Telp : +62370633077

Pemilihan Duta AMAN ANTIK MAN 2 Mataram bersama BPOM dan Kakanwil Kemenag NTB. Begini prosesnya

Keterangan Gambar : Pemilihan Duta AMAN ANTIK MAN 2 Mataram bersama BBPOM dan Kakaknwil Kemenag NTB. (Humas MAN 2 Mataram)

HUMASMAN2MATARAM - MAN 2 Mataram sebagai salah satu madrasah unggulan di Indonesia selalu berbenah dalam segala lini, baik bidang akademik maupun non akademik.

Sebagai pioneer dari madrasah unggulan, inovasi dan sinergi dengan semua unsur terus dilakukan MAN 2 Mataram. Salah satunya adalah bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) NTB.

Sinergisitas ini berupa kegiatan BBPOM Menyapa Madrasah di MAN 2 Mataram. Kegiatan ini berisi tentang pengujian makanan dan kosmetik yang aman dan sehat, dirangkai dengan pengukuhan Duta Aman ANTIK dan launching lomba tiktok dengan tema: 'Generasi Aman dan Antik.'

Keterangan Gambar : Sosialisasi Generasi Sadar Aman dan ANTIK (Makanan, Obat, dan Kosmetik) oleh Ibu Kepala BPOM Mataram Dra I Gusti Ayu Adhi Aryapatni Apt 

Jalinan kerjasama ini sudah terbentuk sejak salah seorang siswa MAN 2 Mataram; Hana Novita Fitri terpilih mewakili NTB dalam Kontes Duta Kosmetik Aman 2022 yang lalu di Bekasi.

Keterangan Gambar : Hana Novita Fitri (Duta Kosmetik Aman 2022). (Humas MAN 2 Mataram)

Kolaborasi kembali terjalin erat dengan adanya sosialisasi Cerdas Memilih Makanan, Obat, dan Kosmetik yang aman seminggu yg lalu. Tepatnya pada Jumat, 17 Februari 2023. Peserta kegiatan ini terdiri atas siswa kelas X.

Kegiatan ini juga sebagai implementasi dari P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di dalam Kurikulum Merdeka dengan tema kewirausahaan.

Tujuan kegiatan ini adalah siswa memahami pentingnya makanan yg sehat dan juga aman. Khususnya ketika mereka akan berwirausaha atau menjadi enterpreuneur.

Dari kegiatan tersebut akhirnya disepakati antara BPOM dan MAN 2 Mataram untuk menggalakkan pentingnya pemahaman siswa tentang makanan, obat dan kosmetik yang aman.

Peserta calon duta Aman ANTIK sebanyak 50 orang yang merupakan perwakilan dari 25 kelas, masing-masing satu pasang. Semuanya merupakan wakil dari kelas X dan XI.

Semua Duta Aman ANTIK terpilih ini kemudian mengikuti pengukuhan di Aula Pembelajaran Terpadu MAN 2 Mataram, Jumat (24/2).

Pengukuhan dilakukan oleh Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Azis SHI MH, Kepala BBPOM NTB Dra I Gusti Ayu Adhi Aryapatni Apt, Kemenag Kota Mataram Drs H Haryadi Iskandar, dan Kepala MAN 2 Mataram Drs H Lalu Syauki MS MPd.

Keterangan Gambar : Pemilihan Duta AMAN ANTIK MAN 2 Mataram bersama BBPOM dan Kakaknwil Kemenag NTB. (Humas MAN 2 Mataram)


Kegiatan dihadiri pula oleh segenap Kepala Madrasah se-Kota Mataram, seluruh guru dan karyawan MAN 2 Mataram, tamu undangan, stakeholder dan Komite Madrasah, dan guru tamu MAN 2 Mataram dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osman.

Kepala Kanwil Kemenag NTB H Zamroni Azis sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh MAN 2 Mataram.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik bagi madrasah dan dapat dijadikan contoh bagi madrasah lainnya. Saya sangat antusias dan sangat senang ada kegiatan ini di madrasah," katanya.

"Selamat kepada MAN 2 Mataram yang telah menginisiasi kegiatan positif ini. Terima kasih kepada Ibu Kepala BBPOM yang sudah berkenan mengadakan kegiatan semacam ini di madrasah," katanya.

"Ke depannya kita akan lebih banyak bersinergi, karena Kemenag NTB mengelola ribuan madrasah swasta. Sekitar 90% madrasah swasta dan hanya 10% madrasah negeri," pintanya.

"Madrasah- madrasah ini sangat membutuhkan pemahaman tentang makanan yang sehat dan aman. Terutama untuk kantin sehat madrasah," jelasnya.

"Demikian pula dengan Kanwil Kemenag NTB, kami sudah memiliki Kepala Bidang yang khusus menangani sertifikat halal, saya pikir BBPOM juga berperan dalam hal ini," tuturnya.

Kegiatan semacam ini akan terus digalakkan oleh MAN 2 Mataram utamanya bagi Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan positif seperti ini akan melahirkan generasi yang sehat, kuat, dan penuh semangat.***

share:

Tinggalkan Komentar Anda