Telp : +62370633077

SPEKTAKULER REUNI AKBAR 30 ANGKATAN DAN LAUNCHING TIGA BUKU FENOMENAL MAN 2 MATARAM

Gambar. Kegiatan Talk Show Menampilkan Alumni MAN 2 Mataram yang telah Sukses sebagai Pemimpin Muda NTB

 Mataram- Meski rintik gerimis romantis mengiringi persuaan sore ini, namun tak mengurungkan niat ratusan alumni untuk memadati lapangan tengah MAN 2 Mataram. Hari ini gelaran reuni Akbar 30 angkatan mulai dari tahun 1992-2022 menyemut. Dengan Tema besar” MANDA BEDAIT MALIK (Manda bertemu kembali). Rupanya semakin sore, lapangan semakin dipadati alumni.

Suasana begitu meriah ditambah dengan dentuman musik religi yang dipersembahkan oleh grup-grup musik alumni berkolaborasi dengan salah seorang guru pemain musik handal Helmi Basyuni yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Madha Band, Ari Intuisi, Columbia Sufis dan Anya Band begitu memukau. Lantunan lagu-lagu Maher Zein mengalun merdu plus lagu-lagu yang mewakili semua generasi kian menambah euforia setiap angkatan semakin menggelora.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Dalam sambutannya, Kamad mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada alumni yang berkesempatan hadir. Beliau mengungkap jika MAN 2 Mataram saat ini jauh berbeda dengan 30 tahun lalu. Semua aspek telah berubah. MAN 2 Mataram kini telah menjadi salah satu madrasah unggulan di Indonesia. Alumninya pun tersebar di lima (5) Benua. Itu sebabnya jargon MAN 2 Mataram saat ini adalah sebagai madrasah yang Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia.

Beliau berharap reuni perdana ini sebagai starting point bagi pembentukan kepengurusan IKA MANDA. Setelah terbentuk diharapkan kontribusi alumni kedepannya memberikan nurturan effect (dampak) utamanya bagi madrasah dan juga bagi junior-juniornya. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kerja keras dan cerdas dari panitia.

Gambar. Nampak alumni beberapa angkatan mulai memenuhi area Reuni Akbar MANDA Bedait Malik

Kegiatan beranjak ke acara talkshow dipandu oleh presenter kondang TVRI NTB yang juga alumni MAN 2 Mataram; Fahrurrozi Anshory (Bang Ojik). Talkshow menghadirkan pemimpin-pemimpin muda MAN 2 Mataram yang sudah sukses di bidangnya. Sebut saja Indra Jaya Usman atau akrab disapa Bang Iju alumni 25 tahun lalu, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat wilayah Nusa Tenggara Barat, Abdul Rohman Ketua DPD Gerindra Kota Mataram yang sudah dua periode menjadi anggota Legislatif Kota Mataram.

Dalam sambutannya, Bang Iju mengaku terpukau dengan perubahan yang sangat signifikan dari madrasah tercintanya ini. Bangunan-bangunan lama sudah berganti dengan bangunan bertingkat nan megah. Terus terang, setelah 25 tahun saya baru masuk ke madrasah lagi karena kesibukan dan aktivitas lainnya menyebabkan tidak sempat untuk menengok almamaternya. Bersyukur, hari ini ada kegiatan Reuni Akbar ini, jadi kerinduan yang begitu dalam dengan para guru dan teman-teman bisa terobati.Bang Iju mengaku terkejut didaulat menjadi Ketua IKA MANDA yang pertama, namun ini merupakan sebuah kehormatan dan tantangan baginya untuk membawa IKA MANDA menjadi sebuah ikatan yang solid dan berkontribusi baik bagi madrasah, urainya.

Ucapan senada juga disampaikan oleh bang Abdul Rochman anggota Legislatif Kota Mataram sekaligus Ketua DPD Gerindra Kota Mataram ini mengaku salut dan bangga kepada panitia yang telah menginisiasi kegiatan ini. Kalau bukan kegiatan hari ini tidak akan ada kesempatan untuk bersua dengan guru dan teman-teman. Inilah momen terbaik untuk berkumpul di bulan yang penuh keberkahan ini, ungkapnya.

Gambar. Salah satu performance alumni Madha Band pada perhelatan Reuni Akbar MAn 2 Mataram (24/04)

Euforia dan semangat menghadiri acara ini juga ditunjukkan oleh Apt. Lalu Irham, P.hD; fresh graduated dari Taipei Medical University Taiwan. Ia merupakan alumni terbaik pada Program Doktor Agustus 2021 lalu.Dr. Lalu Irham saat ini merupakan salah satu pengajar (dosen) di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada Fakultas Farmasi.

Saking antusiasnya, begitu mendengar kabar dari Humas MAN 2 Mataram akan ada reuni Akbar beliau langsung menyatakan akan hadir. Begitu landing di BIZAM langsung meluncur ke tempat acara. Dr. Lalu Irham beberapa waktu lalu juga sempat membahas tentang pembentukan IKA MANDA.

Tak lupa juga performance Da'i Kondang NTB Habib Hasan Al-Idrus alumni Yaman plus Hafiz 30 Juz ini yang luar biasa, meski waktu sempit ia mampu memaparkan tentang keutamaan silaturrahmi. Momen inilah sebagai momen terbaik untuk silaturrahmi. Barang siapa yang menjaga silaturrahmi,maka akan dipanjangkan umurnya, jelasnya.

Desainer Muda plus influencer berbakat yakni Nabila Sungkar juga turut memeriahkan acara. Ia merupakan alumni yang telah sukses di bidangnya. Sebagai seorang influencer, tentu followernya melimpah. Tercatat lebih dari 12 ribu followernya di akun IGnya. Jika pembaca penasaran, bisa dicek di akun IGnya yakni Nabila Sungkar Official.

Setelah IKA MANDA terbentuk, selanjutnya akan ada follow up berupa Muktamar Resmi IKA MANDA yang akan membentuk kepengurusan termasuk penyusunan AD/ARTnya baru kemudian akan ada pelantikan dari pejabat terkait termasuk dari Kepala Madarasah beserta jajarannya, baru kemudian akan disusun program kerja urai Lalu Yusron Syahroni selaku Ketua Panitia.

Yon demikian sapaan akrabnya mengaku terharu sekaligus bangga atas terselenggaranya even perdana ini. Bagaimana tidak, ide ini berawal hanya dari insta story yang diunggahnya beberapa waktu lalu tentang keinginannya untuk melakukan reuni dengan hanya sepuluh angkatan saja yakni dari 2010-2022. Tak dinyana, malamnya begitu banyak perwakilan masing-masing angkatan yang berkunjung ke rumah untuk membicarakan acara tersebut secara serius.

Tentu saja saya terkejut, karena ternyata alumni menanggapi serius apa yang saya unggah di insta story. Berawal dari 10 angkatan dan banyaknya protes dari angkatan lainnya, akhirnya reuni ini berkembang menjadi semua angkatan. Bahkan saya sendiri pesimis kegiatan ini bisa terlaksana dalam waktu yang sangat sempit. Bayangkan hanya dalam waktu satu minggu even Akbar yang melibatkan semua angkatan dari 1992-2022 akhirnya bisa terlaksana. Semua serba cepat, serba terbatas. Termasuk persiapan pamflet, sosialisasi di berbagai platform media sosial, undangan, dan lain-lain. Cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran. Tapi Alhamdulillah semua letih itu terbayar dengan membludaknya alumni yang datang pada hari ini, tuturnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan launching tiga (3) buku MAN 2 Mataram sekaligus sebagai souvenir kepada Nara Sumber dan Guest Star yakni: (1) MAN 2 Mataram Mendunia, (2) Jejak KIR MANDA dalam Goresan: Esai Kaum Milenial, dan (3) Ketika Hati Berbicara: Kumpulan Puisi dan Desain Poster. Ketiga buku tersebut hasil kolaborasi Tim Gerakan Literasi Madrasah (GLM) MAN 2 Mataram yang digawangi Dr. Siti Rahmi, M.Pd., dkk beberapa minggu terakhir dengan penerbit dan percetakan oleh Arti Bumi Intaran Yogyakarta.

Ketiga buku tersebut awalnya akan dijadikan sebagai kado terindah Milad MAN 2 Mataram pada 25 April 2022 (hari ini). Namun gelaran Reuni Akbar ke-30 ini juga sebagai simbol bahwa angka 30 merupakan angka keramat. Jika dianalogikan dengan usia manusia, angka 30 merupakan angka yang tidak terlalu muda tidak juga terlalu tua. Jadi momennya sangat pas (baca: semaik waye). Maka sangatlah tepat untuk melaunching ketiga buku tersebut di hadapan alumni.

Mudah-mudahan reuni perdana ini membawa dampak positif bagi keluarga besar MANDA ke depan, solid serta peduli dengan perkembangan madrasah. Selamat atas suksesnya kegiatan Reuni Akbar dan pembentukan IKA MANDA. Kiprahmu dinanti. BRAVO!!


Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M)

 INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG :Humas MAN 2 Mataram

FB :Humas MAN 2 Mataram

YT :Humas MAN 2 Mataram

Website : man2mataram.net

Email : humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda