Telp : +62370633077

HEBAT, 25 MEDALI DISABET ATLET MAN 2 MATARAM DI KEJURDA PENCAK SILAT MATARAM CUP

Gambar. Suasana pembagian medali, uang pembinaan dan trophy kepada 25 Atlet Pencak Silat MAN 2 Mataram di GOR Pemuda Mataram (12/02).

Mataram- Bela diri pencak silat adalah warisan budaya dan seni asli Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi. Sebagai warisan dunia Budaya Bukan Benda, pencak silat selayaknya dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat. Salah satunya melalui even kejuaraan pencak silat di daerah, yang diadakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Mataram.

Di Kota Mataram terdapat lebih dari 20 perguruan/organisasi pencak silat. Hal ini menunjukkan bahwa pencak silat cukup melekat di hati masyarakat, khususnya Kota Mataram. Tiga di antaranya adalah organisasi pencak silat yang terlahir dari ekstrakurikuler MAN 2 Mataram. Ketiga organisasi tersebut yakni: Pencak Organisasi, Mataram Manunggal dan PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate).

Ketiga organisasi tersebut menyumbang 25 medali dalam even Kejurda Pencak Silat Mataram Cup yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Pencak Organisasi menyumbang 20 medali, Mataram Manunggal menyumbang tiga medali dan PSHT menyumbang dua medali. Empat Medali Emas, delapan Medali Perak dan 13 Medali Perunggu. Para pendekar MAN 2 Mataram ini berasal dari kelas X, XI dan XII. 

Salah satu perwakilan dari siswa yakni Hibatullah Falih Musyaffa menyatakan jika dia senang dengan ekskul ini. Alasannya di samping olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, ia juga mengungkap ikut pencak silat untuk menjaga diri dari mara bahaya, juga untuk menjalin silaturrahim dengan peserta atau anggota organisasi yang berasal dari berbagai daerah. Falih sendiri membawa dua medali dalam even ini.

Ke-25 medali itu berasal dari empat kategori, yaitu: Tanding, Seni Tunggal, Seni Ganda dan Seni Regu. Menurut salah satu Panitia, Ibu Rina, S.Pd., even ini pertamakali dilakukan secara offline (langsung) sejak Covid-19. Adapun rincian ke-25 medali didominasi oleh atlet dari Pencak Organisasi. Deretan medali ini sebagai berikut.

A. Tanding

1. M Dzaki Rizqi (X IPS 2) / Perak / Tanding kelas J

2. Asyam Fayiz (XI MAN PK) / Perunggu / Tanding Kelas E

3. Ahmad Athiyan Nafaza Syfda (X MAN PK) / Perunggu / Tanding Kelas H

B.Seni Tunggal

1. Anggi Fadila Cahyani (XII MIPA 7) / Emas / Tunggal Dewasa Putri

2. Hibatullah Falih Musyaffa (XII IPS 1) / Perunggu / Tunggal Dewasa Putra

C. Seni Ganda

1. Muhammad Rizki Assamsuli (XII MIPA 8) / Perak / Ganda Dewasa Putra 

2. Lalu Muhammad Wizam Kholqi Ramdhana (XII MIPA 3) / Perak / Ganda Dewasa Putra 

3. Muhammad Daffa Afdaryl Ghibran (X IPS 2) / Perunggu / Ganda Remaja Putra 

4. Faizul Razmi (X MIPA 6) / Perunggu / Ganda Remaja Putra 

D. Seni Regu

1. Bq Putri Tunjung S W (XII IPS 1)./ Emas / Regu Dewasa Putri B

2. Riri Rahmiati (XII IPS 1) / Emas / Regu Dewasa Putri B

3. Yolanda Chandrawati (XII IPS 1) / Emas / Regu Dewasa Putri B

4. Lalu Muhammad Wizam Kholqi Ramdhana (XII MIPA 3) / Perak / Regu Dewasa Putra 

5. Hibatullah Falih Musyaffa (XII IPS 1) /Perak / Regu Dewasa Putra 1

6. Lalu Muhammad Anugrah Iswadi (XII MIPA 5) / Perak / Regu Dewasa Putra 1

7. Olivia Ramadhani (X MIPA 5) / Perak / Regu Remaja Putri

8. Ananda Khairun Nisa (X MIPA 1) / Perak / Regu Remaja Putri

9. Agisha Nur Amelya (X MIPA 4) / Perak / Regu Remaja Putri 

10. Anggi Fadila Cahyani (XII MIPA 8) /Perunggu / Regu Dewasa Putri A

11. Nazmi Aulia Rachim (XII IPS 1) /Perunggu / Regu Dewasa Putri A

12. Tiara Wahyuni Rahmawati Hipi (XII MIPA 1) /Perunggu / Regu Dewasa Putri A.

Atlet dari PSHT diraih oleh Ahmad Arkan Fawwaz mendapatkan medali Emas dan Muhammad Maulana mendapatkan medali Perak. Sedangkan dari Organisasi Mataram Manunggal diraih oleh tiga siswa, yaitu: Nur annisa Azzahra kategori tanding Kelas F Remaja Putri (Emas), Lale Ghania Aqila kategori tanding Kelas J Remaja Putri (Perak) dan Zita aswanda Zaka Kategori Tanding D Remaja Putri (Perunggu).

Hadiah yang diperoleh dari panitia berupa medali, uang pembinaan puluhan juta rupiah dan trophy. Pembina Ekskul Bela Diri, Nurizal Choirian, S.Pd. sangat senang dengan capaian anak didiknya. Ini berkat ketekunan, kedisplinan dan keseriusan pelatih dan anak-anak latihan.

Demikian juga dengan Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Beliau sangat gembira atas capaian yang diperoleh ekskul ini. Ini menunjukkan keseriusan dari Pembina, Pelatih dan anak-anak. Meski pandemi masih ada, mereka selalu mendulang prestasi. Pandemi bukan halangan, melainkan tantangan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi madrasah, keluarga dan bangsa. Terima kasih atas dedikasi yang tak terhingga, mudah-mudahan ke depannya prestasi yang dipersembahkan semakin gemilang seperti tahun-tahun sebelumnya, urainya.

Untuk diketahui bahwa ekstrakurikuler Seni Bela Diri MAN 2 Mataram khususnya Taekwondo dan Pencak Silat selama kurun waktu 2020-2021 berkali-kali  memenangkan medali Emas, Perak dan Perunggu pada even tingkat International. Tercatat lebih dari 25 medali internasional pernah diraih. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan Kamad dan segenap warga madrasah dapat terwujud.


Penulis: Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda