Telp : +62370633077

ALUMNI MAN 2 MATARAM RAIH THE BEST SPEAKER DI ISTANBUL-TURKI DAN BEASISWA KE LIVERPOOL

Keterangan gambar. Caliana Alula peraih the Best Speaker di Istanbul-Turki dan Beasiswa ke Liverpool University

Istanbul- Nama lengkapnya Caliana Alula. Perawakannya tinggi semampai, dengan senyum khas manisnya yang selalu menghiasi bibirnya. Sapaan akrabnya Cia, terdengar simpel namun mengandung makna magis di dalamnya. Guru-gurunya kerap memanggilnya Calia, namun oleh teman-temannya cukup dengan kata Cia saja. Siapa yang tak kenal dengan pemilik zodiak Leo kala masih menjadi siswa di MAN 2 Mataram ini. Ketika berbicara bahasa Inggris, pronunciationnya seperti seorang native saja. Dengan kemampuan tersebut, tentu Cia sudah berada di level advance (expert; mahir). Setiap lomba yang diikutinya seolah juara sudah dalam genggaman. Ini bisa dimaklumi karena Cia ketika masih duduk di bangku SD dan SMP, ia merupakan siswa andalan Sekolah Buin Batu Internasional PT Newmont Nusa Tenggara. Sebuah sekolah kelas internasional yang terletak di Kepulauan Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Sekolah tersebut sebagian besar pengajarnya adalah native speaker. 

Deretan lomba Nasional sampai level Internasional pun dijabaninya. Menjelang akhir studi di MAN 2 Mataram, Cia dan dua rekannya mampu mempersembahkan 13 medali ketika mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Internasional di Filipina. Sang pembawa bendera merah putih di Manila ini pun kini prestasinya semakin mendunia.  Pada bulan April 2022 lalu, Cia berhasil meraih predikat sebagai the Best Speaker di even Istanbul International Model United Nations di Turki. Sebuah even Internasional di mana para pesertanya dapat merasakan sensasi Sidang PBB yang sebenarnya. 

Dalam even tersebut Cia mewakili Indonesia. MUN adalah ajang para pemuda dari seluruh dunia yang dapat merasakan suasana sidang PBB secara langsung serta berkumpul, belajar mengenai diplomasi, berpendapat dan berdiskusi merumuskan solusi-solusi terbaik untuk menjelaskan masalah-masalah global. MUN semisal Parlemen Remaja di Indonesia. Even Internasional sekelas MUN ini juga pernah diraih oleh dua siswa MAN 2 Mataram, yaitu: Selvi Mandasari dan Muhammad Andreanuddin dan satu alumni yakni Lalu Ladeva (peraih pertukaran Pelajar ke Amerika- Illinois tahun 2019) lalu. Lalu Ladeva baru saja mengikuti MUN Eropa di Amsterdam, medio awal Mei 2022. 

Beberapa hari lalu ananda Selvi juga kembali berhasil mewakili Indonesia di MUN Asia. (Nantikan berita-berita exclusive dan spektakuler tentang mereka dari Humas MAN 2 Mataram).  Prestasi Calia yang terbaru yakni memperoleh beasiswa IISMA (Indonesian International Student  Mobility Awards) Tahun 2022. Cia berhasil memperoleh beasiswa pada pertukaran mahasiswa dengan negara tujuan Inggris-United Kingdom. Tepatnya di Liverpool University. Perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi riset yang terletak di kota Liverpool-Inggris. Jumlah mahasiswa yang belajar di kampus ini sampai saat ini sebanyak 33000 mahasiswa. Kampus ini merupakan perguruan tinggi di mana para mahasiswanya mengejar lebih dari 450 program yang mencakup 54 bidang studi.

Perguruan tinggi lejen ini memperoleh nilai akreditasi Triple Crown yakni akreditasi rangkap tiga sekolah bisnis gabungan dari tiga badan akreditasi utama, yaitu: AACSB di Amerika Serikat, AMBA di Inggris dan EQUIS di Uni Eropa (Periksa Wikipedia). Kampus peraih Sembilan Hadiah Nobel ini juga menjadi kampus pertama di Inggris yang mendirikan universitas independen di Cina. Dengan branding kelas dunia ini, tentu saja Kampus Hijau ini menjadi pertimbangan Calia untuk menuntut ilmu selanjutnya.

Sebagai salah satu peraih beasiswa di kampus keren ini, tentu saja Calia merasa haru dan bangga. Karena ia merupakan satu-satunya alumni madrasah yang meraih beasiswa bergengsi ini. Meski ia mengakui bahwa proses untuk meraih beasiswa ini tidak mudah. Dibutuhkan perjuangan dan semangat yang tinggi untuk meraihnya. Perjalanan panjang mengurus persyaratan dari awal sampai akhir membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Tahapan demi tahapan dilaluiCalia dengan keyakinan bahwa ia mampu meraihnya. Tahap pertama seleksi pada skor TOEFL iBT, IELTS, Duolingo (beberapa perguruan tinggi tidak menerima Duolingo). Memliki skor IELTS grade 6.0 (standar ini berbeda-beda setiap universitas), Calia juga harus menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan esai yang dibuat, ada tes kebhinekaan dan otomatis ada surat rekomendasi dari perguruan tinggi tempat Calia menimba ilmu saat ini (Universitas Dipenegoro). Tahapan kedua yakni interview dan cek curriculum vitae (daftar riwayat hidup). 

Persyaratan lainnya tentu saja ia harus terdaftar sebagai mahasiswa di bawah naungan Kemenristekdikti, mahasiswa semester 4-6, memiliki IPK minimal 3.00 serta ada persyaratan khusus yakni perguruan tinggi menganjurkan mahasiswa bersangkutan untuk mengambil mata kuliah yang tidak linear dengan jurusan. Lumayan cukup menyita waktu dan tenaga, ungkapnya. Namun lomba-lomba Internasional yang pernah diikutinya, memberikannya pengalaman menarik dan menyenangkan. Ternyata semua yang penah saya lakukan selama menjadi siswa di MAN 2 Mataram itu sangat membantu untuk memperoleh beasiswa ini. Terima kasih untuk semua guru dan Pembina yang telah menempa saya sampai bisa menjadi sampai sekarang ini. Mudah-mudahan Bapak/Ibu guru diberikan kesehatan dan panjang umur serta almamater saya semakin mendunia, ujarnya.

Adapun deretan prestasi yang pernah diraih oleh ananda Caliana Alula terangkum berikut ini. 

(1)18th Place Writing Champions of the World Scholar’s Cup Regional Round– Surabaya 2016, (2) Debate Champions of the World Scholar’s Cup Regional Round– Surabaya 2016, (3) Da Vinci Scholar–the World Scholar’s Cup Global Round (Bangkok) 2016, (4) 4th Best Speaker of Argument Debating Championship 2017, (5) 1st Runner Up of Argument Debating Championship 2017. Kemudian prestasi Calia yang lain yakni: (6) 1 st Best Speaker of SAVE Debating Championship 2018, (7) 2 nd Runner Up of SAVE Debating Championship 2018, (8) 2nd Best Speaker of SKETSA Debating Competition 2018, (9) Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris PEKSI MANDA Kategori Putri 2018, (10) 2nd Best Speaker Argument Debating Championship 2018, (11) CHAMPION of Argument Debating Championship 2018, (12) 1st Best Speaker of SAVE Debating Championship 2019. Selanjutnya, (13) 2nd Runner Up of SAVE Debating Championship 2019, (14) 1 st Best Reply Speaker of SKETSA Debating Competition 2019, (15) 5 th Best Speaker of SKETSA Debating Competition 2019, (16) 2nd Runner Up of SKETSA Debating Competition 2019, (17) 2nd Place Challenge Special Area of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (18) 20th Place Writing Champions of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (19) Silver Medals–Challenge Science of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (20) Top 40% Challenge Social Studies the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019. (21) Debate Champions of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (22) Top 45% Team Challenge of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (23) Silver Medals–Champion Scholars of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (24) Silver Medals–Team Bowl the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (25) 6th Place for Team Writing of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019, (26) Global Round Qualifier of the World Scholar’s Cup Regional Round–Bali 2019.

Dengan begitu banyak prestasi spektakuler yang diraih ananda Calia, tak urung membuat Kepala Madrasah, guru dan warga madrasah berdecak kagum. Lantunan do’a-do’a baik yang diberikan oleh orang tua dan guru telah menunjukkan keberkahan ilmu yang diperolehnya. Kamad berharap, akan ada Calia-calia baru di masa mendatang. Sehingga jargon MAN 2 Mataram sebagai madrasah yang Mandiri-Menginspirasi dan Mendunia semakin menjadi kenyataan. Mari berbenah-mari berubah, untuk masa depan yang cerah, tuturnya.


Proud of you Caliana Alula. Congratulations for all of your achievements !

Penulis: siti Rahmi (Humas M2M).

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda