Telp : +62370633077

KADO AKHIR TAHUN, MAN 2 BORONG PIALA MADRASAH REFORM AWARD

**HUMASMAN2MATARAM** - Pendidikan sebagai salah satu sektor pembangunan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi yakni terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia. Berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Makna manusia berkualitas, menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, Pendidikan Nasional harus berfungsi secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter. 


Salah satu sub-sistem Pendidikan Nasional adalah lembaga pendidikan madrasah, yang tercantum dalam Bab VI pasal 17 dan 18 (UU Sisdiknas) bahwa jenis dan jenjang pendidikan madrasah adalah Madrasah Ibtida’iyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah. Saat ini, Madrasah Aliyah dibagi menjadi empat macam, yaitu: Madrasah Aliyah Reguler, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK), Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (Vokasional). MAN 2 Mataram sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama masuk pada kategori Madrasah Reguler. 


Tahun ini MAN 2 Mataram memperoleh prestasi dengan branding Madrasah Unggulan. Dengan branding unggulan ini, otomatis semua fasilitas semisal sarana prasarana, tenaga pengajar, tenaga kependidikan, lingkungan belajar yang sehat, siswa berprestasi, alumni dan keberterimaan stakeholder atau pengguna lulusan dengan daya serap yang tinggi, nilai akreditasi yang istimewa, publikasi ilmiah, prestasi kepala madrasah dan guru, dan lain-lain merupakan prasyarat yang harus dipenuhi. Semua persyaratan di atas juga merupakan penilaian pada saat Madrasah Reform Award (Lomba Madrasah Berprestasi) tingkat Provinsi yang digelar oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat. Program Madrasah Reform adalah program revolusioner reformasi madrasah yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang disuport penuh oleh World Bank dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di seluruh Indonesia. 


Saat ini, keberadaan madrasah dipandang bukan hanya sebagai tempat mempelajari ilmu agama saja, namun lebih dari itu. siswa, guru, kepala madrasah serta seluruh warga madrasah turut serta dalam berbagai inovasi untuk kemajuan mutu madrasah. Hal ini juga dilakukan di MAN 2 Mataram. Berbagai inovasi dilakukan untuk menjadi Madrasah Mandiri dan Mendunia. Salah satunya dengan mengikuti lomba Madrasah Reform Award. Kegiatan ini dilakukan medio 16 September lalu. Lomba Madrasah Reform ini merupakan salah satu ajang untuk mengukur mutu madrasah yang terbagi menjadi dua komponen yakni *Main Component* dan *Complement Component*. 


Adapun *Main Component* atau Komponen Utama yang terbagi ke dalam delapan indikator yang harus dipenuhi oleh masing-masing Satuan Kerja. Di antara komponen utama itu sudah disebutkan di atas. Termasuk keberhasilan madrasah dalam mengirimkan alumninya kuliah ke lima Benua. Demikian juga dengan mutu guru dan manajemen madrasah. Sedangkan *Complement Component* atau Unsur Penunjang merupakan unsur pelengkap, semisal prestasi yang dicapai oleh madrasah pada umumnya, wabil khusus prestasi yang telah dicapai oleh Kepala Madrasah, Siswa, dan Guru. Mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional. 


Berdasarkan kedua komponen tersebut mampu menghantarkan MAN 2 Mataram menjadi Juara 1 di malam puncak Berkreasi dan Berprestasi yang disiarkan secara live streaming melalui channel Kemenag NTB. Pada even itu, MAN 2 Mataram meraih dua kategori, yakni Juara 1 Madrasah Reform Award dan Memperoleh Predikat Terbaik Semua Jenjang dalam menghantarkan siswanya kuliah ke Luar Negeri. Kepala Madrasah yang mewakili Keluarga Besar MAN 2 Mataram mengaku sangat berbahagia dengan capaian ini. 


“Terbayar sudah lelah, peluh, dan keluh selama ini. Ini berkat kerjasama tim yang solid dan memiliki komitmen yang tinggi. Terima kasih untuk semua tim atas dedikasi yang tinggi untuk madrasah. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, namun tidak boleh membuat MAN 2 Mataram menjadi puas dan lupa diri. Masih banyak tantangan yang jauh lebih sulit yang akan dihadapi”, urainya. Kamad berharap agar semua warga madrasah selalu meningkatkan kompetensi diri, bukan hanya di atas kertas namun teruji secara nyata.


 “Bila perlu semua guru menjemput bola menyambut even-even atau lomba-lomba yang diadakan oleh berbagai lembaga. Guru juga harus merubah mindset, berbenah dalam segala dini. Mudah-mudahan capaian hari ini berkah dan menjadi lebih baik ke depannya, tutupnya.” Selamat kepada segenap Warga MAN 2 Mataram! Kado ini merupakan estafet selanjutnya untuk menjadi Madrasah Mandiri, Berprestasi dan Mendunia! 


Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati 

Editor: Siti Rahmi 


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda