Telp : +62370633077

HEBOH, 30 EKSKUL MANDA RAKER

HumasMAN2Mataram- Kehebohan terlihat di ruang aula gedung Pembelajaran Terpadu. Ratusan perwakilan ekskul memadati  ruangan aula. Hal ini karena sejumlah 30 ekstrakurikuler di MAN 2 Mataram melakukan Rapat Kerja (Raker) hari ini (20/11).  Kegiatan turut dimeriahkan oleh Pembina, Pelatih, jajaran Waka dan tamu undangan.

Raker dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Madrasah setelah terlebih dahulu diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah, dilanjutkan dengan  pembacaan Kalam ilahi. Yang unik pada gelaran kali ini, terdapat tiga orang qori'-qori'ah berkolaborasi memeriahkan acara dengan suara yang menyejukkan hati. Ketiga qori'- qori'ah ini merupakan perwakilan dari santri MANPK Putra dan Putri.


Gambar : 30 Ekstrakulikuler melaksanakan RAKER di ruang Aula PPT, MAN 2 Mataram

Dalam kesempatan itu,  Ketua Panitia Mahfuzan Indra Kusuma, S.Pd. mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kepala Madrasah, panitia dan seluruh perwakilan ekstrakurikuler atas terselenggaranya raker ini. Pak Indra mengurai  jika raker ini dihadiri oleh seluruh pembina, pelatih dan perwakilan ekskul. 

Menurutnya, kegiatan akan berlangsung sehari penuh dan masing-masing ekskul akan diberikan kesempatan memaparkan draft rancangan program kerja yang sudah dibuat sebelumnya. Ia berharap, seluruh peserta mengikuti raker dengan baik, disiplin dan tetap menjaga protokol kesehatan. Tak lupa permohonan maaf jika dalam pelaksanaan raker nanti terdapat kekurangan maupun kekeliruan.

Gambar: Ketua Panitia Raker, Mahfuzan Indra Kusuma, S.Pd. Memberikan Sambutan

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan dari Bapak Kepala Madrasah sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya Bapak Kepala Madrasah senang dan antusias dengan diselenggarakan raker ini. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih pada panitia pelaksana. Ini untuk pertama kalinya seluruh ekskul duduk bersama membahas program kerja, tuturnya. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin dari madrasah. Beliau berharap seluruh ekskul bisa melaksanakan semua program kerja selama satu tahun ke depan.

Gambar: Penyusunan Raker Ekstrakulikuler Manda TV bersama Pembina

Dalam kesempatan itu, Kamad berpesan kepada semua perwakilan ekskul agar mereka mampu berpikir ke depan (visioner) dan apa yang dituangkan dalam proker itu harus terukur dan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan di madrasah. Melalui kegiatan ini juga, Kamad menghimbau paling tidak semua perwakilan mendapatkan gambaran kegiatan atau target yang harus dicapai selama menjadi pengurus. Plus Pengurus harus mampu memperkirakan berapa kompetisi yang harus diikuti dan dimasukkan dalam agenda rutin. Dan itu tidak boleh diabaikan. 

Demikian juga dengan bentuk laporan, madrasah akan memberikan format kegiatan.  Sehingga seluruh ekskul memiliki format yang seragam dan baku, serta tampilan yang baik. Kamad berharap, semua proker dari 30 ekskul bisa tercover oleh madrasah nantinya. "Silakan kalian paparkan sebanyak-banyaknya ide dan pendapat kalian tentang program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, tuturnya".

Gambar : Penyusunan Raker Ekstrakulikuker MKC (Manda Korean Club)

Lebih jauh, Kamad berharap kepada panitia agar benar-benar menela'ah setiap program kerja dengan teliti sehingga tidak ada yang terlewatkan, serta panitia  bisa membimbing dan mengarahkan semua ekskul agar teratur. Kata kuncinya harus ada koordinasi.  Ini terutama untuk pengurus Orsima demikian pula dengan setiap ekskul jika akan melakukan kegiatan, harus atas sepengetahuan Orsima. Jangan sampai merasa bahwa ekskul yang diikuti paling baik, apalagi sampai meng-ekslusive-kan diri.

"Sebuah organisasi tidak akan dapat berjalan dengan baik jika tidak ada kerjasama dengan tim. Tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Selama ini, masih banyak kegiatan yang tidak sesuai dengan SOP. Untuk itu mohon perhatikan garis koordinasi. Ketika pejabat berwenang akan mengeksekusi program, harus ada jalur koordinasi yang dilewati terlebih dahulu, sehingga keputusan sebuah kegiatan bisa berjalan apabila sudah ditela'ah dengan baik.

"Mari Kita bergandengan tangan, kita satukan hati dan pikiran kita serta memiliki visi yang sama untuk menyambut tahun 2022 dengan membaca basmalah, Raker dengan tema: "Mengoptimalkan Sinergi antara Orsima dan Ekstrakurikuler dalam Rencana Kerja Nyata menuju Madrasah Mandiri Berprestasi ini resmi dibuka. Selamat menyusun program kerja, urainya."

Gambar : Penyusunan Raker ekstrakulikuler MAC (Manda English Club) bersama Pembina

Adapun kegiatan Rapat Kerja Ekskul ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama pembukaan kemudian sesi 2 merupakan pemaparan materi.Pemaparan materi disampaikan secara panel oleh tiga orang narasumber, yakni: Ibu Hj. Purwaningsih, SH selaku ibu KTU, pemateri kedua yakni Ibu Meci Karimah Kasipahu selaku Waka Kesiswaan dan Helmi Basyuni, S.S., M.Pd.I selaku Penjamin Mutu Kesiswaan. Dipandu moderator enerjetik Ibu Verweny Rochcy Maryati, M.Pd.

Ibu KTU memaparkan materi tentang Sistematika Pelaporan Kegiatan, sedangkan Ibu Meci menyampaikan tentang Pemaparan Program Kerja (Proker) dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan pak Helmi Basyuni menyampaikan tentang tahap Konsultasi dan Revisi bersama. Terkait dengan sistematika pelaporan kegiatan dan pembayaran insentif pelatih mulai tahun 2022 akan dibayarkan setiap bulan. Hanya saja nanti akan diberikan format laporan kegiatan dan laporan latihan sehingga semuanya seragam.

Ibu Meci mengawal perwakilan setiap ekskul dalam memaparkan Program Kerja dan RAB. Pada sesi ini masing-masing perwakilan ekskul mempresentasikan program kerja selama satu tahun anggaran. Selanjutnya, kegiatan dikawal oleh pemateri ketiga dengan tahapan konsultasi dan revisi tentang hal-hal yang terkait dengan apa yang perlu dan tidak yang dimasukkan dalam program kerja masing-masing.

Gambar : Pernyusunan Raker Ekstrakulikuler Pramuka bersama Pembina

Kegiatan berlangsung seru dan menyenangkan. Ini terlihat dengan begitu antusiasnya perwakilan masing-masing ekskul mempresentasikan program mereka ditambah dengan komentar para pemateri dan pertanyaan dari pembina, pelatih maupun anggota ekskul itu sendiri.

Mudah-mudahan acara raker ini menghasilkan program kerja yang baik, unggul dan tentu harus bisa terealisasi dan terpenuhi sesuai dengan kemampuan madrasah. Peserta juga memperoleh ilmu baru dalam menyusun laporan setiap kegiatan.  Semoga raker ini dijadikan sebagai momentum untuk saling berinteraksi dan bersilaturrahmi bagi semua ekskul, sehingga sinergi semakin terjalin dengan baik dalam harmoni.


Penulis: Siti Rahmi


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI: 

IG:Humas MAN 2 Mataram 

FB:Humas MAN 2 Mataram 

YT:Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.man2mataram.net 

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda