Telp : +62370633077

HEBAT, SANTRI MANPK MAN 2 MATARAM WAKILI INDONESIA DI SIDANG PBB

Gambar. Rangkaian kegiatan MUN (Model United Nation) Sidang PBB yang diikuti oleh Muhammad Andrianuddin (kanan) Santri MANPK MAN 2 Mataram beserta rekan-rekannya dari 70 Negara di Bali-Denpasar 25-28 Februari 2022.

Denpasar- Muhammad Andrianudin atau akrab dipanggil Andre merupakan salah satu santri MANPK yang berprestasi. Andre kini duduk di kelas 12. Pemuda 17 tahun ini memiliki pribadi yang periang, ramah dan supel. Tak heran ia memiliki banyak teman. Karena pintar bergaul, otomatis kemampuan berkomunikasinya sangat baik. Kemampuan inilah yang mengantarkannya menjadi salah satu perwakilan pada ajang bergengsi tingkat dunia. Ajang tersebut yakni MUN. 

MUN (Model United Nation) yakni salah satu ajang simulasi sidang PBB yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN). MUN adalah ajang para pemuda dari seluruh dunia yang dapat merasakan suasana sidang PBB secara langsung, berkumpul dan belajar mengenai diplomasi, berpendapat serta berdiskusi merumuskan solusi-solusi terbaik untuk menjelaskan masalah-masalah global. MUN semisal Parlemen Remaja di Indonesia.

Model United Nation diselenggarakan setiap tahun sejak 2017 lalu. Biasanya penyelenggaranya adalah negara yang ditunjuk. MUN pertama diselenggarakan di Kuala Lumpur, dengan jumlah delegasi 620 pemuda dari 45 negara. Tahun 2018 MUN dilaksanakan di Thailand- Bangkok dengan total 1066 orang delegasi dari 70 negara. Tahun 2019 (MUN ketiga) dilaksanakan di Putrajaya, Malaysia dengan total delegasi sejumlah 1518 orang dari 85 negara. 

Awal Februari 2020 lalu MUN (keempat) dilakukan dengan jumlah delegasi 575 orang dari 52 negara. Pada November di tahun yang sama International Global Network kembali menyelenggarakan MUN yang kelima dengan jumlah delegasi sebanyak 1018 orang dari 51 negara. MUN keenam diselenggarakan di London. MUN keempat, lima dan enam diselenggarakan secara virtual di tengah kasus Covid yang sedang booming, juga dengan peserta ribuan dari puluhan negara.

Tahun 2022 merupakan pelaksanaan MUN ke-7 yang diikuti oleh 70 negara secara langsung, mulai tanggal 25-28 Februari 2022. Kali ini Indonesia sebagai tuan rumah. Pelaksanaannya di Bali- Denpasar. Namun terkait dengan kebijakan penerapan Covid-19 di masing-masing negara berbeda, maka ada beberapa negara yang tidak mengirimkan delegasinya, seperti Rumania, Kamboja dan Italia.  Sampai saat ini MUN telah menghasilkan 393.241 pendaftar, 7 even, 6536 alumni dan lebih dari 180 negara peserta. 

Andre sendiri memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan pronunciation layaknya penutur asli (native). Kemampuan berkomunikasi yang terasah sejak dini plus sering bertemu native speaker membuat ia semakin percaya diri akan kemampuannya. Even MUN yang diikuti Andre memiliki tahapan seleksi yang sangat ketat, mulai dari seleksi administrasi, mengisi biodata, menulis esai, interview dan tes kelayakan, termasuk motivasi mengikuti kegiatan. Semuanya harus dikemas dalam Bahasa Inggris yang baik.

Kepiawaian Andre berkomunikasi dalam Bahasa Inggris diperoleh di asrama MANPK. MANPK merupakan pondok pesantren modern unggulan milik pemerintah. Program spesialis kitab kuning dan pelajaran ilmu-ilmu agama. Namun, bahasa sehari-hari yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Tak mengherankan Andre lancar menggunakan kedua Bahasa Asing tersebut. Ditambah ia berasal dari daerah Sekotong yang merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Nusa Tenggara Barat. 

Kegiatan MUN tahun ini dibagi dua dengan WHO dan UNICEF. Andre tergabung dengan grup UNICEF. Sebelum kegiatan dimulai, biasanya MUN dibagi ke dalam council-council. Setiap council beranggotakan puluhan peserta dari berbagai negara. Andre sendiri terpilih mewakili council Brunei Darussalam, yang membahas masalah “The After Effect of Covid-19: Children and Poverty”. Ajang serupa juga pernah diraih oleh salah satu siswi MAN 2 Mataram lainnya, yaitu Selvi Mandasari pada tahun 2020 lalu. Waktu itu, Selvi mewakili council Negara Polandia, dengan fokus kajian Addressing the Emergence of Crypto Currency.

Kegiatan simulasi sidang PBB ini bukan hanya mengandalkan kemampuan bahasa Inggris, tetapi juga kemampuan bernegosiasi dan berdiplomasi layaknya anggota PBB yang sebenarnya. Kemampuan lainnya yang dituntut adalah peserta harus mampu menjadi public speaker handal, ilmu leadership yang memadai, mampu berpikir kritis (critical thinking), piawai membangun networking dengan teman lintas benua serta mencari dan menemukan solusi dalam waktu yang sangat singkat. 

Andre bercerita jika kegiatan diisi dengan debat plus riset terkait topik yang diangkat. Waktu penyampaian pun sangat singkat. Hanya satu menit. Peserta harus pandai mengatur waktu sehingga semua ide dapat tersampaikan secara cepat dan tepat. Kegiatan benar-benar full, hampir tidak ada jeda.

Di sinilah dituntut kemampuan peserta untuk dapat memenej diri sendiri. Peraturan dari panitia juga sangat ketat. Hampir setiap hari semua peserta dan panitia melakukan tes antigen, untuk memastikan kegiatan benar-benar aman dari Covid-19. Meski padat, Andre mengaku sangat antusias mengikuti even ini. Perasaan senang, menegangkan sekaligus menantang menyatu, ungkapnya. 

Remaja tampan ini bersyukur bisa menjadi bagian dari kegiatan internasional ini. Banyak sekali manfaat yang ia peroleh. Terutama memiliki teman baru dari berbagai negara. Mereka merupakan inspiring youth (generasi muda yang menginspirasi), teman bertukar ide serta berbagi perspektif tentang topik-topik global yang tengah hangat. Andre pun berterima kasih kepada semua keluarga dan guru-gurunya yang telah mendukung dan mendo'akannya sehingga ia sampai pada tahap ini.

Warga madrasah berbahagia dengan berita ini. Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki mengaku terharu dengan capaian salah satu anak didiknya. Kamad mengucapkan syukur tak terhingga dan ucapan selamat kepada ananda Muhammad Andrianuddin yang sudah membawa harum bangsa, agama, lembaga dan tentu keluarga di level internasional. Mudah-mudahan Andre dan anak-anak lainnya di MAN 2 Mataram semakin sukses di masa depan dan mampu membawa MAN 2 Mataram mencapai cita-citanya sebagai madrasah yang mandiri, menginspirasi dan mendunia, harapnya. 

Congratulation Andre, we are proud of you!


Penulis: Siti Rahmi (Humas MAN 2 Mataram)


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com

share:

Tinggalkan Komentar Anda