Telp : +62370633077

Songsong Ujian Madrasah KKMA Kota Mataram Adakan MGMP Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal Ujian Madrasah

Gambar. Kolase suasana Kegiatan MGMP Pembuatan Kisi-Kisi dan Soal Ujian Madrasah

HUMASMAN2MATARAM – Ujian madrasah merupakan ujian akhir program yang dilaksanakan pada siswa kelas akhir pada setiap jenjang madrasah dari tingkat MI, MTs, dan MA. Pelaksanaan ujian madrasah agak berbeda dengan UAMBN. Jika soal UAMBN dibuat oleh Kementerian Agama Pusat, penyusunan soal Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 ini diserahkan pada masing-masing madrasah.

Pelimpahan penyusunan soal Ujian Madrasah kepada masing-masing madrasah menuntut guru untuk mengupgrade kemampuannya dalam menyusun soal yang berkualitas. Oleh karena itu, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Ujian Madrasah, melalui Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) menyelenggarakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Penyusunan Kisi-kisi dan Soal UM dan UAMBN. Kegiatan dilaksanakan di Aula PPT MAN 2 Mataram pada Kamis, 17 Februari 2022 diikuti oleh 86 peserta guru mata pelajaran UM kelas XII. Hadir dalam kegiatan ini Kakankemenag Kota Mataram, pengawas madrasah dan Kepala MA se-Kota Mataram.

Dr. Lalu Sirajul Hadi,M.Pd. selaku ketua KKMA menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam pembuatan kisi-kisi dan soal UM dan UAMBN. “Kesepahaman persepsi tersebut harus di musyawarahkan terlebih dahulu dalam masing-masing kelompok MGMP menjadi kisi-kisi dan soal yang nantinya menjadi arsip MGMP” terangnya.

Gambar. Dr. Sirajul Hadi memberikan sambutannya dalam kegiatan MGMP

MGMP ini diadakan karena soal UM dan UAMBN wajib dibuat oleh guru madrasah itu sendiri. Disisi lain Ujian Nasional (UN) saat ini ditiadakan dan menimbang pelaksanaan UM dan UAMBN akan segera dilangsungkan tanggal 21-30 Maret 2022.

Dalam sambutannya Kakankemenag Kota Mataram H. Muhammad Amin, M. M.Pd. menyampaikan harapannya dengan terlaksananya kegiatan MGMP ini bisa menghasilkan naskah soal Higher Order Thinking Skills (HOTs) yang berkualitas. “Soal HOTs dapat mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi sehingga diharapkan hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan dapat membekali mereka untuk menghadapi abad 21”, tegasnya.

Masing-masing Madrasah Aliyah harus ada kesamaan persepsi sehingga materi yang diujikan sesuai dengan apa yang telah diajarkan. Dengan interaksi yang baik antar guru akan memantapkan persepsi yang sama terkait hasil penyusunan soal utama dan cadangan UM/ UAMBN Tahun Pelajaran 2021/2022.

Gambar. Lalu Syauki dan Muhammad Amin dalam memberikan sambutan kegiatan MGMP

“Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan teknis bagi guru madrasah dalam menyusun kisi-kisi dan soal ujian pada madrasah, sehingga guru dapat membuat alat evaluasi yang tepat bagi penilaian pembelajaran di madrasah” Demikian disampaikan Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki MS., M.Pd. dalam sambutannya.

Pelaksanaan Ujian Madrasah sebagai ganti UN/UAMBN menuntut kesiapan para guru madrasah yang harus terus memacu diri mengikuti setiap perkembangan ilmu pengetahuan dalam kaitan dengan teknik penyusunan soal ujian.

"Jangan berpuas diri dengan apa yang Anda lakukan selama ini. Mari manfaatkan kesempatan kegiatan ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber profesional yang hadir agar kualitas pelayanan pendidikan khususnya di madrasah terus meningkat,’’ ajak Lalu Syauki kepada para peserta kegiatan.

Gambar. (Atas) Ahmad Ikmal sebagai narasumber kegiatan dan (bawah) suasana antusiasme peserta menyusun kisi-kisi dan soal HOTS

Dalam membuat naskah soal madrasah harus mengacu pada materi pelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan dan mempunyai kompetensi yang mudah dipahami untuk menentukan kompetensi dasar dengan tujuan menghasilkan peserta didik yang cerdas dan berkualitas. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Pokjawas Provinsi yakni Ahmad Ikmal, S.Pd., M.Si. dalam materi Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah - Kisi-kisi dan Soal HOTS pada Ujian Madrasah dan Drs. Zaenuri, M. M.Pd. dengan materi Desain Instrumen Penilaian Ujian Madrasah.


Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi


**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**


share:

Tinggalkan Komentar Anda