Telp : +62370633077

LUAR BIASA, DALAM DUA HARI 35 MEDALI NASIONAL DAN INTERNASIONAL DIPERSEMBAHKAN TIM OLIMPIADE MAN 2 MATARAM

Gambar. Tim KSM/Olimpiade MAN2 Mataram Angkatan Ke-25 Beserta para Pembina dan Pelatih

Mataram- Tim Olimpiade MAN 2 Mataram semakin mengukuhkan diri sebagai program unggulan yang tak terbantahkan. Tahun lalu, sejumlah 221 medali Nasional berhasil diraih oleh tim ini dalam berbagai even bergengsi tanah air. Kali ini, tim tersebut juga mampu membuktikan ke-solida-annya dengan raihan 35 Medali pada empat even sekaligus, yakni NSCC, OBN, Expert Olympiad dan International Science Mathematic Olympiad.

Ajang NSCC memperoleh 24 Medali dari 9 mata pelajaran dari 11 bidang yang dilombakan,Olimpiade Biologi Nasional (OBN) meraih empat medali pada dua cabang lomba yakni Biologi dan Kedokteran, Expert Olympiad menyumbang enam medali dan International Science Mathematic Olympiad menyumbang satu medali.

Tim besutan Meci Karimah Kasipahu, S.Pd. dkk ini memang terus menunjukkan performance terbaiknya. Hal ini berkat kerjasama Tim Pembina dan Pelatih yang mau bekerja keras dan serius membimbing dan melatih empat kali dalam seminggu sehingga anak-anak hebat ini pun memperoleh hasil yang membanggakan.

NSCC 2022 atau National Science and Social Competition merupakan salah satu even bergengsi di Indonesia yang selalu ditunggu dan diburu para siswa berprestasi spesialis olimpiade. Ajang ini diikuti oleh siswa dari jenjang SD, SMP, SMA dan Mahasiswa seluruh Indonesia. Pelaksanaannya sekali dalam setahun.

Tahun ini pelaksanaan NSCC mulai dari pendaftaran sampai pengumuman dimulai dari bulan Januari sampai 2 Februari. Pelaksanaan lomba dilakukan selama tiga hari secara online. Total medali yang diperoleh adalah 8 emas, 8 perak dan 8 perunggu. Uniknya, dalam ajang ini peserta boleh mengikuti lebih dari satu bidang. Adapun rinciannya berikut ini.

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diraih oleh Selvi Mandasari (Emas) dan Marselena Primasati Utari (Perunggu). Ekonomi diraih oleh Hafizhah Yustia Ayu (Perak) dan Irna Salsabila (Perak). Mapel Fisika diraih oleh Alya Dwi Pangesti (Emas), Faiqa Wizda Nailah (Perunggu) dan Ahmad Amartia Nurfiqri (Perunggu). 

Mata Pelajaran Kimia menyumbang empat medali, yakni: Tazkia Adlina (Emas), Lalu Asryl Wahyu Ramdani  juga meraih Emas,  Muhsin Al Haddar (Perak) dan Olyvia Syafira Putri Jayanti (Perak). Pada Mata pelajaran Astronomi, terdapat tiga medali yang diraih, yakni: Putri Kurnia Chairunnisa mendapatkan Emas, Azizah Tasyarani Khairunnisa meraih Perak dan Kawaita meraih Perak. Mapel Biologi menyumbang dua medali, yaitu: Diva Aulia Safitri  menyabet Emas dan Hilma Alifah Baskoro menyabet Perak.

Selanjutnya mata pelajaran Bahasa Inggris, ada empat medali yang berhasil diperoleh. Keempat medali tersebut diraih oleh: Selvi Mandasari (Emas), Hilmi Wahyuni Satriawan (Perak), Naylla Salsabila Putri (Perunggu) dan M Daffa Hendriyanto (Perunggu). Untuk Mapel Matematika terdapat dua perolehan medali,yaitu: Enggar Tri Putra Raharja dan Imas Nazalia Rahmawati. Keduanya sama-sama meraih medali Perunggu. Terakhir Mapel Sosiologi. Ada dua medali yang diperoleh yakni Aisyah Nurfiani Maulani meraih Emas dan Ayu Sugi Ratna Dewi meraih Perunggu.

Lomba yang kedua yakni Olimpiade Biologi Nasional (OBN) yang diselenggarakan oleh Liga Olimpiade. Ada tiga siswa yang beruntung mendapatkan medali pada ajang bergengsi ini. Mereka adalah: Hilma Alifah Baskoro, Ahmad Rofiq Amanatullah dan Baiq Widya Kaweryan. Hilma meraih dua medali sekaligus yaitu medali Emas pada kategori Biologi dan Perak pada Kategori Kedokteran.

Even ini merupakan ajang yang khusus melombakan bidang Biologi dan Kedokteran. Dalam lomba ini juga, semua peserta dilatih bagaimana memecahkan masalah melalui eksperimen, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mampu bekerja dalam tim (kolaboratif).

Berikut rincian raihan medali pada ajang ini: kategori Biologi siswa atas nama Hilma Alifah Baskoro meraih Emas, Ahmad Rofiqi Amanatullah juga meraih Emas dan Baiq Widya Kaweryan harus puas dengan raihan Perunggu, sedangkan kategori Kedokteran diraih kembali oleh Hilma Alifah Baskoro yakni medali Perak.

Even Expert Olympiad menyumbang enam medali Perunggu yang diraih semuanya oleh kelas X. Mereka adalah: Yazid Aqila Haikal (Informatika), Fani Aulia Azzahra (Biologi), Muhammad Rafa Aldino (Ekonomi), Muhammad Dhiya Ulhaq (Matematika), Azisyah Zuleyka Zahrani (Geografi), Adhwa Dhawiya Fatin (Matematika) dan Mutia Audi Paramitha (Kimia).

Gambar. (Kiri ke Kanan) Fani, Mutia, Yazid, Dhiya, Rafa, Adhwa, Azisyah

Melalui Ajang Medalyst Expert Olympiad, ketujuh siswa kelas X ini berharap dapat memenangkan ajang sejenis lainnya. "Setelah mendapat kan juara pada lomba tersebut, saya semakin semangat lagi untuk mengikuti lomba-lomba lainnya, karena pengalaman itu lah yang saya butuhkan untuk mengembangkan pola pikir saya. Jadi, saya dan teman-teman akan terus bersemangat untuk mengikuti lomba-lomba lainnya dan memenangkannya sehingga dapat membanggakan sekolah dan juga orang tua kami yang mendukung penuh apa yang kami lakukan." papar Yazid, sebagai orang yang mengajak teman-temannya mengikuti olimpiade ini. 

Ajang International Science Mathematic Olympiad berhasil menyumbang medali Perak pada mata pelajaran Biologi atas nama Baiq Widya Kaweryan. Semua torehan medali yang berjumlah 35 ini hanya diraih dalam dua hari oleh siswa-siswa  hebat MAN 2 Mataram.

Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. tak henti-hentinya mengucap syukur dan terima kasih setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas tim dalam membimbing dan membina. Tim yang tidak pernah mengenal lelah dan kata menyerah. Salut buat semuanya, tuturnya. Tak lupa beliau mengucapkan selamat buat anak-anak hebat dan bapak ibu guru pembimbing KSM yg luar biasa. 

Kamad berharap Tim ini semakin melebarkan sayapnya ke tingkat International. Tidak ada hal yang mustahil, selama kita memiliki visi dan misi yang sama, insyaaloh akan terwujud. Mari jadikan prestasi sebagai sebuah tradisi. Jika semangat ini sudah diimplementasikan, maka lambat laun siswa akan semakin bangga menjadi anak madrasah. Ayo belajar di madrasah!


Penulis: Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda