Telp : +62370633077

AMAZING, KADO ISTIMEWA HANA SISWA MAN 2 MATARAM DARI GUS MENTERI

Gambar. Suasana penerimaan reward dari Menteri Agama Republik Indonesia KH. Yaqut Cholil Kaumas untuk Hana Novita Fitri Siswa MAN 2 Mataram kategori Paskibraka Nasional dan Duta Pancasila 2021 bersama Siswa Madrasah berprestasi se-Indonesia di Aula HM. Rasjidi Gedung Kementerian Agama RI Jakarta Pusat, Selasa (4/1).

Jakarta- Hana Novita Fitri atau akrab disapa Hana adalah siswi MAN 2 Mataram yang kembali mengukir sejarah untuk madrasah tercinta. Semalam (4/1) bertempat di Auditorium HM. Rasjidi Gedung Kementerian Agama RI Jl. KH. Wahid Hasyim No. 6 Menteng Jakarta Pusat, Hana menghadiri pemberian reward bagi Siswa Madrasah Berprestasi se-Indonesia pada malam puncak peringatan HAB Kemenag RI ke-76. 

Didampingi Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd, Hana bertandang menuju Jakarta Selasa pagi dari Lombok. Hana menerima reward dari Menteri Agama KH. Cholil Yaqut Qaumas disaksikan oleh seluruh pejabat Kemenag Republik Indonesia.

Reward yang diberikan Gusmen kepada Hana merupakan reward dengan kategori Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional dan Duta Pancasila 2021 bersama dengan 14 siswa madrasah berprestasi lainnya. Selain kategori Paskibra Nasional dan Duta Pancasila 2021, terdapat beberapa kategori lainnya, yakni: kategori Medali Emas untuk KSM Nasional Biologi, Matematika, Fisika dan Kimia, Golden Award International Exhibition Inventors 2021, Medali Tunggal untuk Kejuaraan Papernas Papua 2021, juara Olimpiade APBN 2021 dan Kategori Shool of the Year dari Ruang Guru Award. Masing-masing siswa mendapatkan satu unit Microsoft office GO 2.

Adapun beberapa madrasah penerima reward ini yakni; MAN 2 Kota Mataram, MAN 2 Kota Bima, MAN 2 Kota Malang, MAN 2 Kudus, MAN 2 Kerinci Jambi, MAN IC Batam, MAN Tarakan dan MTsN 19 Jakarta. MAN 2 Mataram, MAN 2 Kota Bima, MAN 2 Kerinci Jambi dan MAN Tarakan meraih kategori Paskibraka Nasional dan Duta Pancasila 2021, MAN 2 Kota Malang Meraih kategori Medali emas KSM Nasional pada Bidang Matematika, Biologi, Kimia, Fisika dan School of the Year Ruang Guru Award, MAN 2 Kudus meraih dua kategori juara pada Golden Award International Exhibition for Young Inventors 2021, MAN IC Batam meraih tiga medali pada ajang APBN 2021, dan MTsN 19 Jakarta meraih kategori kejuaraan Tunggal Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) Papua 2021 cabang tenis meja.

Sebelumnya berita tentang Hana pernah ditulis oleh Humas MAN 2 Mataram dan dimuat dua kali pada kanal Kemenag RI dan Kemenag NTB medio 15 Juli dan 23 Juli 2021 lalu. Berita pertama berjudul “Hana dan Shindy dan berita kedua berjudul: “Hana Sang Pengibar Bendera di Istana”. Kedua berita tersebut masuk trending google secara Global dan Nasional serta bertengger selama satu bulan penuh sebagai berita terpopuler pertama di website Kemenag NTB.

Hal ni disebabkan karena siswa madrasah terutama dari provinsi Nusa Tenggara Barat baru pertama kali menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana. Kala itu berita tersebut di tag langsung oleh Gusmen KH. Yaqut Khalil Qoumas, para Guru Besar (Profesor) beberapa universitas bonafid tanah air dan pejabat elit Kemenag RI.

Hana selain aktif sebagai anggota Paskibra MAN 2 Mataram, ia juga merupakan salah satu siswa MAN 2 Mataram yang berprestasi dalam berbagai bidang, sebut saja di bidang Karya Ilmiah Remaja Tingkat Nasional. Kala itu Hana meraih juara 2 dan 3 bersama rekannya Shindy pada lomba Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Hana juga pernah meraih juara Mayoret Marching Band se-Bali dan Nusa Tenggara. 

Hana merupakan model andalan MAN 2 Mataram dan memiliki track record atau jam terbang lumayan padat untuk urusan modeling. Ia turut memeriahkan peragaan busana Sasambo pada gelaran HUT NTB ke-73 bulan lalu yang diadakan oleH Pemerintah Provinsi NTB. Hana juga tercatat berprestasi di bidang musik, Olimpiade Geografi tingkat Nasional. Oleh karena itu, Hana bisa dikatakan merupakan siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Lahir batin semua bisa dicapai oleh gadis ayu ini.

Hana terlahir pada 06 November 2004 lalu. Hana gemar berolahraga, tak heran ia memiliki postur 170 cm, postur yang begitu tinggi jika dibandingkan dengan anak seusia dia. Hana juga menyukai travelling dan sesekali bermain musik. Ketika SMP, Hana pernah memenangkan field comender terbaik dalam mengikuti lomba marching band yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa di Bali dan berhasil meraih medali perunggu. 

Gadis multitalenta ini menceritakan jika ia telah melalui proses yang sangat panjang dan ketat dalam meraih prestasinya. Khusus seleksi Paskibraka. Ia rajin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan refreshing dengan membaca buku-buku ringan untuk menyegarkan pikiran dari ketegangan selama pelatihan. Menurutnya, olahraga dan bermusik harus seimbang untuk menjaga agar badan dan pikiran tetap fresh.

Gadis belia yang ringan tangan ini memang merupakan sosok multitalenta. Julukan Brain, Beauty and  Behaviour  (cerdas, cantik dan santun) ini pun layak disematkan pada siswa yang ramah, memiliki senyum manis, lembut namun tegas, sangat ta'zim kepada ibu bapak gurunya serta mengayomi juniornya.

Kesehariannya aktif di ekstrakurikuler Paskibra MAN 2 Mataram dan KIR. Ditanya tentang perasaannya meraih penghargaan ini, ia berujar: "saya serasa mimpi bisa meraih penghargaan dari Bapak Menteri. Saya bahagia, terharu dengan raihan ini bersama teman-teman se-Nusantara. saya berharap, prestasi siswa MAN 2 Mataram akan lebih bombastis lagi di masa-masa yang akan datang, urainya." Gadis cantik ini tak henti-hentinya tersenyum sembari mengucap syukur.

Kamad yang berkesempatan mendampingi pun turut Bahagia. Beliau mengaku senang, bangga, terharu bercampur jadi satu dengan capaian ini. “Apa yang kita peroleh ini merupakan do'a dan dukungan dari keluarga besar MAN 2 Mataram.

Terima kasih kepada semua bapak dan ibu guru, karyawan dan siswa MAN 2 Mataram atas dukungannya selama ini. Rasanya tidak percaya bisa berdiri sejajar dengan para pemangku kebijakan di negeri ini. Semoga tahun-tahun berikutnya akan banyak terlahir Hana yang lain. Sosok multitalenta yang dibutuhkan bangsa tercinta, tuturnya.”

Kamad visioner ini juga baru saja menerima penghargaan Satyalancana  Karya Satya dari Bapak Presiden Joko Widodo atas pengabdian sebagai Aparatur Sipil Negara untuk kategori 20 tahun  pada gelaran HAB Kemenag RI pada 03 Januari lalu.

Penghargaan ini diperuntukkan bagi ASN/PNS yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisplinan serta telah bekerja terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Beliau menerima penghargaan tersebut bersama 52 ASN di lingkup Kemenag Kota Mataram. Mewakili Bapak Presiden, Kakankemenag Kota Mataram Drs. H. Muhammad Amin, M.MPd. berkesempatan menyematkan lencana kepada 53 orang ASN Kementerian Agama Kota Mataram. Termasuk Kepala Madrasah MAN 2 Mataram.

Di bawah kepemimpinan pak H. Lalu Syauki-lah tahun 2021 ini, MAN 2 Mataram mencapai puncak popularitas. Sebagai leader di MAN 2 Mataram tentu tidak terlepas dari ide brilian dan rencana strategis yang selalu mengalir dari otak encernya.

Selamat bagi siswa-siswa Indonesia lainnya. Kalian adalah generasi gemilang menyongsong era industrI 5.0. generasi alpha yang tentunya dituntut harus expert dalam segala hal. Special ucapan selamat untuk Hana Novita Fitri dan Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd  atas torehan prestasinya.

Inilah kado istimewa untuk madrasah tercinta di hari yang tak biasa. Dirgahayu Kementerian Agama RepubliK Indonesia yang ke-76. Semoga semakin jaya!!!! 

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M).


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda