Olympiad (ASCIENCO) tiga siswa MAN 2 Mataram berhasil meraih medali perak pada even Internasional yakni: Hilma Alifah Baskoro pada Olimpiade Biologi, Azizah Tasyarani Khairunnisa dan Rizky Maulana Ramdhani pada Olimpiade Astronomi. Ajang olimpiade ini merupakan ajang tingkat ASEAN yang tentu saja diikuti oleh semua negara anggota.

MAN 2 Mataram juga memiliki beberapa public speaker, bahkan ada yang sudah mencapai prestasi tingkat dunia. Salah satunya Baiq Niki Ayuningtia. Baiq Niki laris menjadi pembicara di even-even Nasional dan Internasional. Ia kerap didaulat menjadi narasumber di berbagai even yang digelar UNICEF Indonesia. Saat ini Baiq Niki tercatat sebagai Anggota Inti Mitra Muda Perwakilan UNICEF Indonesia. 

Cabang olahraga turut meramaikan persembahan medali untuk madrasah tercinta. Ada empat Atlet Taekwondo MAN 2 Mataram berhasil membawa pulang empat medali di event Gorontalo International Virtual Championship 2021. Prestasi tersebut menambah capaian medali pada event sebelumnya yakni pada even Expert Yogyakarta Club bekerjasama dengan World Taekwondo Changmookwan Korea tahun 2020 lalu. Saat itu salah satu siswa MAN 2 Mataram Tiara Wahyuni Rahmawati Hipi meraih Juara tiga (medali perunggu).

Even terbaru, Tiara meraih medali perak. Ketiga atlet lainnya yaitu:  Ahda Assyifa Rizkia Juara tiga (perunggu) Poomsae Junior Individual Putri, Adhwa Dhawiya Fatin Juara tiga (perunggu) Poomsae Junior Individual Putri dan Siwi Ratna Loja Faizun juga meraih Juara tiga (perunggu) Poomsae Junior Individual Putri. Saat ini ketiganya masih duduk di kelas X. Even ini diikuti oleh 1.102 atlet dari 13 negara, seperti: Singapura, Malaysia, Thailand dan Korea Selatan, dll. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4-5 September 2021. 

Even Internasional lainnya yakni Lomba Memasak Masakan Khas Korea Tingkat Asia diikuti oleh 18 orang yang dibagi menjadi lima kelompok pada tanggal 18 Desember 2021. Lomba ini diikuti oleh anggota Manda Korean Club (MKC). Bersama dengan Klub Korea dari Bandung, MKC mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi ini. Penyelenggara merupakan salah satu Restauran terkenal di Kota Itaewon Korea Selatan, yakni Gogyoung-Itaewon Restaurant. MKC bersaing dengan sejumlah negara di Asia, seperti China, Bangladesh, Taiwan, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Hampir semua even yang diikuti oleh siswa MAN 2 Mataram memperoleh medali. Hal ini tidak terlepas dari usaha dan belajar yang sungguh-sungguh dari mereka disertai upaya madrasah dalam mengutamakan mutu. Keseriusan madrasah ini dengan menggandeng tenaga-tenaga professional di bidangnya.

Madrasah juga melakukan serangkaian MoU (kerjasama) dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri semisal American-Indonesia Exchange Foundation (AMINEF), Sister School Australia, dan saat ini tengah menjajagi MoU dengan University Science Technology of Yemen (USTY), Salah satu lembaga di Mesir-Kairo, Korean Foundation dan lain-lain.

Capaian MAN 2 Mataram juga tidak terlepas dari kontribusi alumni dan sebaran alumni di hampir semua benua. Salah satu kontribusi alumni yakni dengan memanfaatkan keahlian mereka membimbing para juniornya dalam berbagai even olimpiade.

Terkait alumni yang diterima kuliah di luar negeri dalam tiga tahun terakhir jumlah mereka (berdasarkan data tracer study tahun 2019-2021) mencapai 38 orang dengan rincian: 23 orang sedang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir, empat orang tengah menempuh pendidikan di Sakarya University Turki, tiga orang sedang menempuh pendidikan di Yaman (Darul Mushtafa-Hadramaut).

Ada dua orang alumni diterima di Jacob University Bremen, Jerman pada Fakultas Kedokteran dan Soft Engineering, satu orang di di Universitas Oxford Inggris Fakultas Kedokteran, satu orang sedang menempuh pendidikan di University Sains Islamic of Malaysia (USIM), satu orang di International Islamic University of Malaysia (IIUM), satu orang di Polandia, dan dua orang di Australia. Medio Agustus lalu satu orang alumni berhasil menyelesaikan gelar P.hD-nya di School of Pharmacy, Taipei Medical University (TMU)- Taiwan dengan nilai sempurna (IPK: 4,00) yakni Apt., Lalu Muhammad Irham, M.Farm., PhD. Alumni MAN 2 Mataram juga telah melahirkan puluhan doktor dan lima guru besar dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Output atau alumni MAN 2 Mataram tersebar di Universitas Negeri dan Swasta di seluruh pelosok tanah air dan Mancanegara. Antara lain: UI, UPI, ITB, UGM, UNHAS, USU, UNBRAW, UNAIR, UNDIP, UNES, President University, UM, dan Universitas Mataram. Alumni juga diterima hampir di seluruh UIN di Indonesia dan Perguruan Tinggi bergengsi lainnya.

Kampus Luar Negeri seperti   Nicolous Copernicus University-Polandia, Madinah, Maroko, dan lainnya tidak luput dari bidikan para alumninya. Tahun 2021 ini MAN 2 Mataram mampu menghantarkan 10 siswanya lulus pada Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang memiliki akreditasi A (unggul) dan termasuk 10 besar Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Lima orang lulus menjadi anggota POLRI dan beberapa lulus di Sekolah Kedinasan.

“Tentu saja prestasi ini tidak akan tercapai jika saya sendiri yang melakukannya, urai Bapak Kepala Madrasah. Melainkan ada peran strategis dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal serta didukung oleh tim yang solid.Tim yang memiliki satu tujuan dan semangat (one team, one goal, one spirit) dalam mewujudkan MAN 2 Mataram sebagai Madrasah yang ‘Mandiri dan Menginspirasi’.

"Madrasah yang bukan hanya unggul dalam hal prestasi tetapi juga tersedianya fasilitas yang memadai, SDM, usaha yang dibarengi kerja keras dan cerdas, bersama pemangku kepentingan, stakeholder dan komite madrasah yang selalu open minded dalam mendukung semua program madrasah, dan yang paling utama dan terpenting adalah MAN 2 Mataram mampu menjadi inspirasi bagi madrasah-madrasah yang lain, tuturnya.” 

Semoga apa yang dicapai oleh madrasah tahun ini bukan akhir dari segalanya. Meski tahun ini MAN 2 Mataram capai puncak popularitas, Kamad berharap keberhasilan-keberhasilan yang lebih gemilang dan spektakuler di masa akan datang akan terwujud. Ayo belajar di madrasah!!


Penulis: Siti Rahmi (Humas-M2M)


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda