Telp : +62370633077

JARING SANTRI BERKUALITAS, MANPK MAN 2 MATARAM MELAKSANAKAN TES CBT DAN WAWANCARA SNPDB TAHUN AJARAN 2022/2023

Gambar. Kolase kegiatan TES CBT dan Wawancara SNPDB 2022 MANPK-MAN 2 Mataram

HUMASMAN2MATARAM - Minat siswa untuk bersekolah di madrasah terus meningkat. Hal itu terlihat dari lebih dari 21 ribu siswa telah mendaftar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) 2022/2023.

MAN Program Keagamaan (MAN-PK) adalah salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987. Pada kurikulum keagamaannya padat dan ditekankan pada penguasaaan bahasa Arab dan Inggris.

Dari 10 Program MAN PK (MAN Program Keagamaan) di Indonesia, salah satunya adalah MAN 2 Mataram. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SNPDB MAN PK-MAN 2 Mataram akan dibuka melalui 2 jalur yakni tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas.

Pada tahun ajaran 2022/2023, jumlah peserta Seleksi Nasional Peserta Didik Baru 2021 khusus MAN PK-MAN 2 Mataram diikuti oleh 235 peserta yang terdiri dari 112 santri laki-laki dan 123 santri perempuan. Dari data tersebut diketahui peminat siswa bersekolah di MANPK-MAN 2 Mataram mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 159 peserta menjadi 235 orang peserta.

Hal itu disampaikan oleh Muhrim, M.PdI, ketua panitia SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram Sabtu (26/2/2022). “Minat siswa sekolah di madrasah terus meningkat. Pendaftar SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram tahun ini kembali naik. Total mencapai 235 pendaftar, naik dari tahun sebelumnya” katanya.

Lebih lanjut, Muhrim menjabarkan bahwa Seleksi masuk MAN PK digelar akhir pekan ini, 26–27 Februari 2022. Karena masih suasana pandemi, SNPDB digelar secara daring. Kami antisipasi setiap potensi kerumunan. SNPDB digelar daring, dengan Computer Based Test (CBT),” terangnya.

“Karena sistemnya daring, maka para pendaftar bisa memilih lokasi pelaksanaan tes CBT. Peserta bisa mengerjakan dari rumah masing-masing atau lokasi lainnya yang ada jaringan internet. Peserta juga dapat mengikuti tes secara daring dari madrasah asal yang menjadi pilihan mendaftar,” ujar Muhrim.

Gambar. (Atas) Ketua Panitia SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram, Muhrim, M.PdI., dan (bawah) Lalu Syauki MS., M.Pd, sedang meninjau pelaksanaan Tes CBT SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram

Sesuai dengan jadwal dan serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, pelaksanaan CBT hari pertama dilaksanakan pada tanggal 26 februari 2022 dibagi menjadi dua sesi yakni sesi 1 dari pukul 08.30 hingga 11.30 Wita dan sesi 2 dari pukul 13.00 hingga pukul 16.30 Wita. Dari jumlah peserta masing-masing sesi 60 orang, terdapat 6 orang yang tidak mengikuti tes CBT. Materi tes CBT diantaranya adalah PAI, Matematika, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Belajar (TPB).

Pelaksanaan CBT hari kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2022 dibagi menjadi dua sesi yakni sesi 3 pada pukul 08.30 - 11.30 Wita dan sesi 4 pada pukul 13.00 hingga 16.30 Wita dengan jumlah peserta masing-masing sesi 60 orang.

Selain melaksanakan tes CBT, peserta SNPDB MAN PK – MAN 2 Mataram juga melaksanakan tes wawancara yang dipusatkan di gedung PPT MAN 2 Mataram. Seperti dengan tes CBT, pelaksanaan tes wawancara dilaksanakan melalui dua teknis yakni daring dan luring. Peserta dapat memilih melakukan tes wawancara secara daring maupun luring.

Tes wawancara dilaksanakan selama 3 hari yakni, 26 hingga 28 Februari 2022, pelaksanaan tes wawancara dibagi menjadi dua sesi yakni sesi 1 dari pukul 08.30 hingga 11.30 Wita dan sesi 2 dari pukul 13.00 hingga 18.00 Wita.

Pewawancara dalam tes ini sebanyak 5 orang dengan materi wawancara yang berbeda-beda, yakni a) kemampuan membaca dan menghafal al-qur'an, b) kemampuan menulis ayat-ayat pendek atau kalimat thoyyibah, c) kemampuan membaca kitab kuning dasar, d) kemampuan bahsa Arab dan Inggris, e) kemampuan menterjemahkan teks bahasa arab dan inggris serta f) materi wawancara potensi belajar.

Pelaksanaan tes CBT dan wawancara ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, tak ayal sebanyak 3 orang tim monev dari UIN Surabaya dan tim Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama selalu memantau pelaksanaan tes SNPDB ini.

Lebih lanjut, H. Lalu Syauki MS., M.Pd, kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram menyatakan ucapan syukur dan leganya karena pelaksanaan tes SNPDB-MANPK MAN 2 Mataram berjalan lancar. “Pelaksanaan Tes SNPDB-MANPK Alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada kendala teknis dan non teknis”, ucap Lalu Syauki.

Peserta yang dinyatakan lulus SNPDB, harus melakukan daftar ulang pada 21-31 Maret 2022. Adapun jadwal masuk asrama pada 16 Juli 2022. “Hasil SNPDB akan diumumkan pada 16 Maret 2022 melalui website Kementerian Agama: https//snpdb-madrasah.kemenag.go.id dan website madrasah, man2mataram.net,” tegas Lalu Syauki.

Penulis: Rahayu Dwi Rahmawati

Editor: Siti Rahmi

**INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com**

share:

Tinggalkan Komentar Anda